Dampak besar pandemi COVID-19 terhadap bisnis sangat terasa. Bahkan, pandemi global ini menyebabkan banyak bisnis raksasa internasional yang sudah dibangun selama puluhan tahun lenyap seketika dalam hitungan minggu. Augmented Reality company dapat menjadi solusi untuk selamat dari merugi akibat pandemi. Melalui inovasi teknologi yang dirancang dan disajikan khusus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, akan mengoptimalkan proses kerja hingga menjangkau pasar lebih luas lagi, dimana kini semakin sulit di jangkau melalui pemasaran konvensional sebab segala pembatasan aktifitas dan jarak.

Berikut, 8 solusi penerapan teknologi atasi pandemi COVID-19. Dari MonsterAR, untuk seluruh bisnis di Indonesia.

1. E-Commerce / Marketplace

ecommerce augmented reality

Dibutuhkan 2 langkah bagi platform belanja online/marketplace untuk sukses. Dimulai dari mendatangkan pembeli, hingga kemudian membuat pembeli datang kembali. Namun kini semakin banyak platform belanja online bermunculan, sehingga akan semakin sulit untuk bersaing.

Solusi paling efektif yang bisa Anda ambil adalah dengan memberikan inovasi menarik untuk pertahankan pengunjung, serta bisa bermanfaat bagi pelanggan maupun pelapak.

Teknologi Augmented Reality mampu memberikan visualisasi produk secara nyata, memungkinkan mencoba secara virtual sebelum membeli. Contohnya adalah ketika Anda berbelanja aksesoris atau furnitur, melalui visualisasi AR Anda dapat mengenakan aksesoris cincin di jari atau menempatkan furnitur di dalam ruangan walau berbelanja secara online, yang berarti meningkatkan pengalaman belanja lebih nyata dan mendalam.

Juga mini game dengan sistem loyalty point dapat menjadikan pelanggan betah berlama-lama di dalam plaform belanja online Anda dan terus kembali untuk menambah poin. Berarti, Anda bisa bersaing lebih kuat dengan platform belanja online lainnya.

Untuk pelapak, kami juga akan menambahkan fitur live virtual selling untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan.

2. Bisnis Property

teknologi pemasaran property

Solusi teknologi Augmented Reality company untuk industri property Anda, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini yang menjadi hambatan dalam penjualan unit property.

Penerapan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) akan sangat membantu Anda dalam menjual property, karena calon pembeli bisa melihat dan merasakan pengalaman tinggal di dalam rumah secara nyata, bahkan sebelum rumah di bangun. Dari manapun, dan kapanpun. Serta, dapat kustomisasi interior rumah sesuai keinginan.

Untuk jaminan keamanan pembeli unit property, kami juga menyediakan Smart Security System. Dengan model yang futuristik, dan sistem keamanan yang dilengkapi beberapa integrated sensor, yang tentunya tidak dimiliki oleh sistem keamanan tradisional lainnya.

Baca juga: Teknologi AR dan VR efektif untuk Strategi Pemasaran Saat Covid

Kami juga memperhatikan dalam hal kenyamanan pengguna, melalui sensor & mobile smart home yang akan memanjakan pembeli unit property Anda. Mereka dapat mengontrol perabotan melalui sensor gerak, suara, atau aplikasi mobile. Inovasi ini menjadikan interaksi antara penghuni dengan rumah impiannya semakin mudah dan praktis.

3. Logistik / Jasa Kurir

teknologi digital logistik

Di masa pandemi saat ini, bisnis logistik atau jasa kurir semakin laris manis karena lebih banyak orang memilih berbelanja secara online. Ini merupakan peluang bisnis yang luar biasa. Di sisi lain, jasa logistik di tuntut untuk bisa bekerja lebih cepat dan efisien dalam melayani pelanggan, dengan team seminimal mungkin.

Augmented Reality (AR) akan mempermudah dan mempercepat proses kerja. Cukup arahkan kamera smartphone ke paket-paket di gudang logistik, kemudian akan menampilkan informasi lengkap di layar smartphone mulai dari jenis paket hingga jadwal pengiriman. Tanpa perlu memeriksa paket satu demi satu.

Untuk proses pengiriman paket, AR juga dapat mempermudah kurir/driver untuk temukan lokasi dan rute tercepat.

Ditambah penggunaan face recognition yang akan mempermudah karyawan dalam melakukan absensi dari manapun, terintegrasi dengan GPS sehingga bisa lacak lokasi drive/kurir yang sedang beroperasi.

Semua terdapat dalam satu aplikasi, yang menjadikannya ringkas dan mudah digunakan.

4. Online Transport

augmented reality online transport company

Kesulitan menemukan rute tercepat, terlalu banyak pertimbangan ketika memesan, hingga rasa bosan ketika dalam perjalanan. Itulah beberapa kendala yang terjadi di dunia transportasi online.

