Tentu kamu memiliki ponsel android kan? Tetapi pernahkah kamu merasakan pengalaman VR yang luar biasa melalui ponsel androidmu? Bagi kamu yang masih belum paham cara menggunakan VR pada android, inilah beberapa langkah cara menggunakan vr yang harus kamu lakukan untuk bisa menikmati pengalaman VR melalui ponsel androidmu.

LANGKAH PERTAMA

Siapkan ponsel androidmu.

Ponsel menjadi komponen utama dalam pengaturan VR, tidak semua ponsel mendukung pengoperasian mode VR, jadi pertama-tama pastikan dulu bahwa ponselmu mendukung mode VR yaa. Cara mudah mengeceknya adalah dengan mengunduh salah satu aplikasi VR seperti Google Cardboard. Cobalah bermain dengan memutar dan memiringkan ponsel ke beberapa arah. Jika layar dapat mengikuti gerakan, berarti ponselmu mendukung pengalaman VR karena memiliki sensor gyro di dalamnya.

LANGKAH KEDUA

Siapkan headset VR.

Pastikan headset VRmu berfungsi dengan baik. Setiap merek headset VR memiliki pengaturan yang berbeda tentang cara penggunaannya, kamu cukup membaca buku panduan penggunaan headset yang kamu miliki. Atur posisi headsetmu dengan menyesuaikan jarak lensa dengan mata hingga dirasa cukup nyaman untuk digunakan.

Ada beberapa headset yang memiliki roda pengatur jarak pandang untuk memudahkan dalam mengatur penyesuaian seperti Samsung Gear VR dan Homido V2.

LANGKAH KETIGA

Mengunduh konten VR

Kamu dapat mengunduh konten VR di beberapa aplikasi seperti:

• Aplikasi Google Cardboard

Jika kamu menggunakan headset apapun selain Gear VR, maka aplikasi pertama yang harus diunduh adalah Google Cardboard, aplikasi ini akan mengarahkan kamu pada pengalaman VR dengan fitur yang menarik. Aplikasi ini memiliki berbagai demo bawaan seperti, demo VR, pemutar videomu sendiri, membuat video, tur keliling dunia, dan beberapa aplikasi lain yang dapat dinikmati

• Youtube

Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Youtube, beberapa smartphone pasti sudah memiliki aplikasi youtube sebagai aplikasi bawaan.Kamu dapat mengunduh konten video 360 dari youtube untuk dinikmati.

LANGKAH KEEMPAT

Kesulitan dan hal-hal yang perlu diperhatikan.
Ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan ketika mengatur cara penggunaan VR di ponsel android, diantaranya adalah:


Dapatkan aplikasi VR yang di rancang khusus sesuai kebutuhan bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Baca juga: 5 Teknologi Perkantoran Canggih yg Dapat Tingkatkan Omset Perusahaan Hingga Berkali-kali Lipat

• Mobile VR Tidak Sama dengan Tethered VR

Di dunia teknologi modern ini seharusnya kita semua dapat mengakses semua jenis konten VR dari ponsel kita, tetapi sayangnya itu semua belum sepenuhnya bisa dilakukan.

Ingatlah bahwa mobile VR tidak akan memberikan pengalaman yang sama dengan headset PC yang ditambatkan. Namun,  Kamu masih dapat merasakan banyak konten berbeda dari ponselmu.

Kamu harus memperhatikan usia baterai pada ponsel dan headset VR, karena penggunaan dalam jangka waktu yang lama akan menyedot masa pakai baterai dan menaikkan suhu ponsel.

• Jangan Berlama-lama

Radiasi pada penggunaan gadget berbahaya pada tubuh. Pastikan untuk sering beristirahat agar tidak menyebabkan ketegangan dan kerusakan pada mata.