Kepolisian di beberapa negara kini telah merangkul teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu dalam memberantas kejahatan.

Alih-alih menggunakan foto dan potongan rekaman video peristiwa kejahatan, kepolisian Bedfordshire menggunakan Microsoft Hololens untuk merekam adegan kejahatan dengan headset AR di lokasi kejadian, untuk memperlihatkan peristiwa di TKP kepada para penyidik dan petinggi di kepolisian secara keseluruhan.

Ruang 3D yang dihasilkan oleh Hololens secara teori lebih akurat. Petugas dapat datang dan melihat TKP secara virtual, dibanding hanya sekedar melihat foto atau rekaman video yang belum tentu mampu memperlihatkan TKP secara keseluruhan. AR, kini telah merevolusi kepolisian dalam memberantas kejahatan. Polisi di TKP menggunakan headset Augmented Reality untuk merekam adegan kejahatan, mengunggahnya langsung ke kantor pusat, dan penyidik di kantor dapat langsung menyelidiki kasus kejahatan tersebut, praktis sekali kan?

augmented reality kepolisian belanda

Polisi Belanda juga telah mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menggunakan augmented reality di TKP. Tujuan sistem ini adalah untuk membantu atau memandu polisi yang baru pertama kali bertugas di TKP, atau petugas yang terpaksa harus menyelidiki kasus yang bukan bidang keahliannya. Misal seorang petugas polisi datang ke TKP untuk menyelidiki pembunuhan dengan penggunaan racun. Apakah dia tau apa yang bisa dijadikan barang bukti sebagai bahan untuk penyelidikan? Dengan AR, sebuah tanda panah virtual dapat muncul dan menunjuk ke sebuah barang bukti seperti botol, dengan pesan yang bertuliskan “Bag this please”. Dengan AR, petugas yang “kurang” ahlipun, bisa menyelesaikan kasus layaknya seorang ahli.

Ketika petugas polisi di tempat kejadian menjelajahi area TKP, rekaman dari kamera di bahunya atau Hololens dikirimkan kepada para ilmuwan forensik atau spesialis kejahatan di lokasi yang berbeda. Rekan di kantor ini menambahkan informasi dan catatan mulai dari permintaan untuk menjelajahi area tertentu dengan panah besar atau dengan mengarahkan petugas di lokasi untuk mengantongi beberapa barang sebagai bukti pada tampilan AR petugas melalui perangkat yang dipasang di kepala seperti Google Glass.

kacamata google r7

Osterhout Design Group (ODG) yang berlokasi di San Francisco AS, telah merancang sepasang kacamata pintar AR yang disebut R7 yang akan sangat berguna untuk penegakan hukum dan memberantas kejahatan, serta Operasi Khusus dan penegakan lalu lintas. Kacamata ini memiliki perangkat lunak Imaging Biometric Face Recognition Technology Imatra yang dapat dihidupkan ketika petugas polisi melakukan kontak dengan seseorang.

Perangkat lunak mengidentifikasi orang tersebut dengan membandingkannya dengan database dan memberikan informasi seperti nama, alamat, informasi kontak, riwayat kriminal, dan surat tuntutat yang tertunda. Hal ini juga dapat mengidentifikasi pelat nomor kendaraan, membantu petugas melihat dalam gelap, dan memiliki pendeteksi Bahan Peledak dan Modul Residensi Residensi Narkotika (ENRAM) yang memancarkan larik 12 laser yang mampu mendeteksi residu eksplosif atau narkotika pada seseorang atau objek. Selama persidangan di pengadilan, R-7 Smartglasses juga dapat membantu petugas untuk melakukan walk-through di TKP manapun dalam tampilan 3-D sepenuhnya.

kacamata google xloong

Xloong, Perusahaan manufaktur teknologi AR lain di Cina sedang merevolusi kepolisian di Tiongkok. Polisi China di Zhengzhou menggunakan kacamata AR berteknologi tinggi, yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah kuat untuk penegakan hukum, pengawasan, dan memberantas kejahatan.

