Sebagai salah satu teknologi yang powerful dalam meningkatkan engagement di bidang marketing, teknologi Augmented Reality adalah hal yang wajib untuk di explore dan terapkan sepenuhnya ke dalam bisnis Anda, terutama di sektor pemasaran.

Augmented Reality didefinisikan oleh Live Science sebagai teknologi yang menambahkan dimensi lain pada cara kita memandang dunia dengan meletakkan informasi ke dalam apa yang saat ini kita alami dalam bentuk visual, suara, dan pengalaman inderawi lainnya. Berbeda dengan realitas virtual, augmented reality mengubah realitas Anda ke tingkat tertentu tetapi tidak membenamkan Anda ke dunia yang berbeda.

Google memiliki caranya tersendiri dalam memanfaatkan teknologi Augmented Reality ini, yaitu dengan menggabungkannya ke dalam produk mereka. Sekarang, mereka mencari cara tambahan untuk menciptakan pengalaman baru bagi pelanggan dan prospek mereka dengan teknologi ini. Meskipun Anda mungkin tidak berada pada titik di mana Anda dapat mengembangkan teknologi, Anda dapat memikirkan cara untuk menggunakan apa yang sudah ada di luar sana dalam strategi pemasaran Anda sendiri. Berikut ini beberapa ide sebagai inspirasi bagi Anda.

Media Iklan

augmented reality adalah media iklan

Strategi konten dan pesan ini tidak harus diterapkan secara unik ke situs web Anda. Anda dapat memasukkan pendekatan “coba sebelum membeli” ke dalam kampanye iklan. Misalkan menggunakan gamification untuk materi iklan Anda. Kunci sukses dalam pemasaran dengan media augmented reality adalah dengan meningkatkan interaksi dan engagement menggunakan augmented reality. Berikan pengguna lebih banyak kontrol ke arah mana iklan Anda akan mengarahkan mereka tanpa kehilangan kemampuan untuk menyampaikan pesan Anda. Buat pengguna merasa diajak berinteraksi alih-alih sekedar ditawarkan produk atau jasa saja.

Anda dapat memasukkan tur virtual dan studi kasus yang dapat dimanipulasi oleh pengguna untuk menavigasi ke penawaran yang memiliki nilai terbesar bagi mereka. Itu juga membantu meningkatkan aspek personalisasi dari apa yang ingin Anda capai.

Pengembangan Aplikasi

pengembangan augmented reality adalah

Jika Anda memiliki anggaran dan team developer AR yang mumpuni, Anda bisa juga mengembangkan aplikasi AR Anda sendiri yang dirancang khusus sesuai kebutuhan bisnis Anda sehingga dapat memungkinkan audiens untuk berinteraksi dengan brand Anda secara lebih langsung. Atau bisa juga bekerja sama dengan vendor Augmented Reality yang handal dan terpercaya untuk dibantu develope aplikasi AR yang Anda butuhkan

Dengan menggunakan strategi ini, beberapa merek telah menemukan bahwa mereka dapat meyakinkan pengguna bahwa aplikasi mereka menyediakan fitur interaksi unggul di banding platform media sosial yang ada. Akibatnya, orang-orang telah bergabung dengan pengguna di aplikasi ini dan menciptakan komunitas berbasis media sosial di sekitar merek Anda. Dorong pengguna untuk berbagi pengalaman augmented reality mereka dalam hal bagaimana mereka menggunakan aplikasi dan apa yang bisa dilakukan untuk mereka.

Konten Pemasaran

augmented reality adalah

Augmented Reality dapat menambahkan konten dari dimensi lain ke lingkungan nyata. Ini memungkinkan audiens Anda untuk berinteraksi dengan konten secara nyata. Anda dapat menyediakan filter atau object AR yang berkaitan dengan produk atau bisnis Anda, kemudian audiens dapat berinteraksi dengan konten tersebut secara nyata, dan disitulah interaksi terjalin dan terciptalah brand stickyness yang kuat pada audiens Anda.

Misalnya, Anda dapat menggunakannya di katalog produk Anda, seperti contohnya yang telah dilakukan oleh PT. TBM dengan AR business cardnya dimana ini bisa juga menampilkan katalog produk mereka dalam tampilan AR.

Izinkan pengguna untuk meletakkan produk di lingkungan tertentu untuk melihat bagaimana itu cocok atau berfungsi untuk mereka. Pertimbangkan bagaimana augmented reality dapat memberikan pengalaman “coba sebelum membeli” sehingga pembeli dapat mengalami pembelian online yang lebih realistis. Dengan cara ini, konten augmented reality bisa menjadi solusi untuk tantangan yang telah menjangkiti industri yang terkait dengan penjualan furnitur, makeup, dan pakaian online. Fokus pada aspek kesenangan, aksesibilitas, dan visualisasi dalam konten augmented reality Anda, dengan mengingat apa yang ingin dilihat oleh audiens Anda dan bagaimana itu akan membantu mereka.

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Augmented Reality Adalah?

Seperti halnya teknologi pemasaran atau platform media sosial, Anda tidak boleh memasukkan augmented reality ke dalam strategi pemasaran Anda hanya karena merasa hal tersebut harus dilakukan atau karena semua orang melakukannya. Jenis teknologi ini mungkin belum siap atau relevan untuk setiap industri. Pastikan Anda dapat secara efektif menggunakan augmented reality dalam satu atau lebih cara yang disebutkan di atas.


Ingin menerapkan teknologi Augmented Reality ke dalam strategi bisnis Anda?

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Sebelum meluncurkan penggunaan augmented reality, coba lagi dan lagi sampai Anda tahu itu menawarkan pengalaman yang benar-benar unik dan menarik bagi audiens Anda. Ini mungkin berarti berinvestasi dalam pengujian pengguna, namun ini tidak akan berakhir sia-sia karena dapat mengoptimalkan strategi pemasaran Anda dalam jangka panjang. Jika Anda bisa membuat audiens bersemangat dari awal, antusiasme virtual akan meningkat secara bertahap.


Baca juga: 5 Contoh Sukses Dalam Pemanfaatan Marketing AR


Take it slow. Tetap selaras dengan perkembangan lebih lanjut dalam augmented reality sehingga Anda dapat menambahkan inovasi teknologi saat Anda terus menggunakannya di seluruh strategi pemasaran Anda dan seterusnya.