Augmented Reality (AR) kini telah diterapkan di banyak industri, mulai dari game seperti Pokemon Go, e-commerce, digitalisasi bisnis, hingga pendidikan dan perawatan kesehatan. Hal ini membuat pelaku jasa Augmented Reality semakin dibutuhkan kehadirannya, sehingga bisnis dari berbagai industri tidak perlu repot mengurus keperluan teknologi untuk mendukung bisnis, cukup serahkan semuanya kepada penyedia jasa pembuatan augmented reality dan tinggal menikmati hasilnya.

Menurut riset dari Digi-Capital, pendapatan yang dihasilkan oleh pasar augmented / virtual reality diperkirakan mencapai 108 miliar USD pada tahun 2021, dengan pangsa pasar AR yang mencapai 83 miliar USD (versus $ 25 miliar untuk VR). Augmented reality merupakan pasar dengan potensi yang besar dan berkembang sangat pesat. Masuk akal jika perusahaan digital besar seperti Facebook, Google, dan Apple kini telah berinvestasi besar-besaran dalam dunia AR, dan banyak bisnis-bisnis kecil mulai mengikuti jejaknya, termasuk pada bisnis yang menyediakan jasa augmented reality. Pertanyaannya adalah, apakah bisnis Anda bisa ikut merasakan manisnya manfaat dari berkembangnya pasar AR ini? Jawabannya adalah, ya!

Anda tidak harus ikut terlibat secara langsung dalam bisnis AR, tetapi cukup dengan memanfaatkan teknologi AR sebagai teknologi perkantoran untuk diterapkan dalam bisnis Anda, contohnya adalah penggunaan AR untuk marketing. Apa kelebihan AR itu sendiri dalam dunia pemasaran? Teknologi ini masih terbilang baru dan menarik di Indonesia, tentu menjadi tools yang sesuai untuk menarik perhatian konsumen dan menjadikan brand atau produk melekat di hati mereka. Langkah pertama yang harus Anda lakukan sangatlah sederhana, yaitu menemukan penyedia jasa pembuatan augmented reality terbaik dan terpercaya untuk Anda jadian mitra.

Namun, seperti apakah ciri-ciri dari vendor Augmented Reality Indonesia yang berkualitas dan dapat dipercaya tersebut? berikut telah kami rangkum beberapa diantaranya.

1. Responsif

responsif

Ciri pertama dari vendor atau jasa Augmented Reality yang baik adalah tingkat responsif mereka terhadap permintaan layanan dari Anda sejak awal. Jika Anda harus berulang kali menghubungi mereka tanpa jawaban, Anda harus bertanya-tanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar ingin bekerja sama dengan vendor tersebut yang bahkan tidak menanggapi pertanyaan Anda. Jika mereka tidak responsif pada Anda sejak awal, itu bisa menjadi pertanda buruk atas pelayanannya di kemudian hari.

2. Portfolio

portfolio monsterAR

Carilah informasi tentang siapa saja atau perusahaan apa saja yang pernah menjadi klien dari vendor AR yang Anda pilih. Hal ini bisa menjadi tolak ukur akan jam terbang, dan berapa banyak klien yang mempercayai pelayanan dari vendor AR tersebut. Jika Anda mau menggali lebih dalam lagi, Anda bisa bertanya langsung kepada pihak-pihak yang pernah menjadi kliennya. Apakah mereka merasa puas ketika menerima layanan jasa tersebut, atau justru sebaliknya.

3. Services

services monsterAR

Semua orang pasti akan senang jika mendapatkan banyak pilihan ketika hendak membeli atau menyewa suatu produk. Ketika mencari penyedia jasa pembuatan augmented reality, pastikan untuk menanyakan daftar services untuk melihat varian pelayanan apa saja yang dapat mereka berikan. Jika mereka menyediakan pelayanan custom development, berarti mereka bisa membuatkan produk AR seperti apapun yang Anda mau, dan itu merupakan nilai tambah yang patut dipertimbangkan.

4. Empati

Ketika Anda memiliki keluhan terhadap suatu layanan, tentu Anda ingin keluhan tersebut bisa didengar oleh pihak yang memberikan layanan tersebut bukan?

Ini adalah salah satu tolak ukur yang penting dalam menentukan kualitas layanan. Jika vendor AR yang Anda pilih peduli dan mau mendengarkan keluhan Anda, terlebih lagi mau diajak berpikir bersama untuk mencari solusi, ini merupakan pertanda baik untuk pelayanan ke depannya, karena empati atau kepedulian itu penting untuk dimiliki oleh penyedia layanan apapun. Jika mereka tidak mempedulikan setiap permasalahan yang Anda hadapi, bagaimana bisa mereka memberikan layanan terbaik dan tulus dari dalam hati.

Baca juga: Dari Pendidikan Hingga Belanja Online, Berikut Manfaat Augmented Reality untuk Bisnis Anda

5. Kerjasama yang Menyenangkan

Anda dapat mengetahui banyak hal dari interaksi Anda dengan karyawan dari perusahaan di bidang apapun. Tidak berbeda dengan penyedia jasa augmented reality. Karyawan yang tidak sopan atau tidak terdengar antusias untuk membantu Anda dapat menjadi tanda manajemen internal perusahaan yang buruk, dan jelas itu merupakan pertanda yang tidak baik untuk ke depannya.

6. Apakah Anda Bahagia Ketika Menerima Pelayanan Jasa Augmented Reality Tersebut?

Terakhir, tanyakan kembali kepada diri Anda sendiri, apakah Anda merasa puas dan bahagia ketika menerima pelayanan dari vendor AR yang Anda pilih. Karena kepuasan Anda pribadi, masih merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan dalam suatu pelayanan.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih jasa vendor augmented reality yang sesuai untuk Anda. Selain beberapa hal penting tersebut Anda juga harus memperhatikan harga yang dipatok untuk biaya jasa Augmented Reality yang akan digunakan. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan tidak sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan.

Maka dari itu kami MonsterAR hadir sebagai vendor jasa Augmented Reality terbaik yang siap menjawab semua kebutuhan teknologi khususnya Augmented Reality dan Virtual Reality untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi teknologi selengkapnya untuk bisnis Anda.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk project kami selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?