5 Manfaat dari Teknologi Virtual Reality yang Mengagumkan

Teknologi virtual reality memiliki potensi besar untuk mengubah masa depan bagi sejumlah bidang, dari kedokteran, bisnis, arsitektur hingga manufaktur.

Psikolog dan profesional medis lainnya menggunakan VR untuk meningkatkan metode terapi tradisional dan mencari solusi efektif untuk perawatan PTSD, kecemasan dan gangguan sosial. Dokter menggunakan VR untuk melatih mahasiswa kedokteran dalam operasi, mengobati rasa sakit pasien dan bahkan membantu paraplegics mendapatkan kembali fungsi tubuh.

Dalam bisnis, berbagai industri mendapat manfaat dari VR. Pembuat mobil menciptakan kendaraan yang lebih aman, arsitek membangun gedung yang lebih kuat dan bahkan biro perjalanan menggunakannya untuk menyederhanakan perencanaan liburan.

Berikut 5 fungsi VR yang menakjubkan :

1. Pergi ke Dokter Gigi Tidak lagi Menakutkan

Dokter gigi dapat segera menggunakan virtual reality untuk mengalihkan perhatian pasien dan mengurangi kecemasan dan rasa sakit mereka. Sebuah penelitian baru-baru ini menguji 79 pasien, melengkapi sepertiga dari mereka dengan headset VR yang menggambarkan adegan pantai, sepertiga dengan VR Cityscape dan sepertiga sisanya tanpa VR sama sekali.

Pasien yang mengalami adegan pantai VR dilaporkan mengalami “rasa sakit yang jauh lebih sedikit” dibandingkan dengan dua kelompok lainnya. Para pasien yang melihat kota VR tidak merasakan hal ini – itu adalah pemandangan menenangkan yang membantu mengalihkan perhatian dan menenangkan pasien, bukan hanya VR itu sendiri.

2. Untuk Melatih Karyawan

Walmart menggunakan virtual reality untuk melatih karyawan di tokonya. Bermitra dengan startup virtual reality, STRIVR, Walmart menggunakan teknologi virtual reality di akademi pelatihannya untuk membantu para karyawan mengalami skenario dunia nyata. Karyawan dapat mengalami holiday rush atau suasana toko yang berantakan, dan belajar bagaimana merespons dan menangani peristiwa-peristiwa ini secara efektif.

3. Untuk Pemulihan bagi yang Menderita Kelumpuhan

Studi sepanjang tahun yang dilakukan oleh Duke University menemukan manfaat besar teknologi realitas virtual bagi kelumpuhan.

Pasien yang memakai headset VR ditugasi untuk bergerak melalui stadion karena pemain sepak bola dapat memperoleh kembali beberapa fungsi otak yang terkait dengan menggerakkan kaki mereka. Dari delapan pasien yang diuji, masing-masing mendapatkan kembali beberapa kontrol dan empat lainnya meningkat dari kelumpuhan penuh menjadi kelumpuhan parsial.

4. Untuk Membantu dalam Bisnis

Bisnis mulai menggunakan VR dalam beberapa cara: untuk mengurangi biaya, mengurangi perjalanan bisnis, melakukan wawancara, memberikan tur, memperkirakan tren dan mengadakan pertemuan.

Daripada bepergian untuk konferensi atau pertemuan, atau mewawancarai kandidat “tatap muka,” perusahaan menggunakan ruang konferensi virtual.

Bisnis yang memiliki produk berbahaya atau berada di tahap awal menggunakan VR untuk menguji keamanan dan fungsi tanpa membahayakan kesehatan karyawan.

5. Untuk Desain Model Arsitek yang Lebih Baik

Virtual Reality akan menguntungkan pemain kunci di ruang konstruksi seperti arsitek dan desainer. Alat ini memungkinkan pengguna untuk secara virtual menghuni ruang dalam tiga dimensi. Gambar yang dihasilkan komputer akan menggantikan rendering digambar tangan – pada akhirnya mengurangi waktu yang dihabiskan untuk membuat ulang tata letak dan gambar, secara efektif mengurangi biaya dan meningkatkan keselamatan.

Baca juga: AR Untuk Bisnis: Mengenal Potensi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Peluang Sukses Anda

Simulasi dunia nyata tidak hanya akan memungkinkan para perancang untuk lebih mudah menciptakan bangunan dan ruang – dari pencahayaan ke lantai ke pondasi – tetapi itu juga akan membiarkan para perancang menguji lingkungan sebelum benar-benar membangunnya. Misalnya, mereka dapat secara realistis memahami seberapa cepat seseorang dapat keluar dari gedung dalam keadaan darurat.

By |2018-10-01T18:13:22+00:00April 23rd, 2018|Articles, Virtual Reality|
%d bloggers like this: