Produk perangkat keras (hardware) menjadi salah satu komponen utama di dalam industri teknologi informasi. Termasuk yang sedang menjadi primadona penggemar gamer dan fasilitas digital, yakni monitor dengan layar lengkung atau (curved screen). Padahal sebelumnya, monitor layar datar telah dianggap yang terbaik dan banyak digunakan di dalam fasilitas digital baik infrastruktur umum maupun komersial.

Anda harus tahu, jika diciptakannya monitor ini bukanlah untuk sekedar “gaya-gayaan” saja. Perangkat jenis ini merupakan pengembangan dari monitor jenis datar sebelumnya untuk meningkatkan kualitas dari segi kenyamanan melihat.

Tentu di era globalisasi dan digitalisasi ini, penggunaan perangkat digital sangat dibutuhkan tidak hanya untuk kebutuhan bisnis saja, akan tetapi juga untuk kebutuhan bermain game. Monitor sendiri mempunyai beberapa jenis yang berbeda, yaitu monitor layar datar dan monitor layar lengkung (curved screen). Akan tetapi banyak orang yang hingga kini masih memilih monitor layar data karena beberapa faktor seperti harga yang cenderung lebih terjangkau.

Berikut ini adalah 6 keunggulan monitor layar lengkung yang perlu Anda ketahui sebagai referensi nanti jika akan berpindah untuk membeli monitor layar lengkung (curved screen) untuk kebutuhan industri atau gaming Anda.

1. Resolusi Lebih Baik Yang Lebih Baik 

monitor layar lengkung
Ilustrasi (Image: iStock)

karena bentuk layar monitor yang sesuai dengan jangkauan pandangan pengguna, sehingga bentuk curved layar monitor bisa meningkatkan tampilan visual yang lebih baik. 

Monitor layar lengkung punya kelebihan yang tak dimiliki oleh monitor layar datar, yaitu tentang resolusi yang jauh lebih baik di atas monitor layar datar. Kebanyakan permasalahan yang biasa ditemui di monitor layar datar adalah jangkauan pandang karena keterbatasan tampilan.

Untuk monitor gaming layar lengkung sendiri telah mendukung resolusi tinggi mulai dari Full HD, WQHD hingga UDH (4K). Dengan resolusi yang tinggi akan mampu menampilkan konten yang lebih detail dan memanjakan mata pengguna.

Bahkan resolusi yang tinggi akan membawa tekstur, karakter, dan lingkungan permaian ke level tinggi dengan pengalaman yang realistis. Tentu hal ini dapat menjadi penunjang yang baik pada saat Anda memainkan sebuah game.

2. Sudut Pandang yang Lebih Lebar

Ilustrasi (Image: ANTARA/HO)

Dengan tampilan layar yang lebih lebar dan luas ketimbang monitor layar datar, monitor ini menawarkan kelebihan menonton yang lebih mengesankan dan nyaman di mata. 

Dengan kelebihannya, monitor ini dapat memunculkan tampilan baik secara horizontal maupun vertikal dengan mencakup seluruh area pada layar yang luas. Yang tidak didapatkan di monitor layar datar. Secara garis besar, monitor layar lengkung dapat memberikan angle menonton yang lebih besar.

Baca Juga: Hibur Anak-Anak Penderita Kanker, Aplikasi AR “Imaginary Friend Society” Berikan Kebahagiaan Sejati

3. Sensasi 3D

Ilustrasi (Image: iStock)

Sensasi menonton tampilan 3D membuat monitor ini semakin membuktikan keunggulannya ketimbang monitor layar datar. Ini menambah nilai lebih saat menonton tampilan game dan konten multimedia berbasis augmented reality atau virtual reality.

4. Monitor layar lengkung terlihat mewah

Ilustrasi (Image: Samsung)

Salah satu nilai jual tambahan dari monitor ini adalah tampilannya yang mewah. Ketika melihat di kesan pertama, monitor ini telah terlihat mewah dari bentuknya yang meleng. Siapa pun tidak akan menyangkal kemewahan yang ditampilkan monitor ini ketika diletakkan di salah satu ruangan Anda. Tentu hal ini akan menambah pula value perusahaan Anda.

5. Sangat Cocok Untuk Gaming

monitor layar lengkung
Ilustrasi (Image: Flickr/Marco Verch)

Disebut sangat cocok untuk gaming, karena beberapa produk memiliki fitur-fitur OSD (On Screen Display). OSD ini adalah fitur yang mempermudah Anda dalam mengatur monitor. Tak perlu lagi menggunakan tombol fisik di monitor, Anda hanya tinggal menggunakan keyboard dan mouse untuk menelusuri semua menu untuk melakukan konfigurasi.

Salah satu monitor layar lengkung gaming yakni MSI bahkan dilengkapi refresh rate hingga 165Hz + 1ms response time dengan VA LED panel yang sangat nyaman digunakan dalam game bergenre FPS (Firs Person Shooter), Fighting, Racing, dan Sport. Tentu game-game tersebut membutuhkan refresh rate tinggi yang kebanyakan mudah dimainkan di monitor layar lengkung.

Nah! Semoga uraian terkait keunggulan monitor layar lengkung di atas dapat menjadi pembeda di saat Anda memutuskan akan membeli monitor ini ataukah tidak? Pertimbangkan kembali spesifikasi, ciri khas, kualitas gambar dan harga yang sesuai di kantong. Semoga bermanfaat!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?