Teknologi Kiosk adalah mesin yang diciptakan untuk memudahkan transaksi jual-beli antara pembeli atau konsumen dengan mesin itu. Adapun produk atau barang yang dijual di dalam mesin kiosk adalah berupa produk elektronik. Produk-produk yang bertebaran di Indomart, bandara, stasiun kereta dan di fasilitas umum adalah beberapa contoh kiosk. Produk-produk itu biasanya terkait dengan penjualan pulsa, paket data, tiket kereta api serta pembelian produk elektronik serta digital.

Tak perlu diragukan lagi jika mesin kiosk diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia dalam bertransaksi. Selain itu, pengguna tidak perlu bertanya kepada kasir tentang harga dan cara pembeliannya, karena di dalam mesin kiosk sendiri terdapat panduan lengkap cara penggunaannya.

Kemajuan teknologi mendukung segala kebutuhan dan permintaan setiap individu melalui penyajian informasi yang tepat. Salah satu fasilitas penting untuk ditempatkan di tempat umum, seperti gedung pemerintah, universitas, hotel, dan sebagainya adalah kiosk. Kiosk menjadi salah satu alat atau media untuk menyajikan informasi, selain sebagai alat untuk bertransaksi produk elektronik.

illustrasi (Getty Images)

Baca juga: Manfaat Teknologi Perkantoran Bagi Suatu Bisnis, Benarkah Sangat Besar?

Penyajian informasi yang faktual dapat disajikan melalui teknologi kiosk yang dapat diakses kapanpun dan juga secara otomatis menyajikan informasi yang sesuai dengan segmentasi pengaksesnya. Kiosk sendiri terdapat beraneka jenis diantaranya adalah 1. interactive kiosk, 2. telekiosk, 3. telephone kiosk, 4. financial service ekiosk, 5. photo ekiosk, 6. internet ekiosk, 7. ticket ekiosk, 8. Vending ekiosk, 9. Building Directory eKiosk dan Wayfinding kiosk. Masing-masing mempunyai kegunaan dan perbedaan tersendiri.

Salah satu tempat di mana terdapat fasilitas penyedia informasi yang berbentuk kiosk yakni bank. Di dalam area bank, tersedia KiosK yang dapat diakses untuk mengetahui informasi terkait produk – produk perbankan. Media yang sudah ada seperti banner, brosur dan papan informasi dirasa sudah kurang efektif dalam memberikan informasi kepada nasabah. Untuk itulah di era digital ini, industri perbankan sekarang telah menerapkan teknologi Kiosk untuk memudahkan nasabahnya dalam memperoleh informasi.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Metaverse & NFT, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?