Tren teknologi yang akan berlangsung menentukan bagaimana tahun yang baru nanti akan terbentuk, dimana tren tersebut akan mengubah banyak industri dengan cepat di sepanjang tahun 2019 nanti.

Tren teknologi akan mendorong masa depan di mana para pemimpin inovasi teknologi harus berevolusi dan berubah pada kecepatan yang sama dengan tren yang dianut, jika tidak mereka akan tertinggal oleh yang lainnya.

Salah satu kunci utama terbentuknya tren teknologi di tahun 2019 nanti adalah teknologi 5G . Tanpa teknologi 5G, teknologi-teknologi seperti kendaraan otonom, drone, Internet of Things, dan superkomputer tidak akan dapat berfungsi dengan optimal.

Teknologi 5G akan meningkatkan kecepatan pemrosesan lebih dari 10 kali lipat, di mana Ini akan memungkinkan untuk dilakukannya operasi jarak jauh yang sangat diharapkan di daerah pedesaan.

Pembedahan Kecerdasan Buatan mungkin terdengar terlalu futuristik bagi sebagian orang. Namun, ahli bedah robot dengan teknologi AI kini telah membawa inovasi dan akurasi yang baru ke ruang operasi.

Berikut, adalah 5 teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2019.

1. Machine Learning akan meningkatkan Artificial Intelligence (AI)

Inovasi Artificial Intelligence (AI) akan terus membawa terobosan ilmiah, berkat banyaknya data yang dikumpulkan teknologi baru yang kini telah tersedia.

Pada tahun 2019, Machine Learning dan Kecerdasan Buatan akan tertanam dalam platform bisnis yang menciptakan dan memungkinkan operasi bisnis yang cerdas.

Di ranah Artificial Intelligence, Cina akan mengungguli AS dan muncul sebagai pemimpin dalam pengembangan dan penerapan AI.

Kemajuan dalam pelatihan Machine learning dan algoritma akan menghasilkan AI yang baru dan lebih maju. Kendaraan otonom dan robotika adalah dua industri yang akan mengalami perkembangan paling pesat selama tahun 2019.

Di tahun 2019 nanti, akan diadakan konvergensi Kecerdasan Buatan, Pembelajaran Mesin, dan Pembelajaran Mendalam dalam aplikasi bisnis. Ketika AI dan teknologi pembelajaran bekerja bersama untuk mencapai hasil yang lebih baik, AI akan memiliki akurasi yang lebih tinggi di semua tingkatan.

2. Quantum Computing (Supercomputing)

Quantum Computing, yang masih merupakan teknologi baru, adalah salah satu hal yang paling menarik yang telah dikerjakan oleh para peneliti, organisasi, dan pemerintah di sepanjang abad ini.

Dengan daya komputasi kuantum yang luar biasa, komputer akan menjadi layanan cloud dalam waktu dekat. Bhakan kini, IBM juga telah menawarkan layanan komputasi kuantum berbasis cloud.

Komputer kuantum pertama akan memiliki keunggulan signifikan dibandingkan yang lainnya. Pada tahun 2019, kompetensi untuk mencapai supremasi superkomputer akan meningkat.

3. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

augmented reality indonesia

Kemajuan dalam Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Mixed Reality (MR), atau bisa disebut juga R +, akan menjadi tren teknologi dan terus menjadi pusat perhatian selama tahun 2019 dengan beberapa penggunaan praktis baru yang menarik bagi industri.

R +, yang dulu hanya ditemukan di video game kini telah dengan cepat berkembang menjadi alat yang berguna bagi industri seperti desain teknik, manufaktur, perawatan kesehatan, eksplorasi ruang angkasa, dan banyak lagi.

Virtual Reality akan membuka aplikasi industri inovatif yang akan mengubah cara orang bekerja dan berkolaborasi di berbagai sektor.

Augmented Reality telah berkembang dengan pesat dalam bayang-bayang Virtual Reality selama setahun terakhir. Tetapi pada tahun 2019 nanti, AR di prediksi akan tumbuh secara eksponensial.

4. Penerobosan Keamanan Global Internet of Things (IoT)

hacker iot

Peretas tidak pernah tidur. Semua orang yang bekerja di industri cybersecurity tentu tau itu. Selama kita menghubungkan sesuatu ke Internet, itu akan langsung menjadi rentan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat bagaimana peretas beralih ke perangkat Internet of Things (IoT) untuk membuat botnet secara luas yang kemudian dapat mereka gunakan untuk mendorong trafic yang cukup untuk mengalahkan Dyn, penyedia DNS.

Sejumlah besar pelanggaran keamanan yang terjadi selama tahun 2018 seharusnya bisa menjadi peringatan tentang apa yang bisa terjadi pada skala global di tahun 2019 jika organisasi tidak mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Firma analis Gartner memperkirakan bahwa 20,4 miliar hal yang terhubung akan digunakan di seluruh dunia pada tahun 2020. Dan dengan munculnya Internet of Autonomous Things (IoAT) yang merupakan senjata bagi peretas, segala hal yang terhubung dengan IoT akan memiliki tingkat keamanan yang lemah.

Di tahun 2019, sangatlah penting bagi produsen IoT dan semua rantai pasokannya untuk secara dramatis meningkatkan keamanan di semua produk yang akan dipasarkan. Ini bisa berupa kulkas yang terhubung, robot, drone, kendaraan, atau pelacak kesehatan.

Manufaktur harus meningkatkan keamanan untuk bisa bertahan dari penerobosan keamanan IoT global di tahun 2019 nanti.

5. Teknologi Blockchain, Tren Teknologi Untuk Transaksi Digital

tren teknologi blockchain

Perusahaan paling inovatif akan mulai menggunakan Blockchain sebagai cara untuk meningkatkan kolaborasi.

Di tahun 2019, blockchain mengeluarkan transaksi mata uang digital dan menjadi bagian integral dari platform bisnis. Blockchain memungkinkan transparansi transaksional di berbagai fungsi bisnis. Blockchain akan hadir di banyak industri sebagai inti dari inovasi bisnis.

Baca juga: 5 Teknologi Perkantoran Canggih yg Dapat Tingkatkan Omset Perusahaan Hingga Berkali-kali Lipat

Itulah 5 teknologi yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2019 nanti. Dengan semakin banyaknya teknologi yang diterapkan untuk bisnis, tentu tingkat produktifitas dan efisiensi kita dalam bekerja juga akan semakin meningkat dengan pesat, dan bagi mereka yang tidak ikut memanfaatkan teknologi ini tentu akan semakin tertinggal.