Oculus Go adalah headset VR paling nyaman yang pernah dibuat. Itu mungkin terdengar seperti hiperbola, tapi itu memang layak. Dengan Rift, headset pertamanya untuk menjangkau konsumen, Oculus membantu memperkenalkan kita ke VR kelas atas. Dan bersama dengan Samsung, ia menyajikan headset Gear VR murah untuk smartphone. Selain harganya yang terbilang murah yaitu $ 199 (sekitar 2,7 juta) Go memiliki kesempatan yang jauh lebih baik untuk mendapatkan konsumen rata-rata ke dalam virtual reality karena sangat mudah dan sederhana untuk digunakan.


Headset VR Oculus Go merupakan versi tersendiri dari Gear VR. Sama-sama memiliki cangkang plastik besar yang menjadi tempat lensa dan hardware, tetapi Go merupakan kemajuan besar dalam hal kenyamanan dan ergonomi. Bahan faceplate memiliki busa yang tebal dan dilapisi mesh rajutan untuk menyerap keringat. Tali pengikat terbuat dari spandeks dan diamankan dengan Velcro sehingga mudah untuk menyesuaikan dengan ukuran kepala sebesar apapun.

Headset VR Oculus Go sangatlah ringan, hanya satu pon lebih.  Spesifikasi hardware sama dengan smartphone mid-range, termasuk prosesor Snapdragon 821 dan 32GB atau 64GB penyimpanan. Ini juga dilengkapi dengan layar LCD fast-switching 2.560-by-1.440, bukan panel OLED. OLED telah cukup banyak menjadi standar di setiap headset VR, karena responsnya, tetapi Oculus Go mengklaim bahwa teknologi LCD ini juga sama cepatnya. Dan, tentu saja, ini membantu menekan biaya.

Speaker yang dipasang ke headset diperkuat oleh kontur faceplat, sangat keras dan jelas. Go terasa kokoh secara keseluruhan. Itu berkat Oculus dan mitra manufakturnya Xiaomi. Anda perlu menggunakan semacam case jika ingin membawa headset VR oculus go bepergian, karena layarnya terlalu sensitif untuk dibiarkan terbuka. Dan, tidak seperti smartphone, Anda tidak dapat benar-benar menggunakan headset VR dengan layar yang retak.

Pengontrol gerakan yang disertakan terasa seperti evolusi dari Gear VR – ringan dan cocok dengan kontur tangan Anda. Ada trackpad di bagian atas, yang berfungsi ganda sebagai tombol, serta tombol kembali yang beranda di bawah. Jari telunjuk Anda berada di pemicu, sesuatu yang merupakan fitur penting untuk berinteraksi dengan lingkungan VR.

Oculus mengklaim bahwa Go dapat bertahan selama 2,5 jam saat Anda menonton video, dan sedikit lebih dari dua jam saat bermain game.

 

Pro
– Nyaman dan mudah digunakan
– Murah dibandingkan dengan headset VR lainnya
– Pustaka aplikasi VR yang luas
– Remote nyaman dengan pelacakan gerak yang akurat

Cons
– Perangkat seluler yang support masih agak terbatas
– Daya tahan baterai bisa lebih ditingkatkan lagi