Malas berwisata ke museum karena kamu menganggapnya kurang seru? Apakah kamu pernah mendengar tentang Museum Virtual? Ini merupakan museum yang akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda dari museum yang sudah kamu ketahui sebelumnya.

Museum ini pertama kali muncul pada tahun 2016 dan dibuat oleh Institut Philadelphia Franklin. Merupakan tahun peluncuran yang tepat mengingat 2016 merupakan tahunnya bagi Virtual Reality.

Di Museum Virtual, kamu dapat mencoba menjelajahi tempat yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Misalnya saja, kamu bisa berjalan-jalan ke luar angkasa, dasar laut, bahkan ke dalam tubuh manusia. Menarik, bukan?

Jika kamu tertarik untuk mencoba atau sekadar mencari tahu, ini dia 5 Museum Virtual terbaik yang ada di dunia.

1. Nanome

Nanome memberi kesempatan pengguna untuk berinteraksi dengan bahan kimia dan protein dalam bentuk tertentu, yang tidak akan pernah kamu alami sebelumnya. Museum ini menawarkan kesempatan emas bagi para pelajar yang menggeluti bidang nanoteknologi. Sehingga para pelajar bisa mencoba dan bersentuhan langsung dengan bahan-bahan yang tidak boleh tersentuh sebelumnya. Hebatnya lagi, Nanome dapat digunakan lebih dari satu orang. Tidak ada yang lebih seru selain meneliti bahan kimia yang sedang kamu teliti bersama rekan kerja.

2. Nefertari: Journey to Eternity

museum virtual mesir

Lain dari yang lain, museum virtual ini akan membawamu kembali ke masa Mesir kuno. Museum ini cocok bagi kamu yang penasaran tentang kehidupan yang terjadi pada masa itu. Semacam perjalanan ke masa lalu dan mempelajari kembali sejarah yang terjadi di masa silam. Latar tempat dari museum virtual ini tidak terlalu gelap dan menyeramkan, sehingga sangat cocok untuk wisata edukasi bagi anak-anak dan remaja. Namun, tentunya tetap di bawah pengawasan orang dewasa.

3. Becoming Homeles

Museum virtual yang satu ini tergolong unik karena mengusung tema tunawisma. Mengeksplorasi bagaimana jika kita menggunakan virtual reality untuk mengetahui kehidupan seorang tunawisma. Tujuannya untuk menumbuhkan simpati dan empati bagi para orang yang beruntung dan tidak mengalaminya. Ternyata, simulasi ini sangat hebat sehingga mampu menumbuhkan ide untuk penulisan dan diskusi di kelas mata pelajaran sosial. Tentunya kamu tidak pernah terpikirkan, bukan, bahwa museum semacam ini ada? Terlebih lagi dalam bentuk virtual reality.

4. Hold The World

museum virtual hold the world

Dibuat oleh Sky dan Sir David Attenborough. Museum virtual ini berfokus pada interaksi penggunanya. Sehingga anak-anak dapat merasakan pengalaman memasuki Museum Britania di London, mempelajari sejarah, dan menyentuh artefak yang ada di sana. Jadi, tak perlu khawatir anak Anda akan merusak artefak yang tidak ternilai harganya, karena virtual reality bisa mengatasinya.

5. Number Hunt


Program Gerakan Digitalisasi Museum dari MonsterAR untuk seluruh museum di Indonesia

|  1. Free Konsultasi  |  2. Free Konsep Design  |  3. Free Estimasi Biaya (RAB)  |

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Mulai Konsultasi

Merupakan museum virtual yang menyajikan pengalaman seperti di dalam game aksi. Anda akan dimanjakan dengan format seru, yaitu sebagai penembak yang sedang memburu musuh di arena tarung. Museum ini sangat cocok bagi kamu yang suka bermain game bergenre action. Museum ini akan memberikan pengalaman bermain yang begitu menegangkan, tapi juga seru.

Baca juga: 5 Teknologi di Museum Digital dan Penerapannya di Indonesia

Museum virtual memang sangat berbeda dengan museum yang biasanya kamu temui. Konsepnya yang modern dan masih tergolong sangat baru ini, sangatlah diminati. Melalui Virtual Reality, kamu diajak menjelajah, tak hanya ke masa depan dan masa silam, tapi juga mencoba hal yang tak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Nah, setelah mengetahui tentang museum virtual, apakah kamu berminat untuk mengunjungi salah satunya?