Teknologi telah mempengaruhi berbagai industri, termasuk sektor pendidikan, kesehatan, hingga bisnis. Kali ini kita tidak akan membahas teknologi AR/VR, melainkan sebuah teknologi menarik lainnya yaitu Meja Pintar (Smart Table). Keunggulan utama dari media smart table ini adalah terletak pada kemampuannya dalam menyajikan informasi secara interaktif dan efisien, dan dapat digunakan oleh beberapa pengguna secara bersamaan.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa teknologi ini dapat mempengaruhi berbagai industri dan manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Berikut, adalah 5 industri yang dapat merasakan manfaat dari penggunaan media smart table.

1. Smart Table Dalam Sektor Pendidikan

smart table di sekolah

Smart table dapat dianggap sebagai alat teknologi yang membawa berbagai manfaat untuk meningkatkan pengalaman kelas siswa dan guru. Beberapa manfaat penting yang dimilikinya antara lain memudahkan dalam menghafal konten, mengerjakan pekerjaan rumah dan melakukan presentasi. Smart table adalah perangkat pembelajaran interaktif dan praktis yang dapat digunakan oleh beberapa siswa secara bersamaan. Manfaat meja pintar dalam sektor pendidikan tidak dapat diabaikan karena dapat membantu siswa dan guru dalam menangani konsep dan konten yang kompleks.

Meja pintar ini memungkinkan kelompok anak-anak untuk mengerjakan aktivitas yang melibatkan geografi, warna, angka, musik, penjumlahan, teka-teki, dan bahkan mempelajari tentang serangga. Melalui smart table, para siswa dapat menonton film tentang serangga, atau mereka dapat memainkan game edukatif yang dapat mengajarkan tentang berbagai hal.

Smart table ini juga bahkan dapat dihubungkan ke internet, dan di isi dengan berbagai data tambahan melalui flash disk, karena meja pintar ini pada dasarnya merupakan sebuah komputer berukuran raksasa.

2. Meja Pintar, Pengganti Meja Resepsionis

smart table resepsionis

Ya, dengan digunakannya media smart table, sebuah kantor, rumah sakit, atau gedung lainnya tidak lagi memerlukan resepsionis. Lho, kok bisa?

Karena pada dasarnya tugas resepsionis adalah melayani tamu atau pengunjung dengan memberikan informasi hingga menangani antrian. Smart table, memiliki kapasitas untuk melayani layaknya seorang petugas resepsionis, sehingga dengan diterapkannya smart table di lobi kantor, Anda dapat memangkas pengeluaran untuk menggaji resepsionis. Apabila kantor Anda sangatlah besar atau terdiri dari beberapa lantai gedung sehingga membutuhkan lebih dari satu petugas resepsionis, coba bayangkan berapa banyak pengeluaran yang bisa Anda hemat setiap bulannya.

Baca juga: Keunggulan Digital Signage AR, Menarik Konsumen Lebih Mudah dan Konversi Penjualan yang Lebih Pasti

3. Smart Navigation

smart table navigasi

Jika Anda pernah mengalami kebingungan ketika berada di mall yang baru pertama kali Anda kunjungi, cobalah cari smart table terdekat, karena meja pintar ini dapat menjadi solusi atas kebingungan Anda.

Smart table dapat memberikan petunjuk mengenai lokasi fasilitas tertentu yang sedang Anda cari, mulai dari tempat makan, tempat belanja, mushola, hingga lokasi toilet di setiap lantainya. Dan juga, dapat menunjukan lokasi dimana Anda berada, sehingga bisa langsung tau arah mana yang harus di tuju.


Smart table dapat digunakan mulai dari mempermudah hingga mengurangi biaya operasional bulanan

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


4. Digitalisasi Papan Informasi di Museum Dengan Media Smart Table

smart table museum multimedia

Ketika berkunjung ke museum tradisional, tentu Anda pasti akan melihat papan informasi yang tersebar di dalam museum, dan itu memakan tempat yang tidak sedikit.

Dengan media smart table, segala informasi yang dibutuhkan bisa dimuat dalam satu perangkat meja pintar, sehingga space atau ruangan di dalam museum bisa lebih dimaksimalkan untuk menampung lebih banyak barang bersejarah, atau memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada pengunjung.

Tidak hanya smart table saja, di era milenial ini museum bisa dipadu padankan dengan berbagai teknologi canggih seperti Augmented Reality dan Virtual Reality, sehingga terlahirlah museum multimedia yang kini sudah bisa dijumpai bahkan di Indonesia sekalipun, seperti Museum Bank Indonesia (BI) dan Museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI misalnya.

5. Smart Table, Media Antrian Masa Kini

Smart table juga bisa dijadikan sebagai media antrian digital lho, seperti ketika mengantri untuk pengambilan obat di apotik rumah sakit misalnya. Termasuk ketika berbelanja di toko ritel atau swalayan, alih-alih di input oleh kasir, dengan diterapkannya smart table di dalam tempat perbelanjaan, pengunjung dapat melayani dirinya sendiri (self serving). Ambil contoh ketika hendak membeli pulsa atau melakukan pembayaran tagihan melalui toko ritel seperti Indomart, Anda bisa menginput sendiri apa yang ingin dilakukan layaknya ketika menggunakan mesin ATM, kemudian akan keluar struct yang bisa Anda berikan ke kasir untuk di proses, pelayanan kasirpun jadi lebih cepat dan efisien dan tentu itu dapat mengurangi panjang antrian di depan meja kasir.

Itulah, 5 contoh penerapan media smart table di berbagai industri. Selain smart table, masih ada banyak lagi teknologi lainnya yang bisa kami sajikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Klik di sini untuk info lebih lengkapnya tentang layanan teknologi apa saja yang dapat MonsterAR berikan untuk Anda, atau klik di sini untuk terhubung dengan kami.