Point of Sales Trending 2018

Pernah ke kasir seperti indomaret, alfamart dan restoran – restoran? mungkin kita tidak begitu peduli dengan apa yang mereka lakukan di kasir. Tetapi ada menarik perhatian saya saat mau membayar di kasir, yaitu POS sistem mereka. kita tahu jaman dulu masih menggunakan bahasa pemograman AS400, tetapi itu dulu dan ketinggalan jaman walaupun masih ada juga restoran atau mini market yang menggunakannya. Di tahun 2018, sistem POS sudah semakin canggih bahkan di integrasikan ke mobile untuk memudahkan owner dalam mengontrol transaksi di outlet mereka. mari kita lihat kecanggihan POS sistem yang sudah berkembang saat ini, tetapi sebelum itu saya mungkin akan sedikit cerita mengenai point of sales dan perkembangannya sampai dengan saat ini.

Dalam dunia bisnis, Point Of Sales (POS) merujuk dalam pengertian tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (Cash Register). Sesuai dengan namanya, POS merupakan titik penjualan (Check-out) tempat di mana transaksi selesai. Ini adalah titik di mana pelanggan melakukan pembayaran dalam pertukaran barang atau jasa. Pada Point Of Sales penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran serta akan mengeluarkan tanda terima untuk transaksi pembelian.

Dalam perkembangannya, POS dapat dibuat sebagai suatu sistem dengan menggunakan sebuah jaringan komputer yang dioperasikan oleh komputer utama dan dihubungkan dengan beberapa terminal checkout POS. Istilah ini dikenal dengan nama Sistem Point Of Sales (POS). Pada dasarnya, sistem POS adalah cara all-in-one untuk melacak arus kas bisnis Anda. Sistem Point Of Sales (POS) memerlukan sebuah aplikasi atau software agar sistem tersebut berjalan sempurna untuk menjalankan proses transaksi dengan cepat dan sistematis yang berorientasi meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap konsumen.

Tidak hanya itu, point of sales system bisa juga diintegrasikan dengan inventori sistem, sehingga kita bisa mengontrol mengenai alur stok yang ada di outlet, sehingga bisa diestimasi stok in dan stok out maupun minimal stok. Dengan perkembangan cloud sistem diindonesia, kita juga bisa mengontrol secara real time stok maupun transaksi penjualan di outlet. Dengan cloud computing, kita bisa integrasikan ke mobile system, sehingga owner di outlet bisa secara real time menarik report dari data transaksi harian,mingguan maupun bulanan,serta bisa mengontrol stok fisik dengan report yang ada di komputer.

By |2018-03-13T12:14:30+00:00March 13th, 2018|Articles, Creative|
%d bloggers like this: