Kode T288: Headset AR Apple yang Mempu Jalankan VR Juga Secara Bersamaan

Menurut sebuah kabar yang beredar, Apple berencana untuk melakukan sebuah terobosan besar dalam pengembangan headset augmented reality miliknya, yaitu akan menambahkan kemampuan virtual reality juga kedalamnya. Project ini diberi nama kode T288, dan saat ini dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2020. Sementara Augmented Reality, atau AR, memetakan objek digital ke dunia nyata, Virtual Reality, atau VR, membenamkan pengguna sepenuhnya dalam lingkungan yang dihasilkan secara digital. Itu berarti kode T288 akan memiliki kemampuan seperti Hololens, ataukah akan memiliki fitur lain yang mengejutkan yang bahkan bisa melampaui teknologi Hololens itu sendiri? Mari kita simak ulasannya terlebih dahulu.

Laporan tersebut datang dari CNET, termasuk dengan beberapa rincian teknis yang sangat ambisius dari proyek tersebut. Jika informasi tersebut benar, maka ini akan menjadi kebocoran besar bagi Apple. Sumber yang membocorkan rencana tersebut enggan memberi tahukan namanya, sementara dari pihak  Apple sendiri sejauh ini menolak untuk mengomentari berita tersebut.

Beberapa komentator dengan wawasan tentang pengembangan perangkat keras mengatakan, membuat perangkat dengan spesifikasi yang tercantum dalam laporan akan mengharuskan Apple untuk menekan batas kemampuan tekniknya. Spesifikasi tersebut termasuk layar ganda yang berjalan pada resolusi 8K, terhubung secara nirkabel ke kotak dengan prosesor jauh di atas apa pun yang ada di pasaran saat ini.

Detail tersebut, dan waktu rilisnya dapat berubah sewaktu-waktu. Pada panggilan pendapatan di bulan November kemarin, CEO Tim Cook menyebut AR sebagai teknologi yang “akan mengubah cara Anda bekerja, bermain, terhubung, dan belajar.”

Baca Juga : Pengalaman Virtual dan Hologram Kini menjadi Nyata dengan Microsoft HoloLens

AR memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas dengan mengubah seluruh bidang pandang pengguna menjadi ruang kerja virtual. Aplikasi kreatif dapat membantu membuat AR lebih sukses dibanding VR, terlepas dari rave dari para pemain yang berdedikasi, belum berubah menjadi kategori konsumen yang besar. AR, bahkan dalam bentuk primitif seperti game ponsel Pokemon Go, memiliki adopsi yang jauh lebih luas, mengarah ke potensi yang lebih besar seiring kemajuan perangkat keras. Dan karena AR dan VR memiliki overlap teknis substansial, menggabungkannya dapat menambah produk yang lebih menarik dengan sedikit biaya tambahan.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli headset ini tentu harus bersabar, karena Kode T288 ini mendapatkan tanggal releasenya pada tahun 2020 mendatang, masih lama sekali ya. Tapi berita baiknya, Anda memiliki waktu selama 2 tahun menabung untuk membeli headset ini.

By | 2018-08-01T10:01:57+00:00 August 1st, 2018|Articles, Augmented Reality, Virtual Reality|