Mengenal Geo 3 Augmented Reality di Jakarta Investment Center

MonsterAR ikut berpartisipasi dalam mengembangkan sebuah aplikasi bernama Geo 3 Augmented Reality yang menjadi salah satu aplikasi yang menonjol di Jakarta investment Center (JIC). Jakarta Investment Center sendiri merupakan upaya pengembangan potensi ekonomi daerah dan investasi dengan memberikan kemudahan kepada para investor. Para investor dapat meng-invest melalui sistem satu pintu di JIC itu. Melalui Geo 3, investor/calon investor dapat melihat daerah mana di Jakarta ini yang memiliki potensi untuk dijadikan lahan investasi, selain itu bisa juga untuk mengurusi masalah perizinan dan sebagainya. Acara tersebut di kawal langsung oleh bapak kepala dinas dan diresmikan secara langsung oleh gubernur kita tercinta bapak Anies Baswedan pada tanggal 31 Juli 2018.

geo 3

Untuk fase pertama pengembangan Augmented Reality (AR) dilakukan di lokasi Kembangan dan Mega Kuningan. Fitur ini dapat membuat aplikasi menjadi lebih real karena dapat menampilkan  bangunan-bangunan 3D dan dapat memberikan informasi tentang RDTR (Rancangan Detail Tata Ruang). Untuk kedepannya akan terus dikembangkan hingga mencakup seluruh kawasan DKI Jakarta.

Mengenal Geo 3 Secara Lebih Dalam

Webapp ini dikembangkan dengan tujuan mempermudah pelayanan perizinan masyarakat yang memerlukan kejelasan lokasi dalam perizinannya, dalam hal ini meliputi zonasi/peruntukan, intensitas, dan informasi visual existing (hi-res aerial imagery, 360 VR dsb) sehingga pemilik/calon pemilik lahan bisa optimal memanfaatkan hak nya dengan tetap taat pada peraturan yang berlaku. Untuk kemudian mendapatkan izin yang dibutuhkan secara online dengan lebih cepat mudah dan valid, disertai visual consultant untuk masyarakat berkonsultasi (humanize the system).Aplikasi ini juga sekaligus berusaha mewujudkan keterbukaan informasi dan awareness kepada masyarakat yang concern akan data dan informasi ketataruangan, pembangunan gedung, serta data dan informasi lain yang dimiliki oleh Instansi di Provinsi DKI Jakarta.

Data, teknologi, dan informasi yang ada di web ini sedang dan akan terus disempurnakan dan diupdate, namun secara sistem sudah terbentuk alur yang seragam sehingga kedepannya informasi akan lebih terintegrasi, terupdate, lebih akurat dan lebih teliti, serta lebih lengkap seiring dengan bertambahnya instansi-instansi yang ikut berkontribusi melengkapi data di One Map Policy tupoksi dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, salah satunya dengan aplikasi Geo3D Augmented Reality ini.

Pemakaian data dan informasi dari aplikasi ini sebagai dokumen perizinan dan dokumen resmi lainnya, fitur verifikasi lokasi terupdate/on demand di aplikasi ini diharapkan dapat membantu proses tersebut dan sudah bisa diujicoba di beberapa kecamatan. Sebagai terobosan baru di bidang pelayanan perizinan diharapkan masyarakat ikut berperan aktif untuk ikut mengkoreksi, melengkapi dan menyempurnakan sistem ini.

By | 2018-08-07T10:51:56+00:00 August 7th, 2018|Articles, Augmented Reality|