Dell dan Apple Merajai Penjualan Notebook di Kuartal Kedua

Apple memperoleh angka penjualan tertinggi pada kuartal kedua di tahun 2017, itu berkat keberhasilannya dalam memperbaiki kekurangan pada MacBook 12-inci miliknya. Pada bulan April hingga Juni saja angka penjualannya mencapai sekitar 3,98 juta unit, meningkat 17.1 persen dibanding dengan kuartal sebelumnya. Apple kini menduduki peringkat kelima dalam penjualan notebook secara global, satu peringkat dibawah Asus. Pada kuartal pertama di tahun 2017 Asus tercatat mencapai angka penjualan 9,7 persen, sementara Apple sendiri hanya mampu mencapai 9 persen saja, tetapi hasil terakhir menjadikan kedua perusahaan ini hampir setara dengan angka 10 persen penjualan.

Menurut analisa dari TrendForce, Apple diperkirakan akan memperoleh peningkatan angka penjualan yang pesat pada kuartal berikutnya yaitu kuartal ketiga. Dengan memfokuskan pada MacBook Pro, kemungkinan besar perusahaan ini akan kembali memperoleh peningkatan yang pesat dalam angka penjualan dengan persentasi dua kali lipat, dan melampaui angka penjualan Asus. Di WWCD, Apple mengumumkan akan merombak ulang laptop MacBook Pro miliknya, serta menurunkan harga penjualannya sebesar 200 USD (sekitar Rp. 2.672.000, -), mari kita lihat di kuartal penjualan berikutnya akan seperti apa hasilnya, mudah-mudahan penurunan spesifikasinya tidak terlalu berbeda jauh ya.

Berdasarkan laporan dari MacRumors, Dell berhasil melampaui Apple dan Asus serta mengambil alih posisi ketiga dalam angka penjualan secara global, tercatat memperoleh peningktan angka tertinggi apabila dibandingkan dengan 6 produk notebook teratas lainnya dengan kenaikan sebesar 21,3 persen. Penjualan notebook secata global meningkat 5.7 persen dibandingkan dengan kuartal pertama dengan jumlah angka penjualan sebanyak 39,96 juta unit, alasan melesatnya posisi Dell tidak lain karena produk-produk barunya yang menarik dan angka penjualan yang kuat di Amerika Serikat.

Baca juga: MLDare2Play: Flying Simulator Jet VR di Event GIIAS 2018 ICE BSD

Tentu berita baik di atas tidaklah berlaku bagi semua produk, Acer berperan besar dalam pasar Chromebook di tahun 2017, tetapi angka penjualan di kuartal kedua kali ini tidak sebanding dengan usaha yang sudah dikerahkan dan jauh diluar harapan, dari persentase penjualan sebanyak 8.8 persen kini turun menjadi 8 persen dibandingkan dengan produk-produk pesaingnya, dan mengalami penurunan sebanyak 3,5 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

By |2018-08-19T13:33:16+00:00August 17th, 2017|Articles|
%d bloggers like this: