Bicara tentang market atau pasar teknologi Augmented Reality di Indonesia, dewasa ini sangat menjanjikan sekali. Hal tersebut berdasarkan bukti jika banyak aneka industri berlomba-lomba mempromosikan produk mereka menggunakan media digital dengan menggunakan teknologi terkini melalui perantara digital agency dan perusahaan advertising. Salah satu teknologi yang mereka pilih untuk melakukan marketing tersebut adalah Augmented Reality atau AR.

Munculnya AR di Indonesia dipelopori oleh boomingnya kepopuleran gim bertema AR yang bernama Pokemon Go. Gim itu sendiri mengajak penggunanya untuk menangkap monster-monster lucu yang tersebar di seluruh penjuru kota dimanapun pengguna tinggal. Tentu hal tersebut menarik perhatian dan juga minat para gamer mania.

Gim yang dikeluarkan oleh Niantic tersebut memang berbeda dengan gim kebanyakan yang dikeluarkan oleh kompetitor dengan tema sejenis. Apabila sedang bermain gim, maka seseorang akan diajak untuk duduk, berbaring atau dengan kata lain bermalas-malasan di tempatnya. Nah, Pokemon Go malah asyik mengajak penggunanya untuk berjalan-jalan ke titik-titik tertentu supaya dapat menemukan monster-monster Pokemon yang lucu.

illustrasi (iStock)

Baca juga : Manfaat Augmented Reality, Tingkatkan Omzet Bisnis dan Produktifitas Kerja

Permainan ini menggunakan teknologi GPS untuk melacak pergerakan pemain yang menggunakan teknologi AR dalam menampilkan sosok Pokemon di layar smartphone, dengan menggunakan kamera. Gim Pokemon Go berhasil menjadi permainan populer berbasis teknologi AR yang dikenal di seluruh dunia. Teknologi ini mampu menggabungkan karakter digital dengan dunia nyata. Para gamer sangat merasakan sensasi di mana mereka dapat menyelusuri peta-peta digital berdasarkan peta asli untuk menangkap Pikachu.

Tentu saja dengan perkembangan teknologi AR saat ini telah dapat memberikan kontribusi dalam berbagai bidang, seperti periklanan dan marketing, arsitektur dan kontruksi, hiburan, medis, militer, dan perjalanan wisata. Termasuk dalam bidang pendidikan, AR juga dikembangkan dalam berbagai aplikasi seperti AR Books, AR Gaming, Discovery-based Learning, Objects Modelling dan Skills Training. Cakupan layanan AR sangat luas untuk dikembangkan dalam berbagai bidang, yang mana hal tersebut membuka pasar yang sangat luas untuk dapat diterapkan.

Potensi bisnis untuk bidang augmented reality di Indonesia sangat besar dan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis, terutama untuk keperluan marketing dan branding produk. Dengan memiliki keunikan tersendiri, AR memang menjadi sebuah fenomena tersendiri bagi sebagian orang. Munculnya karakter-karakter yang dimunculkan di dalam teknologi tersebut menjadi magnet tersendiri, yang akan membuat siapapun yang berinteraksi di dalamnya akan menikmati. Dikutip dari info komputer, Augmented Reality akan menjadi sebuah tren di masa depannya. Kita nantikan ya!


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami