Firefox Quantum Kini Telah Hadir Untuk Membuat Penjelajahan Webmu Semakin Cepat dan Nyaman

Apakah saat ini Anda telah berhenti menggunakan Firefox karena merasa kecepatan browsingnya terlalu lambat?

Jujur, browser di Mozilla kalah cepat apabila dibandingkan dengan Chrome yang merupakan pesaingnya, namun kini sepertinya semua itu akan berubah. Pasalnya, Firefox pada akhirnya bertekad untuk memenangkan kembali kepercayaan Anda dengan merilis Firefox Quantum (alias Firefox 57) – yang menjanjikan akan jauh lebih cepat dari yang sebelumnya. Perusahaan ini mengklaim bahwa browser terbarunya ini memiliki kecepatan hingga lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan versi sebelumnya yang rilis 6 bulan yang lalu berkat mesin CSS multi-core baru yang dimilikinya, dengan tab prioritization dan penghapusan bug-bug yang membebani software. Entah itu benar-benar lebih cepat atau tidak tergantung pada situs yang Anda kunjungi, tapi dilihat dari pengujian yang terakhir dilakukan, memang terlihat dengan jelas bahwa kecepatan Firefox Quantum ini benar-benar luar biasa.

Syukurlah, Quantum tidak hanya mengandalkan kecepatannya saja untuk menarik Anda kembali menggunakan Firefox. Terdapat sebuah interface baru yang lebih ramping (banyak visual tidak penting yang telah dilucuti) dan menjadikannya tetap terlihat tajam pada display dengan resolusi yang sangat tinggi, dan diharapkan bisa lebih baik dalam skala di masa depan. Dan untuk kali ini, Mozilla juga memiliki pocket. Saat membuka tab baru, Anda akan melihat rekomendasi cerita Pocket beserta dengan shortcut ke situs yang paling banyak dikunjungi.

Baca juga: Bersiaplah Untuk Menjelajahi Dunia Virtual Dengan WebVR

FIrefox Quantum kini sudah tersedia untuk pengguna Linux, Mac dan Windows. Pangsa penggunaan web browser relatif stabil untuk sementara ini, terutama untuk Firefox (sekitar 13,1 persen pada Oktober, menurut NetMarketshare) dan untuk Chrome (59,8 persen). Dengan kata lain, kebiasaan browser relatif tetap – membutuhkan perubahan persepsi dari pengguna secara fundamental untuk bisa berubah angka tersebut secara signifikan. Quantum adalah salah satu perbaikan terbesar untuk Firefox belakangan ini. Jika semua berjalan sesuai yang diharapkan, peningkatan kecepatan dan perubahan UI yang dimiliki Quantum seharusnya dapat menarik pengguna browser dan terus memperhatankannya.

By |2018-08-29T20:08:01+00:00November 20th, 2017|Articles|
%d bloggers like this: