Pada Augmented World Expo di Santa Clara, Wikitude meluncurkan versi betanya, yaitu Wikitude SDK 8, yang kini sudah tersedia untuk diunduh. SDK 8 memberi pengembang aplikasi kemampuan untuk menerapkan banyak kualitas, seperti berbagi, pengalaman real-time AR, persistent anchored content, dan lokalisasi instan, yang membentuk properti cloud AR dan mengevolusi aplikasi AR dari pengalaman individu ke grup, termasuk dengan micro AR cloud.

“Sejauh ini AR telah menjadi pengalaman solo. Ini adalah titik masuk kami untuk mengubahnya menjadi kolaborasi. Ke depan, saya yakin akan ada perubahan mendasar dalam cara kami mengonsumsi informasi, berkomunikasi satu sama lain dan berkolaborasi,” kata Martin Herdina, CEO Wikitude.

Namun, sementara konsep AR Cloud menyerukan pengalaman bersama dan konten persisten yang dapat diakses langsung di mana saja, filosofi Wikitude menyerukan opsi privasi bagi konsumen dan perusahaan, atau apa yang Wikitude sebut sebagai “micro AR cloud”.

“Gagasan tentang AR Cloud jelas mengharuskan perangkat Anda secara mulus melacak semua lingkungan Anda. Semuanya,” tulis Philipp Nagele, chief technical officer Wikitude, dalam sebuah postingan blognya. “Tapi inilah masalahnya: Saya cukup yakin bahwa ada hal-hal yang terjadi di ruang tamu Anda atau ruang pribadi lainnya, bahwa Anda tidak ingin berbagi dengan seluruh dunia. Apalagi, mengunggahnya ke penyedia AR cloud publik, sehingga semua orang dapat menelusurinya.”

Sebaliknya, Wikitude menyukai pendekatan yang memungkinkan pengguna memutuskan apa yang mereka bagikan dan dengan siapa mereka berbagi, di mana ia akan muncul, dan seberapa lama akan bertahan. Dengan begitu, tim desain inti dapat berkolaborasi dalam produk baru di ruang konferensi, menyembunyikannya ketika mereka pergi, dan membawanya kembali ketika mereka kembali. Atau game massive multiplayer AR dapat bertahan selama periode pertandingan antara dua tim.

“Dengan menyimpan, memuat, dan berbagi pengalaman tambahan, AR akhirnya menjadi apa yang dijanjikannya sejak awal: teknologi yang akan mengatasi semua batasan ruang dan waktu.” Tulis Nagele. Sekarang kita telah membedakan antara AR cloud dan micro AR cloud, kita dapat melanjutkan dengan fitur khusus dari Wikitude 8 yang memungkinkan penyimpanan, memuat, dan berbagi.

Untuk menyimpan, Wikitude 8 memperkenalkan Extended Object Tracking. Ini memungkinkan aplikasi untuk memicu konten yang persistent setelah tampilan kamera berhenti menyorot ke arah marker AR atau meninggalkan lokasi sama sekali.

Pengenalan Scene menambahkan kemampuan untuk memuat konten dengan mengenali landmark dunia nyata, dari ruangan dan mesin hingga bangunan dan pusat industri bahkan untuk lanskap yang lebih luas. Mirip dengan protokol lokalisasi visual lainnya dari Google dan Blippar, Pengenalan Scene menawarkan presisi yang lebih baik daripada GPS dan memberikan aplikasi pemahaman tentang dunia nyata.

Baca juga: Pengertian Augmented Reality secara Singkat dan Lengkap

Akhirnya, Target Instan memenuhi bagian berbagi dengan memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi pengalaman AR (bukan hanya gambar atau video dari satu interaksi) dan memberi banyak pengguna kemampuan untuk menambah pengalaman dalam waktu nyata. Target Instan kompatibel dengan iOS dan Android, serta Platform Windows Universal.

Selain itu, Wikitude memperingati ulang tahun ke 10 (dan lebih dari satu miliar pemasangan aplikasi) dengan menambahkan tingkat harga gratis untuk startup.

“Wikitude berkomitmen untuk membuat AR lebih mudah diakses oleh perusahaan pada tahap awal. Menyediakan akses gratis ke teknologi terbaik kami adalah cara terbaik untuk merayakan 10 tahun Wikitude”, kata Paula Monteiro, direktur pemasaran di Wikitude.

AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?