5 Contoh Sukses Dalam Pemanfaatan Marketing AR

Salah satu manfaat terbesar yang diberikan oleh Augmented Reality dalam sektor komersial adalah pada bidang marketing dan periklanan. 6 tahun lalu mungkin teknologi ini belum banyak dilirik, tetapi kini telah menjadi salah satu tools wajib bagi perusahaan-perusahaan besar maupun menengah dalam strategi marketingnya.

Mungkin saat ini anda terpikir untuk ikut memanfaatkan teknologi ini, tetapi masih bingung aplikasi apa yang harus dibuat. Berikut, MonsterAR berikan beberapa contoh sukses dalam pemanfaatan augmented reality untuk marketing AR sebagai referensi bagi Anda.

  1. Augment – Platform Serbaguna untuk Aplikasi Marketing AR

Salah satu tools paling populer yang digunakan dalam marketing AR adalah Augment. Hanya satu hal yang bisa dilakukan Augment, tetapi ia melakukannya dengan sangat baik. Klien membuat tracker khusus, yang kemudian dipindai dengan aplikasi berlabel putih untuk memicu video atau model 3D yang terhampar di dunia nyata.

marketing ar

Ini adalah konsep yang sangat sederhana, tetapi eksekusi Augment begitu sempurna. Klien yang telah bekerja sama mulai dari Samsung hingga Paradise Wildlife Park. Platform mereka cukup fleksibel untuk memungkinkan tracker untuk ditempatkan dalam katalog cetak, untuk tujuan “mencoba” perabotan atau barang-barang lainnya di rumah, atau pada objek yang lebih baru seperti boneka binatang, dalam kasus wildlife park.

  1. AMC Theaters untuk Pemasaran Film

Jaringan bioskop AMC Cinemas yang berbasis di AS telah ikut memanfaatkan augmented reality.  Penikmat film dapat mengarahkan ponsel mereka ke poster, baik di lobi teater atau di majalah, dan segera membuka informasi yang mencakup trailer dan info cast. Tentu saja, aplikasi ini juga memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah membeli tiket untuk film tersebut. Tidak hanya mengiklankan film, tetapi dapat berfungsi juga sebagai rangsangan untuk mengambil tindakan nyata, seperti membeli tiket atau mengunjungi website studio.

  1. SIMIMON SIMULATOR

The Simmons Bedding Company, perusahaan di balik kasur ortopedi Comforpedic dan Beautyrest yang populer, telah berhasil memanfaatkan AR untuk membantu untuk edukasi pembeli potensial pada poin penjualan produk mereka. Dengan menggunakan aplikasi SIMulator, pembeli kasur mengarahkan ponsel mereka ke produk di toko, dan disuguhi animasi interaktif yang menjelaskan materi dan keuntungan dari setiap tempat tidur.

Kasur adalah barang mahal, jarang dibeli. Kondisi pasar sangat kompetitif, dan produsen dan pengecer harus meraih setiap keuntungan yang mereka peroleh untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Aplikasi SIMulator telah sukses besar, karena banyak pelanggan lebih memilih untuk mengeksplorasi informasi dengan kecepatan mereka sendiri, daripada terlibat dengan tenaga penjualan untuk seluruh kunjungan mereka ke toko.

  1. Modiface Makeup Marketing AR

Augmented reality makeup “mirror” telah menjadi perlengkapan di Sephora dan pengecer kosmetik lainnya selama beberapa tahun. Meskipun mereka memulainya dengan hanya menempatkan percikan warna ke foto wajah pelanggan, teknologi ini sangat maju sejak saat itu.

Saat ini, perusahaan seperti Modiface menggunakan AR untuk memetakan sepenuhnya wajah pengguna dan menjadikannya sebagai objek 3D fotorealistik. Hal ini memungkinkan cermin untuk secara akurat menunjukkan efek yang tepat dari riasan dan bahkan rejimen perawatan kulit jangka panjang di wajah.

marketing ar

Karena siapa pun yang pernah berbelanja kosmetik tahu, memilih di antara berbagai macam produk yang tersedia memakan waktu dan sulit, dan tidak ada jaminan kesuksesan. Menggunakan AR, Modiface memungkinkan pembeli “mencoba sebelum mereka membeli”.

Baca juga: 5 Keunggulan dan Kemudahan yang Bisa Didapat Dari Direktori Lobi Digital

  1. The Starbucks AR Stunt of 2012

Rupanya Starbuck juga tidak ingin ketinggalan. Pada awal tahun 2012, kampanye “Everylove on Every Cup” mengubah setiap cangkir Starbucks menjadi kartu Hari Valentine. Pengunjung menggunakan aplikasi Starbucks AR khusus untuk memindai cangkir mereka dan menyaksikan desain menjadi hidup, menyebarkan keinginan cinta dan kesempatan untuk membeli giftcard Starbucks.

Bagaimana, sudah mulai mendapat gambaran aplikasi AR seperti apa yang ingin anda buat. Kalau anda masih bingung, silahkan langsung kunjungi info kontak kami, kami dari Monster AR selalu siap untuk melayani segala kebutuhan AR anda.

By |2018-10-22T10:49:52+00:00July 5th, 2018|Articles, Augmented Reality|
%d bloggers like this: