Benarkah Trend Marketplace Tinggal 10 Tahun Lagi?

trend marketplace

Trend marketplace akan merosot 10 tahun kedepan, menurut pakar IT Ludo Lustrous yang saat ini menjabat sebagai Executive Director di PT.Karl Wig Abadi. Menurut beliau kemerosotan trend marketplace di satu dekade kedepan dikarenkan inovasi search engine yang terus dikembangkan oleh perusahaan perusahaan raksasa seperti kutipan beliau.

“Satu dekade lagi akan berkembang sesuatu yang lebih besar dari sekadar marketplace, karena dampak inovasi mesin pencari yang semakin luas dan signifikan,” kata Praktisi IT dari Lamikro itu sebagaimana dikutip dari “okezone”.

Menurut beliau, mesin pencari cenderung akan menjadi “penguasa” di dunia maya karena mesin pencari itulah yang memiliki potensi untuk lebih banyak digunakan ketimbang marketplace ke depan.

Oleh karena itu, Ludo menyarankan bagi pebisnis start up sebaiknya mulai saat ini mengembangkan website sendiri tanpa harus mengandalkan marketplace.

Menurut beliau, kedepannya pelanggan akan lebih percaya terhadap website dan online shop sendiri “Kalau sebuah usaha sudah punya website sendiri akan lebih dipercaya pelanggan dan dianggap benar-benar serius mengembangkan platform online-nya”. kalau sudah dipercaya pelanggan, maka untuk berkembangnya akan lebih mudah.

Baca juga: 5 Contoh Sukses Dalam Pemanfaatan Marketing AR

Untuk menang dari persaingan di pasar marketplace, startup disarankan untuk menggunakan SEO ( search engine optimization), hastag di social media, link building dan google ads. Untuk membesarkan website, dibutuhkan tidak sedikit effort, tetapi sebanding dengan hasil atau goals yang ingin dicapai. semakin banyak search engine mengenal website kita, maka persentase website kita muncul di halaman pertama akan semakin besar.

Bagi semua wirausaha yang masih menggunakan cara konvensional, ada kalanya sudah memikirkan perkembangan teknologi yang ada dan memanfaatkannya untuk perkembangan perusahaan, seperti mempunyai website dan online shop sendiri.

By |2018-11-23T10:50:09+00:00February 14th, 2018|Articles|
%d bloggers like this: