Augmented Reality For Smart Farming

Seiring pertumbuhan populasi, jelas bahwa akan ada jutaan mulut yang lebih banyak untuk dimakan. Sementara itu, petani di seluruh dunia dibebani karena harus menghasilkan lebih banyak dengan jumlah air yang lebih sedikit, sambil beradaptasi dengan keanehan alam. Pertanian perlu melangkah maju untuk mencapainya dan berinvestasi dalam teknologi terdepan hanya bisa menjadi apa yang dibutuhkan – Augmented Reality bisa mengubah realitas petani.
Salah satu pilar utama transformasi adalah implementasi solusi teknologi yang menjanjikan hasil yang lebih tinggi. Augmented Reality jelas merupakan salah satu solusi dan semua petani yang menginginkan transformasi ini akan mencatatnya.

Studi kasus

  1. Sistem pengendalian hama: Dengan menggunakan AR, petani dapat melihat lebih dekat hama yang menumpuk tanaman mereka. Sekarang, tidak semua hama diciptakan sama – ada hama yang buruk yang perlu segera dibasmi dan ada hama baik yang benar-benar membantu petani. Plus, setiap jenis hama yang menyengat tanaman harus diperlakukan secara berbeda, setelah menyelidiki spesies mereka. AR dapat membantu menciptakan sistem pengelolaan pengendalian hama yang cerdas dimana petani dapat memaksimalkan hasil panennya.
  2. Pemeriksaan tanah: Dengan AR, lebih mudah bagi petani untuk memeriksa sifat-sifat tanah dan menentukan tanaman mana yang akan tumbuh dalam kondisi tertentu. Hal ini akan meminimalkan kerugian bagi petani dan membantu mereka memanfaatkan kualitas tanah yang mereka miliki.
  3. Akses terhadap informasi terkait cuaca: Tanaman yang berbeda tumbuh dengan kondisi cuaca yang berbeda. Tanpa akses terhadap informasi terkait cuaca, petani terkena liku-liku alam dengan hasil yang beragam dalam hasilnya. Dengan AR, informasi cuaca hanya dengan sekali klik, membantu petani memilih hasil panen di bawah kondisi cuaca yang nyata. Ini akan membantu mereka meminimalkan kerugian panen mereka dan memaksimalkan hasil panen.

Arah kedepannya dengan penerapan Augmented Reality untuk pertanian sangat besar harapannya dan mungkin untuk dijalankan.