Ketika kita berbicara mengenai museum, tentu yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah tempat yang membosankan, hanya berkeliling melihat barang-barang peninggalan bersejarah saja, tidak lebih. Namun, beda halnya dengan Museum BPK RI Magelang, kini tempat ini telah bertransformasi menjadi museum canggih lho!

Ketika pertama kali memasuki museum ini, kita disambut oleh direktori interaktif  yang tentunya akan mempermudah kita dalam mencari titik tertentu di dalam museum, selain itu kita juga bisa melihat deskripsi singkat pada setiap ruangan yang ada, sehingga kita dapat mengetahui denah seluruh ruangan yang ada di tempat ini.

Selain itu ada juga Interactive Floor, aplikasi yang dibuat dengan konsep Peta Indonesia yang seolah-olah timbul mengapung pada lautan yang berombak, disamping itu terdapat beberapa ikan yang bergerak mengelilingi peta tersebut. Setiap tombol yang ditekan (diinjak) pada pulau tertentu, akan menampilkan pop up seluruh Kantor Perwakilan BPK RI di pulau tersebut. Aplikasi ini terdapat di ruang Lobby Museum BPK RI Magelang.

Ketika kita membahas teknologi, kurang lengkap rasanya kalau kita tidak membahas Augmented Reality. Dan syukurlah, Museum BPK RI Magelang juga menerapkan teknologi tersebut. Pertama download terlebih dahulu aplikasi BPK AR Magelang, kemudian arahkan kamera AR di smartphone atau tablet pada AR marker yang sudah disediakan untuk menampilkan beberapa bangunan kuno di Magelang dalam bentuk tiga dimensi (3D). Aplikasi ini terdapat pada ruang Titik Nol Museum BPK RI Magelang.

Tidak sampai disitu saja, terdapat juga Holographic Display Projection yang ditampilkan melalui LCD Projector yang ditembakkan pada media Holographic Transparent Glass Screen sehingga video dapat dilihat dari dua sisi (sisi depan dan belakang). Teknologi ini terdapat pada ruang Wajah BPK.

Baca juga: Keunggulan dan Penerapan Museum Digital di Indonesia Hingga Saat Ini

Fitur-fitur canggih di atas hanyalah segelintir dari kecanggihan yang bisa kita nikmati di Museum BPK RI Magelang ini, selain itu terdapat juga beberapa game yang menarik, ruang audio visual, interactive table, dan..pokoknya masih banyak lagi deh. Untuk lebih lengkapnya silahkan datang dan kunjungi langsung museumnya dan rasakan sendiri kedigdayaannya.

Museum BPK RI Magelang

Alamat  : Jalan Pangeran Diponegoro, Magelang, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56117.

Open     : Selasa – Minggu Pukul 9.00 – 15.00 W.I.B

Hari Senin Tutup.

Program Gerakan Digitalisasi Museum dari MonsterAR untuk seluruh museum di Indonesia
| 1. Free Konsultasi | 2. Free Konsep Design | 3. Free Estimasi Biaya (RAB) |
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?