Wow! Teknologi Microchip TNT ini Dapat Menumbuhkan Sel Otak yang Cedera

Biasanya, ketika ada sesuatu tumbuh di kulit kita itu merupakan suatu hal yang buruk, mengerikan, dan bahkan dalam beberapa kasus menjijikkan…eits tunggu dulu, kali ini kita akan membahas sesuatu hal yang baik bukan penyakit dan sebagainya, jadi jangan khawatir. Seorang peneliti di Universitas Wexner Medical Center telah mengembangkan sebuah teknologi nanochip yang menggunakan aliran listrik kecil untuk mengirimkan DNA atau RNA baru ke dalam sel kulit yang hidup, memprogram ulang dan memberikan fungsi baru. Prosesnya sangatlah mudah dan singkat, kamu hanya tinggal menempelkan microchip TNT ke area yang terluka kemudian melepaskannya kembali, pada saat itu juga pemrograman sel-sel dimulai.

Dalam pelajaran yang dipublikasikan di jurnal Nature Nanotechnology, team Chandra Sen, Direktur untuk Pusat Obat Regenerasi dan Terapist Sel di Ohio State menggunakan teknologi yang disebut Tissue Nanotransfection (TNT) untuk menciptakan pembuluh darah baru pada babi dan tikus dengan bagian tubuh yang terluka parah dan kekurangan aliran darah. Mereka menyengat kulit hewan dengan perangkat tersebut, dalam waktu sekitar satu minggu pembuluh darah aktif muncul, yang pastinya menyelamatkan kaki hewan-hewan tersebut. Microchip TNT juga digunakan untuk menciptakan sel saraf dari kulit yang kemudian diambil dan disuntikan ke tikus dengan luka pada otak untuk membantunya pulih kembali. Sen berkata bahwa dengan uji coba yang dilakukannya ia membuktikan bahwa kulit merupakan tanah subur dimana kita bisa menumbuhkan element dari organ apapun yang mengalami kekurangan atau kelumpuhan.

Baca juga: Headset VR Ini Dapat Mendiagnosa Cedera Pada Otak

“Teknologi kami menjaga sel didalam tubuh supaya tetap dibawah pengawasan imun, jadi penekanan imun tidak diperlukan lagi” ucap Sen. Selanjutnya para peneliti akan melakukan uji coba pada tubuh manusia, targetnya adalah untuk bisa menggunakannya dalam merawat segala jenis kerusakan organ dan sel, termasuk penyakit seperti Parkinson dan Alzheimers.

Diluar nano teknologi, masih banyak juga teknologi-teknologi lainnya yang dapat bermanfaat dalam bidang kesehatan, contohnya saja HoloLens yang kini sudah digunakan oleh rumah sakit di UK untuk membantu dalam pembedahan pasien.

By |2018-10-26T13:24:25+00:00August 16th, 2017|Articles|
%d bloggers like this: