Teknologi semakin canggih dan maju, tentu Anda mengenal Augmented Reality (AR) sebagai salah satu support system di bidang marketing dalam perusahaan. Mengapa demikian? AR telah menjadi salah satu bagian yang penting dan tak bisa dilepaskan dalam memberikan gambaran visual secara immersive. Gambaran inilah yang mampu menarik calon klien untuk lebih meyakini produk yang sedang ditawarkan.

Bagi Anda yang lingkup pekerjaan atau bisnisnya berkaitan dengan dunia marketing, maka suatu hal keniscayaan jika mulai saat ini harus melakukan kampanye pemasaran produk yang dijual dengan menggunakan teknologi AR ini. Bisa dimaklumi jika marketing merupakan ujung tombak keberhasilan perusahaan dalam menjual produk atau layanan. Tentu sektor ini menjadi yang pertama untuk mendapatkan perhatian serius dalam pengembangannya.

Karena meskipun produk atau layanannya bagus, namun tidak didukung oleh strategi marketing yang jitu, mustahil produk tersebut akan dapat dikenal masyarakat. Dengan penggunaan AR, maka marketing akan menjadi lebih mudah dalam menjangkau calon klien. 

Kegiatan campaign pada marketing dengan menggunakan AR dapat memberikan visualisasi lebih menarik dalam rangka peningkatan engagement atau pengenalan produk kepada konsumen melalui ide Anda. Di Indonesia, penggunaan campaign suatu produk dengan menggunakan AR marketing belum banyak dilakukan.

Augmented Reality dalam pasar satu miliar dolar

Ilustrasi (Image: Getty Images)

Bidang marketing merupakan yang pertama mengadopsi teknologi AR untuk kebutuhan bisnis. Menemukan cara baru untuk menyenangkan, menarik dan memberikan pengalaman tidak terlupakan kepada konsumen adalah kunci keberhasilan dalam penjualan. Secara global, potensi pasar AR untuk marketing dan iklan bernilai 1 miliar USD.

Nilai ini bahkan lebih besar dua kali lipat dari nilai aplikasi AR lain seperti game. AR jika dijalankan dengan benar untuk keperluan marketing, dapat mendorong omzet suatu bisnis yang dijalankan. Marketer harus mempertimbangkan bagaimana AR dapat menyesuaikan dengan berbagai produk yang dijalankan untuk merencanakan penjualan produk. 

Berikut ini 5 tips untuk melakukan campaign di dalam marketing menggunakan Augmented Reality, simak langsung!

1. Pertimbangkan pilihan Anda sebelum memilih teknologi yang tepat

Sumber: YouTube/IKEA

Di dalam memilih teknologi untuk melakukan campaign dan marketing AR yang tepat, carilah pilihan yang terbaik dan sesuai. Pengenalan suatu gambar yang berbentuk AR banyak tersedia meskipun memiliki fungsi yang berbeda bagi penggunanya. Perlu ditekankan di dalam teknologi yang akan dibuatkan campaign, yakni apa saja content yang tersedia untuk diperkenalkan kepada calon konsumen berupa: situs website, video company profile, foto produk, video iklan interaktif, dll. Dan perlu diingat, semua itu harus terintegrasi dengan smartphone calon klien. Contoh penerapan sukses campaign dan marketing AR ini adalah katalog AR milik IKEA.

2. Fokus pada konsep sederhana dan lugas

marketing ar

Satu ide pintar dapat membuat suatu penawaran akan lebih mudah diingat, tanpa memaksakan klien untuk berpikir terlalu banyak. Ini terutama berlaku dalam hal campaign dan marketing AR terhadap suatu produk yang sebelumnya telah mempunyai brand image yang baik. Penawaran sederhana tapi lugas dibutuhkan untuk dapat membangun image terhadap calon konsumen dengan penawaran yang sederhana namun tetap fokus. Tidak dapat dibayangkan ketika konsumen melihat suatu penawaran produk berbasis AR tetapi harus tetap melakukan hal-hal ribet seperti harus mengikuti aturan main di dalam presentasi yang berbentuk game AR. Tentu hal ini dapat memberikan citra buruk terhadap produk yang sedang dipresentasikan. Adapun contoh sukses campaign dengan cara sederhana tetapi maksudnya tersampaikan adalah marketing pada bank Mandiri dan WWF. Penciptaan gamified sederhana bagi klien dengan AR mampu meninggalkan kesan yang baik bagi perusahaan tersebut.

Baca Juga:AR Mobile Semakin Populer, Mencapai Angka 800 Juta Pengguna

3. Buatlah suatu kesan yang bermanfaat bagi konsumen

marketing arIlustrasi (Image: Vespa)

Kesan yang mendalam dan bermanfaat, merupakan salah satu tujuan untuk mempresentasikan brand terhadap klien. Dengan menciptakan marketing berbasis AR yang mengadopsi karakter tertentu dalam game atau film, kiranya akan dapat meningkatkan brand awareness bagi klien. Penciptaan karakter 3D dianggap mampu memberikan visualisasi gambar secara immersive dan menarik minat klien untuk melihat apakah yang ditawarkan atau dijual tersebut sesuai dengan minta mereka. Contoh implementasi AR pada hal ini adalah aplikasi AR showroom Vespa.

4. Pertahankan brand image saat membuat presentasi marketing AR

Citra atau image suatu perusahaan sangat penting untuk dijaga. Layaknya sebuah tampilan yang baik, sebuah image merupakan perwakilan dari citra diri perusahaan. Untuk itulah dalam melakukan presentasi marketing AR, perlu diingat jika suatu image akan mampu menciptakan kesan yang mendalam dan menyampaikan karakter setiap brand apakah ia dapat diciptakan secara unik ataukah sama dengan para kompetitor. Image dapat terbentuk atas dasar persepsi subjektif yang berdasarkan persepsi dalam gambaran konsumen. Contoh daripada brand image yang melekat dalam suatu presentasi marketing AR yang terkenal adalah Burberry Kisses.

5. Memberikan gambaran yang jelas terhadap konsumen

Sumber: YouTube/Unbox Therapy

Dalam melakukan campaign dan marketing AR untuk suatu produk, diperlukan suatu penggambaran yang jelas. Pemanfaatan video sebagai perwakilan media untuk menampilkan produk tentunya dapat memberikan kesan yang sempurna.

Bagi perusahaan, kesan yang baik melalui visualisasi 3D secara AR akan memberikan keterkaitan dalam berkomunikasi dengan calon klien secara jelas. Contoh pengaplikasian langkah ini adalah pada campaign produk Lewis. 

Strategi di dalam menjaring klien dan konsumen tentu diperlukan langkah yang intensif dan juga masif. Brand image harus dikelola dengan berbagai kendala dan keunikannya untuk dapat memaksimalkan penjualan produk atau layanan. Itu tadi 5 tips sukses ketika melakukan campaign dan marketing AR dalam memasarkan produk dan layanan supaya lebih efektif. Semoga bermanfaat.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?