Fitur Augmented Reality dan Virtual Reality kini telah merambah ke berbagai bidang, mulai dari film di bioskop (film 3D), video game (pokemon go), dan media sosial (filter AR snapchat). Dan tentunya untuk kedepannya akan semakin meluas karena konten yang memanipulasi realitas sering kali digambarkan sebagai masa depan hiburan.

Pada Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss pada bulan Januari, Perserikatan Bangsa-Bangsa berencana untuk meluncurkan sebuah pameran Augmented Reality, produk pertamanya, bertujuan untuk menciptakan empati akan nasib orang-orang yang kelaparan. Dibuat khusus oleh World Food Programme (WFP), cabang PBB yang akan memperingati Hari Pangan Sedunia pada hari Selasa, pameran akan membawa pemirsa ke tiga negara — Sudan Selatan, Bangladesh, dan Yordania — untuk belajar tentang tantangan yang dialami oleh penerima di kehidupan nyata dan mengetahui bagaimana WFP menggunakan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Cerita setiap negara diputar selama sekitar dua menit dalam rekaman video, dapat diakses dengan memegang komputer tablet di atas tatakan khusus dengan kode QR. Setelah dipindai, AR mengaktifkan dan memperkenalkan audience (pemirsa) ke grafik 3D dengan audio. Dalam setiap pengalaman, pemirsa disajikan dengan informasi tentang tantangan geopolitik negara saat ini dan biaya makan yang terlalu tinggi. (Di Sudan Selatan, misalnya, pemirsa melihat grafik yang mengungkapkan bahwa biaya untuk satu piring masakan rumahan adalah $ 348,36 dengan harga yang setara dengan yang di New York City.) Voiceover diambil dari wawancara dengan penerima bantuan kemudian menjelaskan bagaimana teknologi membantu mereka dalam situasi mereka masing-masing. “Saya tidak lagi khawatir dirampok,” kata Hana, seorang pengungsi Suriah yang tinggal di Yordania, atas tanggapannya terhadap teknologi biometrik dan blockchain yang digunakan di kampnya untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan transaksi.

Proyek ini dikembangkan atas hasil kerja sama dengan Millennium Art, sebuah agen komunikasi yang telah bekerja dengan PBB dalam pameran berskala besar, dan Katapult Communications, sebuah lembaga mitra yang berspesialisasi dalam teknologi media baru seperti AR. Dalam merancang pameran, Paul White, direktur kreatif Katapult, mengatakan bahwa tim ingin fokus pada dua aspek kunci: kepraktisan dan kemampuan untuk menyampaikan pesan secara efektif dalam menciptakan empati.

Dari sudut pandang cerita, ia menambahkan, idenya adalah untuk membuatnya “semenarik mungkin” sementara tidak “luar biasa dalam satu cerita.” ungkap White: “Kami ingin mengedepankan tidak hanya latar belakang penerima yang dipertanyakan, tetapi juga mengambil teknologi yang digunakan oleh Program Pangan Dunia dan digunakan untuk membantu orang dengan makanan.”

Menurut laporan di tahun 2018 dari berbagai lembaga di PBB, termasuk UNICEF dan Organisasi Pangan dan Pertanian, kelaparan meningkat. Lembaga-lembaga itu memperkirakan bahwa satu dari sembilan orang — sekitar 821 juta — menderita “kurang gizi kronis,” sementara 3 juta anak mati kelaparan setiap tahunnya. Untuk mengatasi kenaikan suku selama tiga tahun terakhir, Dewan Keamanan PBB awal tahun ini mengeluarkan resolusi penting yang mengakui untuk pertama kalinya hubungan formal antara kelaparan dan konflik – kunci yang diambil dari proyek AR WFP.

“Kedua hal tersebut mendorong hambatan kemajuan,” kata Kristin Gutekunst, produsen interaktif yang memimpin membantu menghasilkan pameran AR WFP. “[PBB] sedang memikirkan bagaimana hal itu mendorong migrasi, bagaimana itu mendorong ketidakamanan di berbagai wilayah… semua itu mulai terhubung.”

Pameran AR untuk menciptakan empati adalah bagian dari pameran yang lebih besar dari WFP yang disebut “Feed Our Future: Tech dan End of Hunger.” Etalase ini, yang pertama kali memulai debutnya di Majelis Umum PBB ke-73 bulan lalu, termasuk bioskop realitas virtual 360 derajat yang membawa penonton ke Nigeria saat ini, di mana WFP menggunakan data dan teknologi seluler untuk menanggapi krisis keamanan pangan yang mempengaruhi jutaan orang. PBB mulai bereksperimen dengan realitas virtual pada Januari 2015, dan menggunakannya sebagai alat untuk menciptakan empati dalam meningkatkan kesadaran dan sumbangan.

Tidak seperti VR, yang dibatasi oleh headset yang rumit, AR berkembang pesat berkat prevalensi smartphone yang mumpuni. Apple, misalnya, merilis “ARKit” pada tahun 2017 untuk memudahkan pengembang perangkat lunak menggunakan AR dalam aplikasi yang dikembangkan untuk iOS, sistem operasi selulernya. “Sangat menarik bahwa Anda dapat membawa dunia ke hadapanmu, alih-alih melangkahkan kaki untuk mengelilingi dunia,” kata Shaza Moghraby, juru bicara WFP .

Baca juga: Arti Augmented Reality Menurut Para Ahli dan 4 Kasus Penggunaannya

Hari ini, pameran AR PBB tetap menjadi prototipe yang diharapkan dapat disempurnakan di hadapan Davos. Augmented reality dapat menjadi alat pendidikan yang kuat untuk orang yang membutuhkan.

“Ini akan menjadi awal dari strategi baru dalam komunikasi,” kata Gutekunst. “Bagaimana Anda menggunakan teknologi baru ini untuk menerobos sikap apatis karena mendengar tentang apa yang terjadi di seluruh dunia? Dan untuk memahaminya dengan cara yang benar-benar dipersonalisasi sehingga Anda memiliki koneksi global ke konten ini yang dimana semakin mendekatkan kita dengan rumah orang-orang yang membutuhkan. ”

Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

One Response

  1. Howdy! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to look it over. I’m definitely loving the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Exceptional blog and terrific design.|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?