Trending News di Facebook Kini Lebih Lengkap, Efisien, dan Mudah di Akses

Facebook meluncurkan fiture “Trending News” pada mobile, dan kali ini memiliki link terpisah pada navigasi utama aplikasi. Pada musim semi kemarin, Facebook mengumumkan akan merombak ulang fiture Trending Topic miliknya yang merupakan sebuah bagian penting dalam jejaring social karena mampu mengakses semua berita yang tersebar di jejaring social. Menurut pengakuan dari Facebook, hasil design ulang tersebut kini sudah resmi diluncurkan bagi pengguna perangkat iOS dan Android di Amerika Serikat, sementara itu navigasi link yang ditambahkan untuk Trending News akan tersedia pada iPhone dalam beberapa minggu dan sedang diuji coba pada Android.

Fokus utama design ulang pada bagian Trending Topics adalah untuk mempermudah dalam melihat dan mengakses semua sumber yang membahas berita terkait, serta apa yang teman dan public figure katakan mengenai topic tersebut. Terhubungnya publikasi ke bagian ini ditentukan oleh keterkaitan antara article dengan publisher di Facebook, juga article lain yang terhubung.

Trending Lama di Bagian Kiri & Trending Baru di Bagian Kanan

Jika kamu mengakses link Trending News yang baru, kamu akan melihat bagian trending yang berbeda dari sebelumnya. Yang sebelumnya hanya terdapat topik berita dan gambar tanda panah di samping, kini terdapat headline, foto, nama dari outlet media yang melaporkan, dan berapa banyak jumlah sumber yang tersedia terkait topik, serta mengurutkan berita berdasarkan ranking. Pengumuman dari Facebook pada bulan Mei tidak menjelaskan secara spesifik bagaimana tampilan bagian Trending News yang baru ini.

Facebook mencoba menambahkan 3 Trending News teratas pada News Feeds pengguna. Hasilnya terlihat daftar 3 berita teratas lengkap dengan foto dan headlinenya. Integrasi bagian “mini” Trending News ke News Feed tidak tersedia di pasaran, hanya berupa test kecil..ok.

Tentu semua perubahan yang dilakukan pada Trending dilakukan dengan penuh ketelitian. Pasalnya, tahun kemarin Facebook mendapat banyak sekali kritikan karena kegagalannya dalam mengawasi berita dan membiarkan berita-berita hoax tersebar. Namun kini machine learning Facebook telah diperbaharui dan masalah tersebut berhasil diatasi.

Selain Trending News, pilihan pesan makanan, balai kota, cuaca, dan lainnya akan ikut ditambahkan. Walau banyak hal yang baru, menarik dan menyenangkan di socmed, jangan sampai terbuai dan melupakan dunia nyata ya. Jadilah pengguna social media yang bijak dan efisien demi kualitas hidup dan masa depan yang lebih baik.

By | 2018-01-08T03:21:26+00:00 August 21st, 2017|Articles|