Si Mungil Liva Q, AIO Mini PC Terbaru Dari ECS

ECS kembali menambah daya gedor lini AIO Mini PC unggulannya dengan menghadirkan salah satu model terbaiknya yang bernama Liva Q, ini tentu untuk menargetkan kebutuhan multimedia streaming dan digital signage yang semakin tinggi beberapa waktu belakangan ini. Produk terbarunya ini diklaim menjadi pesaing yang kuat bagi keberadaan produk sejenis di pasaran saat ini, seperti Intel NUC, Gigabyte BRIX, dan Zotac ZBox.

Andalkan ukuran mungilnya yang hanya berukuran 7x7x3cm, ECS Liva Q hadirkan pilihan performanya yang berdasarkan 7th-gen Intel Atom (Apollo Lake) yaitu prosesor quad-core Pentium N4200 atau dual-core Celeron N3350. Untuk memberi keleluasan performa sistem, Liva Q menghadirkan pilihan memori RAM 2GB atau 4GB (yang kemungkinan tidak dapat diperbesar lagi karena alasan ukuran Liva Q tersebut). Selain menyertakan penyimpanan internal 32GB atau 64GB, pengguna juga bisa memanfaatkan slot kartu microSD yang mendukung kartu memori hingga  ukuran128GB sebagai penyimpanan tambahannya.

Bagian depan Liva Q dilengkapi dengan masing-masing sebuah port USB 3.1 Gen 1 Type-A dan USB 2.0 Type-A, sedangkan pada bagian belakangnya telah ada colokan LAN gigabit (melalui jack RJ45) dan juga dukungan konektifitas wireless handalnya berupa AC-Wi-Fi built-in dan Bluetooth 4.1.

Sebagai HTPC, aspek Liva Q yang paling penting adalah keberadaan dukungan konektivitas multimedia yang disuguhkan. Karena sebuah HDMI 2.0 telah tersedia, maka kapasitas HDCP 2.2 tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Meskipun SoC Apollo Lake tidak memiliki kendala dalam memecahkan kode konten 4K h.264/5, namun dalam kenyataannya tidak satupun dari prosesor quad-core Pentium N4200 ataupun dual-core Celeron N3350 yang secara inheren mendukung HDMI 2.0. Seperti halnya para pesaing ECS yang menggunakan SoC ini yang menghindari pembatasan ini dengan cara menggunakan konverter DisplayPort ke HDMI internal, ECS Liva Q pun kabarnya juga telah mengantisipasinya dengan cara mengaktifkan dan mematikannya melalui port HDMI yang mendukung HDMI-CEC.

By | 2018-01-03T07:16:17+00:00 November 16th, 2017|Articles|
%d bloggers like this: