Salon Wella Professional kini telah mengembangkan sebuah cermin Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pelanggan untuk mencoba berbagai warna rambut secara realtime. Cermin ini memungkinkan pelanggan salon untuk secara virtual mencoba berbagai warna rambut untuk melihat warna apa sih yang sesuai dengan rambutnya, mencari inspirasi warna rambut, serta memastikan cocok atau tidaknya warna rambut yang sedang trend. Teknologi pengenalan wajah yang dimilikinya bisa dibilang sangat mumpuni karena perubahan warna hanya berpengaruh terhadap rambutnya saja dengan akurat.

Teknologi cermin AR ini tentu menjadi angin segar bagi berbagai produk dan pelayanan kecantikan di seluruh dunia, mengingat berbagai keraguan terkadang muncul ketika hendak membeli produk kecantikan, atau mengubah penampilan. Seperti, “pengen nyobain merek ini, tapi cocok apa gak ya”, atau “kalo ganti warna ini pantes gak ya buat wajah dan style paforitku”, atau “pengen potong rambut model gini terus gantu warnanya jadi pink pantes gak ya”, dan sebagainya. Karena dengan teknologi cermin AR, pelanggan bisa mencoba terlebih dahulu secara virtual sebelum membeli atau melakukan sesuatu terhadap penampilannya, dengan begitu keraguan dan ketakutan mereka akan menghilang, mulai yakin dengan keputusan yang akan diambil, dan kemudian terjadi transaksi. Karena menghilangkan ketakutan, kekhawatiran serta keraguan pelanggan, merupakan salah satu teknik marketing yang powerfull. Contoh lainnya seperti jaminan uang kembali apabila produk tidak sesuai dengan expektasi, merupakan salah satu teknik untuk menghilangkan keraguan dan ketakutan pelanggan kan?

cermin ar kecantikan

Baca juga: 7 Prediksi Teknologi VR Yang Kini Telah Menjadi Kenyataan

Cermin AR ini dapat mengambil video 360 derajat, dimana pelanggan dapat melihat setiap sudut rambutnya, dan juga bisa dibagikan ke social media. Klien juga dapat menjawab survei tentang tingkat kepuasan pelanggan dan memasukan alamat email mereka masing-masing, dimana ini dapat membantu salon untuk tetap bisa terhubung dengan para pelanggan yang pernah datang, untuk kemudian bisa di kirimi info terbaru seputar salon, info diskon-diskon yang diberikan, campaign yang di lakukan, dan sebagainya, sehingga dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang kembali lagi, lagi dan lagi. Pelanggan juga dapat mengakses platform untuk terhubung dengan stylist mereka, mendapatkan rekomendasi produk, tips dan tren yang dipersonalisasi, dan menjadwalkan kunjungan berikutnya.


Teknologi AR dapat menjadikan industri kecantikan semakin menarik dan powerful

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Mulai Konsultasi

Ketika masyarakat semakin akrab dengan penggunaan teknologi Augmented Reality, maka akan semakin banyak juga kasus penggunaannya di lini kecantikan. Pengguna dapat mencoba riasan, gaya rambut hingga warna kuku, dan teknologi ini juga kini telah digunakan untuk melatih karyawan, dimana ini dapat memberikan pengalaman langsung secara virtual, dan meningkatkan kecepatan belajar mereka karena dengan mengalami langsung walaupun secara virtual, informasi yang ditangkap juga akan semakin banyak dan kuat.

Selain digunakan pada cermin, untuk kedepannya teknologi ini juga direncanakan untuk menjangkau smartphone dan tablet. Dengan demikian, teknologi ini tetap bisa dirasakan oleh salon yang tidak mampu membeli cermin AR atau tidak memiliki ruang yang cukup. Dan juga, adopsi Cermin AR di salon-salon juga akan semakin banyak karena fleksibilitas teknologi yang dapat bekerja dengan atau tanpa cermin fisik.

Salon-salon di mancanegara kini telah menerapkan keagungan teknologi Augmented Reality melalui cermin AR ini. Sekarang, sudah waktunya bagi calon-salon dan tempat perawatan kecantikan di Indonesia untuk ikut bergerak memanfaatkan teknologi ini, demi memajukan industri perawatan kecantikan di Indonesia.