Kemajuan teknologi merugikan manusia? Apa benar demikian?! Pernahkah kalian mengalami tiba-tiba rekening bank kalian tiba-tiba terkuras habis atau akun sosial media kalian diretas? Jika ia, maka kalian sedang mengalami kejahatan cyber. Kejahatan cyber memang sangat merugikan dan membuat kita khawatir akan keamanan di dalam berselancar di dunia internet. Kejahatan tersebut disebut sebagai peristiwa “Hijacking”.

Hijacking sendiri mempunyai pengertian pembajakan atau Piracy di dalam bahasa Inggris. Istilah Hijacking ini sendiri dipergunakan untuk menyatakan suatu pembajakan. Jika di dalam dunia IT sendiri, istilah Hijacking tersebut dikenal sebagai suatu aktivitas pembajakan atau penyusupan ke sebuah sistim. Sistim itu dapat berupa server, situs web, software, jaringan/networking (LAN/WAN), dan kombinasi dari rangkaian sistim yang ada tersebut.

Dewasa ini memang memungkinkan bagi banyak orang melakukan tindakan kejahatan dengan cara memanfaatkan teknologi canggih. Ironi memang, ketika manusia berlomba-lomba dalam mewujudkan pencapaian teknologi, di sisi yang lain, segelintir manusia tidak bertanggung jawab memanfaatkan teknologi untuk melakukan kejahatan demi kepentingan dirinya sendiri.

illustrasi (Getty Images)

Memang, kemajuan teknologi kian hari kian mendekati impian hidup manusia. Bahkan dengan menjentikkan jari saja, dewasa ini kita dapat melakukan sesuatu seperti yang diinginkan. Makin ke sini, dengan kemajuan teknologi, hidup dan pekerjaan menjadi jauh lebih mudah. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dengan singkat. Selain itu, penyebaran informasi, komunikasi dan lain-lain makin cepat tersampaikan.

Teknologi adalah salah satu pencapaian hidup manusia dalam membantu kebutuhan hidup manusia. Tidak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi mampu mendominasi berbagai aktivitas yang terjadi baik dari sisi pekerjaan umum dan aktivitas lainnya. Tentu manusia dituntut untuk selalu mengadopsi perkembangan teknologi dengan cara mengikuti dan juga menyaringnya secara tepat.

Pekerjaan yang mana dulunya menggunakan alat tulis seperti buku, alat tulis, mesin ketik, lambat laun telah berubah menjadi peralatan teknologi canggih dan tentu juga hasilnya lebih cepat dan efisien. Meskipun demikian, tak semua perkembangan teknologi membawa dampak positif bagi manusia, dampak negatif bagi manusia juga dirasakan seiring teknologi yang makin mudah dijangkau.

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi Digital

Kemudahan dalam menjangkau teknologi pasti dirasakan untuk memudahkan suatu pekerjaan, penyampaian informasi yang dapat membuat segala sesuatu menjadi perkembangan teknologi memiliki dampak positif dalam hal komunikasi lebih mudah dan cepat, memudahkan dalam melakukan pekerjaan, pencarian informasi lebih mudah dan cepat didapatkan, serta dapat memudahkan pekerjaan kita.

Kemajuan Teknologi
illustrasi (Getty Images)

Selain dampak positif teknologi yang dirasakan secara langsung oleh kita, terdapat  dampak negatif seperti kejahatan cyber seperti yang dipaparkan di atas. Tak hanya itu, informasi yang tidak mendidik, pornografi, dan hoax juga menjadi beberapa dampak negatif yang dirasakan langsung oleh kita.

Teknologi apabila dipergunakan sebagaimana mestinya dan dalam kaidah positif, tentu saja akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Sudah sewajarnya jika kita dapat memilah-milah mana pemanfaatan teknologi yang bermanfaat positif ataukah malah berdampak negatif bagi kita.

Dalam kaitannya dengan ekonomi masyarakat Indonesia, teknologi dapat berdampak positif seperti pemanfaatannya untuk mengembangkan UMKM melaui pasar online. Seperti pengembangan beberapa marketplace yakni Tokopedia, Bukalapak, OLX, Shopee, Lazada, BliBli, Elevania, dan marketplace lainnya. Selain itu juga melalui teknologi, banyak pengembangan teknologi yang dapat memberdayakan bakat dan keahlian manusia  menjadi sesuatu yang menghasilkan dan produktif. Bakat tersebut seperti membuat tulisan dalam blog dan juga pemanfaatan tenaga freelance untuk segala bidang industri.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?