Logo merupakan gambar yang mewakili identitas dari suatu perusahaan yang dibangun seorang pengusaha. Hal ini menjadi suatu hal yang penting bagi seorang perancang desain logo ketika hendak menciptakan sebuah desain logo. Tidak peduli apa pun jenis bisnis yang Anda rancang dan bangun, tentunya memerlukan logo yang jelas filosofi dan tujuannya pembuatan logo tersebut. 

Apabila Anda menanyakan kepada orang-orang perihal desain logo apa saja yang mereka kenal, tentu sebagian besar akan menjawab logo-logo ikonik seperti Apple, Facebook, Nike, dan sebagainya. Oleh karena itulah harus diciptakan kesan-kesan ikonik dari sebuah logo yang dibuat seorang desainer logo, sehingga logo tersebut bersifat timeless

Sebuah desain logo juga akan terus dikembangkan apabila perusahaan membutuhkan penyegaran terhadap brand mereka, ataupun untuk dapat terhubung dengan konsumen baru, supaya dapat lebih unggul dari kompetitor tentunya. 

Hadirnya teknologi canggih Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) telah banyak berkontribusi di dalam kehidupan masyarakat yang dampaknya sangat langsung dirasakan yaitu membuat aktivitas menjadi lebih mudah. AI dan ML sangat berperan di dalam mengubah cara pandang, gaya hidup dan bagaimana suatu bisnis dapat berjalan dengan efektif dan efisien. 

Terobosan AI dalam desain logo

Ilustrasi (Image: Getty Images)

AI memudahkan para desainer grafis menghasilkan suatu karya termasuk logo dengan begitu mudah dan menghemat waktu. Dengan pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang kian pesat tersebut, termasuk penggunaan AI dalam dunia desain tentu membuat beberapa orang merasa terancam dengan keberadaannya. Padahal hadirnya AI dalam dunia desain selain mempermudah hasil bagi perusahaan, juga memberikan kemudahan bagi para desainer dalam menciptakan suatu desain logo.

Padahal secara fakta, AI tidak akan bisa menggantikan kedudukan desainer sebagai perancang desain yang sebenarnya. AI hanyalah sebagai tool yang akan membantu seorang desainer logo menyelesaikan tugasnya.

Faktanya memang penggunaan teknologi kecerdasan AI dalam mendukung para desainer mampu menciptakan 100% desain logo yang unik dan memiliki nilai branding yang tinggi. Disamping menghemat waktu.

Beberapa referensi teknologi AI untuk desain diantaranya adalah: 

Apabila Anda ingin melihat beberapa hasil karya desain dengan basic teknologi AI, dapat mengunjungi situs “Designhill’s AI powered logo maker”. Di situs tersebut, Anda dapat melakukan percobaan untuk menggunakannya secara gratis. Setelah AI bekerja, maka ratusan ribu elemen desain akan memfilter untuk menemukan style terbaik, skema warna dan sesuai dengan yang Anda inginkan. 

Tesla menciptakan kendaraan listrik yang mampu bergerak dengan sendirinya. Smartphone, tablet, dan komputer kami memiliki asisten cerdas yang ditingkatkan AI yang dapat mengirim pesan, menjadwalkan rapat, mencari informasi, dan bahkan memodifikasi perangkat kita untuk membuatnya lebih efisien – mengurangi jumlah langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

Baca Juga: Hibur Anak-Anak Penderita Kanker, Aplikasi AR “Imaginary Friend Society” Berikan Kebahagiaan Sejati

Apakah AI merusak lapangan pekerjaan?

Ilustrasi (Image: iStock)

Gebrakan besar di abad 21 ini telah membuat kecerdasan buatan seperti AI dimanfaatkan hampir di semua lini bisnis yang ada. Tesla mampu menciptakan kendaraan listrik yang dapat bergerak melaju dengan sendirinya. Smartphone, tablet, dan komputer yang mampu mengirimkan pesan khusus dan juga memodifikasi perangkat kehidupan supaya lebih efisien. 

Teknologi masa kini hadir untuk memperbarui apa yang telah dimulai oleh penciptaan teknologi masa sebelumnya, dengan tujuan efisiensi. Gejolak tersebut semestinya disambut dengan penyesuaian human resource terhadap perubahan yang ada dan. Hal tersebut mau tidak mau harus dilakukan, sebab memasuki ekonomi 4.0 yang sedang berjalan, human resource menjadi yang paling merasakan perubahan dari penerapan teknologi terkini. 

AI secara tidak langsung memaksa para desainer grafis untuk tidak antipati terhadap teknologi. Mereka harus sadar jika dengan beradaptasi dan menerapkan AI sebagai pendamping kerja, akan menciptakan hasil yang sempurna. Oleh karenanya, teknologi AI begitu penting untuk diterapkan apalagi kaitannya dengan penyesuaian efisiensi baik waktu dan finansial bagi perusahaan. 

Dalam beberapa hal, AI dapat meningkatkan permintaan akan ragam elemen grafis yang mampu menciptakan kreasi logo berkelas high-end. Selain itu, AI akan sangat membantu para freelancer yang mencari penghasilan dari hasil kreasi desain dengan mudah. Sekarang tinggal bagaimana Anda memilih untuk melakukan penghematan ataukah tetap berjalan dengan menerapkan skema kerja lama tanpa adanya perubahan? Keputusan ada di tangan Anda.

AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?