Pengalaman Virtual dan Hologram Kini menjadi Nyata dengan Microsoft HoloLens

Microsoft HoloLens merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan antara Virtual Reality dengan Augmented Reality sehingga menghasilkan Mixed Reality, dengan teknologi Mixed Reality ini pengguna dapat merasakan interaksi dengan dunia maya yang terintegrasi ke dalam dunia nyata, dengan kata lain pengguna dapat melihat objek dan mendengarkan suara secara real time di lingkungan sekitar, dengan begitu pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan objek virtual dari HoloLens. Microsoft HoloLens memiliki computer tersendiri termasuk CPU, GPU, dan prosesor holografik, juga terintegrasi dengan sensor gerak dan lingkungan. Alex Kipman (orang yang bertanggung jawab dalam proyek Windows Holographic di Microsoft) mengatakan bahwa Windows Holographic bukan mengenai “membawa kita ke dalam dunia virtual” karena tidak semua orang menginginkan hal tersebut, melainkan “memberikan pengalaman yang lebih dalam dan..hologram!”.

Baca juga : Mixed Reality – The Next Generation of AR and VR

Belajar dari kegagalan sebelumnya di Google Glass (walaupun Astro Teller yang merupakan Director Moonshots Google mengaku bahwa Google Glass tidaklah gagal, melainkan project tersebut hanyalah prototype dan sebagai sarana untuk mengumpulkan data dari para beta tester, entahlah), terlihat sekali bahwa kali ini Mocrosoft benar-benar sangat serius dalam project HoloLens, dilihat dari kemewahan fitur-fitur yang disajikan. Microsoft HoloLens tidak hanya dapat mengenali perintah gerak saja, melainkan gesture, suara, dan bahkan bisa deteksi tatapan pengguna karena dilengkapi dengan lensa high definition see through holographic yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan membentuk hologram dengan gerakan.

Microsoft HoloLens Studio

Salah satu fiture yang menarik dari HoloLens adalah HoloStudio, dengan HoloStudio pengguna dapat menciptakan sendiri object 3D sesuai dengan yang di inginkan, object 3D tersebut nantinya bisa di taruh di sekitar untuk menghiasi ruangan atau di kustomisasi lagi sesuai keinginan. Pernah berhayal bagaimana apabila kustomisasi ruangan di dunia virtual seperti dalam video game The Sims bisa terintegrasi ke ruangan di rumahmu? Kini HoloLens mewujudkan hayalan tersebut menjadi nyata, terima kasih Microsoft. Tidak cukup sampai di situ, object 3D yang telah dibuat bisa di cetak dengan teknik 3D printing, jadi apabila anda tidak cukup puas dengan objek virtual dan ingin menjadikannya nyata seutuhnya, HoloLens siap untuk mewujudkannya.

Selain itu apabila kita ingin membuat satu set object 3D yang besar dan dirasa akan kesulitan apabila mengerjakannya sendirian, kita bisa membuatnya bersama teman-teman.

HoloLens Video Games

Bagi para gamer yang merasa bahwa bermain video game merupakan jalan hidup sepertinya patut bersuka cita karena dengan HoloLens kita bisa merasakan pengalaman dan sensasi bermain game yang lebih nyata dan dalam, terbukti bahwa yang pernah dikatakan Alex Kipman tidaklah bohong, benar-benar pengalaman yang lebih dalam..dan hologram. Apabila game VR yang pernah kita ketahui selama ini membutuhkan Head Mounted Display (HMD) untuk menampilkan video game dan alat tambahan yang dipegang/dipasang di tangan sebagai controller, serta AR game yang mampu membawa dunia game ke lingkungan nyata namun tidak bisa mempengaruhi lingkungan nyata dan bahkan masih memerlukan button atau alat bantu intuk berinteraksi dengan game, dalam game di HoloLens semua batasan dan alat bantu tersebut tidak diperlukan lagi. Dengan HoloLens senjata hologram bisa muncul di tangan tanpa perlu tambahan alat apapun, dan dengan HoloLens musuh bisa muncul dari balik dinding berikut dengan efek retakan di dinding yang tentunya berada di lingkungan nyata.

By |2018-12-11T10:23:50+00:00August 9th, 2017|Articles|
%d bloggers like this: