Smart Vending Machine merupakan vending machine yang mempunyai fitur lebih ketimbang vending machine biasa. Bentuk fisiknya juga berbeda dari vending machine biasa. Karena vending machine ini memiliki 4 komponen dasar yang berupa interaktif display, sensor, pembayaran digital dan konektivitas. Smart vending machine juga mudah dikenali dari bentuk fisik luarnya yang memiliki LCD touchscreen yang besar sehingga menarik perhatian orang.

Jepang adalah salah satu kiblat untuk produksi vending machine. Di negara Matahari tersebut, produsen vending machine berlomba-lomba untuk membuat vending machine yang beraneka rupa dan berbeda, termasuk pengembangannya menjadi lebih canggih. Vending machine sendiri dapat dimanfaatkan untuk menjual berbagai kebutuhan manusia, mulai dari makanan cepat saji, buah – buahan, mainan hingga pakaian. Bahkan menariknya, dengan pemanfaatan vending machine tersebut, di Singapura terdapat perusahaan yang memanfaatkan vending machine untuk menggaji karyawan.

Indonesia di era industri 4.0 tengah menggenjot sektor industri yang berkaitan dengan kebutuhan rumah tangga dan juga segala hal yang berhubungan dengan ritel. MonsterAR, salah satu perusahaan teknologi untuk kebutuhan segala bidang industri, menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi smart vending machine yang berbasis Internet of Things (IOT) dengan fitur yang dapat di custom. Selain itu, smart vending machine ini juga mendukung sistem biometrik sensor seperti face recognition, fingerprint camera, QR Code untuk dukungan pembayaran digital atau digital payments sehingga dapat mendukung layanan untuk cashless society yang seringkali digunakan di daerah perkotaan.

illustrasi (iStock)

Baca juga: Jasa Branding Produk Powerful Melalui Penerapan Teknologi Digital

Tentu saja potensi smart vending machine untuk dukungan fasilitas di masa depan sangatlah besar. Apalagi di masa depan, masyarakat akan terbiasa menggunakan fasilitas teknologi serba canggih dan terkoneksi dengan jaringan internet. Tak hanya itu saja, masyarakat akan terbentuk menjadi sebuah golongan yang akan disebut sebagai generasi smart citizen. Karena dengan menggunakan teknologi, masyarakat akan merasakan pengalaman yang berbeda pada saat mereka berbelanja menggunakan smart vending machine yang praktis penggunaanya di semua lini industri dan kegunaan dan juga masyarakat akan dimudahkan dengan teknologi yang telah ada tersebut.

Kedepannya, perkembangan vending machine di Indonesia dapat membantu meringankan pekerjaan manusia, selain itu marketnya akan bertambah luas dengan perkembangan teknologi yang diterapkan perusahaan ini. Kemudahan teknologi dapat mengurangi penggunaan mata uang secara langsung dan dapat mencegah penyebaran penyakit melalui transaksi dengan menggunakan uang langsung. Kita nantikan saja yuk!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?