Penggunaan teknologi dalam kenyamanan hidup manusia kini sudah mulai meluas ke berbagai bentuk dan bidang. Teknologi tidak akan pernah berhenti berinovasi untuk menciptakan perangkat pintar yang modern dan canggih. Teknologi ini tidak hanya diaplikasikan pada peralatan rumah tangga, gadget dan software, fungsi teknologi ini kini mulai menyentuh bidang transportasi dan juga bidang bangunan yang lebih dikenal dengan istilah smart building technology atau rumah pintar.

Secara sederhana, teknologi smart building adalah suatu usaha perancangan suatu bangunan yang dipadukan dengan penggunaan sistem teknologi informasi dan komputer yang bertujuan memberikan keuntungan dan kemudahan. Smart building merupakan konsep yang memadukan desain arsitektur, desain interior serta perangkat elektrik sehingga bangunan yang dirancang mampu memberikan akses mobilitas dan kemudahan kontrol dalam melangsungkan segala kegiatan yang terjadi dalam bangunan tersebut.
Penggunaan konsep smart building juga dapat mengurangi konsumsi energi dalam bangunan dan berkontribusi dalam mereduksi gas CO2 di udara. Karna menggunakan sistem Programmable Logic Controller (PLC) yang berfungsi sebagai unit processing yang terhubung dengan komponen-komponen lain seperti sensor dan actuator untuk membaca dan melaksanakan perintah di dalam bangunan.

Teknologi Smart building mengutamakan efisiensi energi pada sistem pencahayaan dan sehingga akan banyak energi yang bisa dialihkan terhadap kebutuhan lainnya. Selain itu keuntungan penerapan sistem smart building bagi penghuni bangunan antara lain, memberikan tingkat keamanan yang lebih unggul, biaya operasional yang lebih terjangkau karena telah tereduksi secara signifikan, serta memberikan kemudahan dalam melengkapi berbagai fasilitas dalam gedung seperti entertainment dan security system yang lebih lengkap.

Untuk mendapatkan informasi lebih dan mendalam tentang smart building technology, kamu bisa datang ke acara Disini