Bisa menemukan dan bekerja sama dengan Augmented Reality company yang tepat akan menjadi solusi untuk semua permasalahan di atas.

Teknologi Augmented Reality (AR) dapat menampilkan visualisasi nyata dalam bernavigasi dengan GPS, sehingga akan sangat membantu dalam menemukan lokasi dan rute tercepat ke tujuan. Juga dapat memunculkan makanan atau minuman yang akan di pesan secara virtual lengkap dengan informasinya, sehingga pembeli tidak bingung lagi ketika memesan.

Kami juga dapat sajikan mini game dengan scoring system untuk menemani penumpang, yang hanya dapat dimainkan ketika dalam perjalanan menggunakan layanan transportasi online milik Anda. Sehingga mereka akan order lagi untuk kembali bermain dan menambah poin.

5. Perbankan

teknologi keamanan banking

Industri perbankan tidak perlu repot lagi dengan permasalahan keamanan ATM, keamanan user mobile banking hingga proses rekrutmen yang biasa di hadapi.

Ini solusinya!

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

Sistem keamanan ATM dengan teknologi IoT merupakan solusi terbaik, dapat mendeteksi pergerakan manusia, guncangan, suhu panas (jika mesin di las), kehilangan daya, sinyal hingga sensor yang rusak, sehingga tidak ada celah lagi untuk tindakan pembobolan dan pencurian.

Kami juga menyediakan layanan One Time Password (OTP) yang pastinya akan menjamin keamanan nasabah pengguna layanan mobile banking dari pencurian dan penyalah gunaan akun.

Untuk proses rekrutmen, penggunaan media gamifikasi dapat menjadi terobosan sempurna untuk mendapatkan bakat terbaik. Dapat menguji kerja sama team, penyelesaian masalah hingga kemampuan teknis. Score hasil tes akan langsung di kirimkan ke team HR, yang menjadikannya mudah dan efisien dalam memilih kandidat.

6. Industri Video Game

jasa platform game

MonsterAR memberikan layanan lengkap dan terbaik untuk memenuhi kebutuhan platform game, mulai dari man power atau kebutuhan team, produksi, hingga konten secara keseluruhan.

Kami memiliki tim yang kompeten, profesional dan berpengalaman dalam pembuatan video game mulai dari programmer, animasi karakter, hingga 3D modelling.

Tidak hanya sekedar video game. Kami juga memiliki kapabilitas dalam pembuatan game dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi game yang Anda sajikan.

Di samping kebutuhan produksi game itu sendiri, kami juga memiliki team Production House yang akan menyajikan trailer game terbaik, sehingga dapat menarik minat audiens untuk melirik game Anda, mempelajari lebih jauh, dan membeli.

7. Platform Streaming

platform streaming digital

Branding yang powerful adalah mengenai bagaimana mendekatkan identitas merek Anda di mata audiens, sehingga akan melekat di hati dan mempengaruhi mereka sesuai yang Anda inginkan.

Menciptakan tokoh/maskot brand Anda dan menjadikannya hidup adalah cara efektif, karena brand Anda bisa berkomunikasi lebih personal dan mendalam dengan Audiens.

Bahkan, di Jepang sudah sejak lama menggunakan seri Anime dan bentuk tayangan lain untuk branding, sehingga brand/produk mereka mampu menjangkau dunia dan menjadi viral.

Kami juga memiliki team Production House yang akan menghidupkan brand Anda dengan kisah yang memikat, serta team creative agency yang akan menjadikannya semakin populer di social media dan jejaring media digital lainnya.

Dengan teknologi VR, kami juga akan mengemas virtual event Indonesia yang dirancang khusus untuk brand Anda, dan membawanya ke rumah audiens Anda.

8. Event Organizer

Walau terjadi pandemi COVID-19, penyelenggaraan event masih dibutuhkan oleh para performers, tenant hingga penikmat event itu sendiri. Ini menjadikan peluang dalam bisnis Event Organizer masih terbuka lebar.

Lalu, bagaimana cara meraih peluang tersebut di tengah segala pembatasan sosial saat ini?
Go digital adalah satu-satunya solusi saat ini bagi Event Organizer untuk bertahan.

Dengan mengemas event ke dalam aplikasi Augmented Reality (AR), pengunjung bisa tetap menikmati event lebih personal dan mendalam. Begitu pun dengan para performers dan tenant akan tetap mendapat panggung dan tempat yang mereka butuhkan.

Kesimpulan

8 contoh kasus di atas membuktikan bahwa teknologi khususnya Augmented Reality dan Virtual Reality dapat menjadi solusi bagi bisnis apapun tanpa terkecuali, bahkan pandemi global seperti COVID-19 sekalipun bisa teratasi. Nah, kini waktunya bertindak dan pilihlah jasa pembuatan augmented reality terbaik bagi bisnis Anda.

Augmented Reality Company berikan solusi bisnis terbaik di masa pandemi

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?