Penggunaan Virtual Reality di masa kini telah menjadi sebuah teknologi yang dipergunakan di berbagai bidang industri. Tidak hanya itu saja, dalam bidang militerpun teknologi ini telah dipergunakan untuk penguatan di bidang strategi militer dan juga penguatan skill tentara. Sistem pelatihan VR sendiri dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan tentara dalam menghadapi situasi di saat keadaan sulit dan darurat. 

Pelatihan dengan Virtual Reality tentunya menerapkan beberapa teknologi canggih yang mana akan melibatkan langsung para tentara dalam keadaan yang sangat sulit dalam simulasi yang sangat menantang di dalam tampilan VR yang real-time.

Adapun keuntungan lain dari pelatihan virtual tersebut adalah mampu memaksimalkan kemampuan tentara dari jarak jauh seperti kemampuan menguasai senjata, tactical dan juga bertahan dalam keadaan sulit ketika bertempur melawan musuh.

penggunaan virtual reality
illustrasi (Getty Images)

Baca juga: Kisaran Harga Virtual Reality untuk Pengalaman Game dan Film yang Makin Maksimal

Penggunaan virtual reality di angkatan bersenjata bukan merupakan sesuatu yang baru atau teknologi terbaru. Keputusan yang sangat dipikirkan dengan baik, VR dipilih oleh angkatan bersenjata karena ini adalah alat pelatihan yang sangat berguna. 

Penggunaan VR untuk pelatihan memiliki banyak manfaat antara lain:

Pelatihan lebih aman: Karena pelatihan dilakukan secara virtual melalui teknologi VR, peserta pelatihan tidak harus berhadapan dengan senjata lawan sungguhan. Walau begitu, ini tidak begitu mengurangi efektivitas pelatihan apabila aplikasi dirancang sesuai situasi pertarungan nyata.

Lebih mudah dan efisien: Pelatihan VR dapat dilakukan di mana saja dan kapanpun tanpa perlu kehadiran peserta pelatihan di tempat dan waktu tertentu. Untuk jalankan sesi pelatihan, pengguna hanya perlu mengenakan perangkat VR, menjadikan penggunaan virtual reality untuk pelatihan lebih mudah untuk dilaksanakan, dan tentu lebih efisien karena dapat dilakukan terus-menerus tanpa batas sesuai keinginan.

Biaya pelatihan jauh lebih murah: Tidak seperti pelatihan tradisional yang butuh tempat luas dan biaya peralatan pelatihan mahal, pelatihan melalui Virtual Reality hanya perlu satu kali investasi teknologi dan perangkatnya saja, yang bisa digunakan terus-menerus berulang kali tanpa batas sesuai kebutuhan, dan tentu tidak perlu keluar biaya untuk tempat pelatihan karena semua dilakukan dalam lingkungan virtual. Menjadikan penggunaan Virtual Reality untuk training kerja jauh lebih hemat biaya dibanding media pelatihan tradisional.

illustrasi (iStock)

Pentingnya VR dalam militer terletak pada kemampuannya untuk mempersiapkan tentara dalam situasi yang sangat berbahaya tanpa benar-benar menempatkan mereka dalam bahaya. Pertarungan perang atau pemberantasan situasi dengan bantuan simulasi kenyataan virtual memungkinkan seorang tentara untuk belajar bagaimana bereaksi sesuai perilaku yang sesuai dengan keadaan. Sebuah simulasi yang hampir dibangun dari skenario berbahaya atau sebaliknya tidak hanya memungkinkan tentara untuk mengenal kehidupan militer tetapi juga membantu mereka menyesuaikan keterampilan dan teknik baru yang diperlukan untuk pertempuran.

Namun, itu bukan satu-satunya alasan mengapa VR dan latihan militer adalah kombinasi yang hebat. Di atas segalanya, pelatihan VR untuk militer melindungi angkatan bersenjata yang direkrut dari potensi cedera dan juga risiko kematian.

Hal tersebut diperkuat dengan fakta bahwa di era teknologi, di mana banyak tentara telah terbiasa bermain video game, karena itulah mengajari mereka melalui metode serupa adalah sangat efektif. Simulasi pelatihan VR tetap menarik minat mereka dan juga sangat hemat biaya dibandingkan dengan pendekatan tradisional pelatihan militer.

MonsterAR selaku perusahaan AR dan VR ternama di Indonesia, juga mempunyai beragam produk serta layanan AR dan VR yang dapat mensukseskan semua kebutuhan promosi ataupun keperluan perusahan lainnya. Tak hanya itu saja, MonsterAR juga mengembangkan berbagai macam aplikasi dan juga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua bidang industri yang ada. Mau tahu lebih banyak tentang AR dan VR? Hubungi kami di sini ya!

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

One Response

  1. Good post. I learn something totally new and challenging on sites I stumbleupon on a daily basis.
    It will always be interesting to read through articles from other authors and practice something from
    other sites.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?