Jika kita membayangkan Internet Of Thing’s (IOT), pasti kita memikirkan yang berhubungan dengan world wide web (www). Istilah – istilah tersebut sering muncul saat kita melakukan googling, browsing bahkan emailing. Aplikasi Google Chrome, Mozilla dan Opera merupakan segelintir dari aktivitas internet yang kita lakukan.

Perlu di ketahui bahwa aktivitas yang kita lakukan berhubungan dengan IOT. Jadi apa sih arti dari IOT itu sendiri? Sebenarnya IOT sudah ada di tahun 1980 an. kita tahu bahwa vending machine minuman di jaman itu sudah di hubungan dengan internet. pengembangan itu dilakukan untuk mengetahui kondisi minuman dingin yang tersedia di vending machine.

Mulai berkembangnya IOT itu sendiri di tahun 1990 an, di tahun ini istilah IOT sudah semakin familiar didengar, dengan adanya pengembangan di dunia otomotif seperti pengecekan ban mobil yang kurang angin dengan sistem yang sudah di integrasi di mobil dan implan jantung dengan sensor pindai merupakan pengembangan dari internet of things pada saat itu.

Baca juga: Bersiaplah Untuk Menjelajahi Dunia Virtual Dengan WebVR

di tahun 2000an IOT sudah dikembangkan sampai ke smartphone, seperti sistem keamanan rumah personal yang diintegrasi dengan perangkat hardware, sehingga penghuninya bisa aman saat berada di luar rumah. Dan yang sangat signifikan pengembangan iot adalah semua perangkat di rumah bisa berfungsi secara otomatis, seperti AC pengatur suhu dan temperatur ruangan dan vaccum cleaner.

dari semua perkembangan IOT, tanpa ketinggalan dan tidak memungkinkan bisa di terapkan ke augmented reality di indonesia. Dengan IOT, augmented reality bisa dikembangkan ke arah yang lebih canggih, seperti generator listrik bisa di tampilkan dengan 3D dan lengkap dengan pengukur suhu generator, listrik yang digunakan dan bahan bakar yang tersedia di dalamnya. Bahkan IOT dan AR bisa diintegrasikan ke bidang home appliance, seperti shutdown dan hidupkan lampu ruangan.

Sudah dipastikan, teknologi IOT akan semakin maju di masa depan, hanya tinggal seberapa cepat perkembangan tersebut, akankan pesat seperti augmented reality? Mari kita tunggu perkembangannya di masa depan.