Kacamata berteknologi tinggi ini dapat mengambil gambar dan menjalankannya melalui basis data pusat untuk mengungkapkan siapa yang mereka lihat dan apa yang orang itu rencanakan. Data yang diungkapkan oleh kacamata tidak hanya terbatas pada catatan kriminal seseorang dan alamat terakhir yang diketahui, tetapi juga mengungkapkan hotel tempat orang tersebut menginap serta tentang penggunaan internetnya selama beberapa waktu terakhir secara detail.

memberantas kejahatan

Departemen Kepolisian New York (NYPD) sedang mengeksplorasi apa saja yang dapat dilakukan dengan Google Glass, untuk membawa augmented reality ke kepolisian. NYPD telah mendapat beberapa pasang Google Glasses, dan mereka sedang diuji coba untuk investigasi, sebagian besar selama patroli.

Biaya Google Glass kira-kira 1,0 lakh rupee (INR 1,00,000) atau $ 1500 lebih, tergantung pada model. Kepolisian di India dan Tamil Nadu dapat meningkat pesat jika kacamata AR atau perangkat seperti R7 digunakan dalam kepolisian sehari-hari.

Berikut ini ilustrasi tentang bagaimana penggunaan kacamata AR akan sangat membantu seorang polisi ketika sedang bertugas:

Ketika seorang polisi yang sedang bertugas di malam hari mengenakan kacamata AR, bertemu dengan seorang pria di jalan, hampir seketika, sistem pengenalan wajah yang tertanam di kacamatanya mengidentifikasi orang tersebut, mengambil semua informasi yang tersedia tentang dirinya mulai dari database termasuk riwayat kriminal masa lalunya, serta surat perintah yang belum ditagih, pelanggaran mengemudi, dll.

Bersamaan dengan itu, kombinasi sensor akan dihidupkan yang secara diam-diam mengeluarkan array inframerah dan sinar lain yang memindai tubuh orang tersebut dan menginformasikan kepada kepolisian apakah dia membawa senjata berbahaya atau barang selundupan.

Jika sensor mendeteksi dan memberi tahu polisi bahwa orang asing tersebut hanya membawa tas dan ponsel di sakunya dan tidak ada yang menyerupai pistol, polisi dapat mengabaikan orang tersebut dan membiarkannya pergi.

Ketika teknologi AR telah matang, pasukan polisi akan sangat menginginkan teknologi ini untuk memberantas kejahatan. Pekerjaan penegak hukum akan menjadi jauh lebih mudah jika mereka dapat mengidentifikasi setiap orang antara sebagai seorang warga sipil yang taat hukum dengan catatan yang bersih, atau penjahat yang berpotensi berbahaya yang layak mendapatkan penegakan hukum.

Bayangkan sebuah skenario, di mana seorang polisi mengejar seorang tersangka yang kebetulan bertemu di Stasiun Metro, dimana polisi akan dapat melihat cetak biru seluruh stasiun Metro bersama dengan tampilan CCTV dari stasiun yang terhubung melalui kacamatanya. Akan sangat mudah bagi polisi tersebut untuk menemukan penjahatnya.

Baca juga: Pelatihan Tentara VR, Masa Depan Untuk Pelatihan Angkatan Bersenjata

Demikian pula, jika polisi sedang mendapatkan tugas untuk mengejar tersangka di sekolah, ketika polisi tiba, sistem pengenalan wajah di kacamata mereka akan dengan cepat memindai dan mengidentifikasi tersangka, dan juga mengungkapkan dari sejarah pribadinya bahwa orang tertentu adalah orang yang menderita gangguan mental, memungkinkan polisi untuk menangkapnya secara berbeda tanpa menembaknya.

Virtual Reality mempertemukan antara dunia nyata dengan dunia digital

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?