Tidak melulu memerlukan piranti super mahal dan berukuran besar untuk menikmati konten Virtual Reality (VR). Berbekal smartphone Android, siapa saja bisa menjajalnya asalkan mengetahui cara menggunakan VR yang tepat.

Selama ini, VR memang identik dengan harga mahal, baik untuk piranti berupa headset atau kontennya sendiri. Padahal, kecanggihan teknologi semakin membuat harga piranti penunjang VR kian terjangkau. Penggunanya pun bisa menikmatinya kapan saja.

Pengertian Virtual Reality

Sesuai dengan namanya, VR artinya dunia yang sama sekali baru dan berbeda dengan kondisi nyata. VR mengajak penggunanya menyelami dunia visual dalam ranah virtual dalam format tiga dimensi. Sekali menginjak ke dalam dunia ini, pemakainya akan mengarungi fantasi yang seru, hidup, dan imersif. Konten VR dibuat melalui simulasi komputer sesuai dengan keinginan. Pemakaian VR sendiri paling populer di kalangan gamers tetapi dalam perkembangannya, VR sudah merambah ke dunia bisnis. Mulai dari sektor hiburan hingga pendidikan, penerapan VR kian marak sebab mempercepat tercapainya tujuan sesuai kebutuhan bisnis atau organisasi.

Cara Mengakses Virtual Reality

Berikut tiga cara untuk bisa mengakses VR:

1. VR website

Cara menggunakan VR erat kaitannya dengan bagaimana Anda mengaksesnya. Dan yang pertama adalah mengaksesnya melalui website baik dari laptop atau smartphone. Yang perlu dicatat adalah koneksi Internet yang cepat dan stabil. Cukup cari website browser yang kompatibel dengan perangkat headset VR untuk mengakses VR. Kekurangan dari VR website terletak pada fiturnya yang cukup terbatas dan lebih sederhana.

2. Standalone VR

Dikenal juga sebagai all-in-one headset, VR standalone terhubung dengan bawaan prosesor layar dan baterai internal tanpa menggunakan kabel. Keunggulannya tentu saja Anda bisa menikmati konten VR tanpa membutuhkan perangkat komputer tambahan.

3. Headset VR mobile

Ketiga, headset VR mobile yang memakai lensa untuk mengubah smartphone menjadi perangkat VR. Nilai plusnya adalah harganya yang relatif lebih miring serta jauh lebih praktis. Tidak perlu lagi kabel untuk mulai mengakses konten VR sebab tugas ini sudah dilakukan oleh ponsel dengan jenis tertentu.

cara menggunakan VR

Tahap Demi Tahap Cara Menggunakan VR di Smartphone

Baca juga: Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

1. Gunakan ponsel yang memang mendukung

Tidak semua jenis smartphone kompatibel dengan VR. Cek terlebih dahulu apakah ponsel Anda memang mendukungnya. Carannya, unduh salah satu aplikasi VR, contohnya adalah Google Cardboard. Setelahnya, putar dan miringkan smartphone ke beberapa arah. Apabila layar mengikuti perubahan gerakan, ponsel Anda berarti mengandung sensor gyro yang membuatnya kompatibel dengan VR.

2. Persiapkan headset VR

Cara menggunakan VR kedua adalah mempersiapkan headset VR. Baca terlebih dahulu panduannya sebab setiap headset mempunyai petunjuk penggunaan yang berbeda. Atur jarak lensa dengan mata agar headset nyaman dan aman dipakai. Beberapa brand, seperti Samsung Gear VR dan Homido V2, menyediakan roda pengatur jarak pandang agar pengguna lebih mudah menyesuaikan jarak lensa dengan mata mereka.

3. Unduh konten VR

Ada beberapa aplikasi dimana Anda bisa mengunduh konten VR, seperti:

Google Cardboard wajib diunduh bagi Anda yang memakai headset apa saja selain Gear VR. Google Cardboard akan menyediakan pengalaman VR dengan berbagai fitur seru. Di dalamnya sudah tertanam demo bawaan, seperti demo VR, cara membuat video, tur penjelajahan dunia, hingga pemutar video pribadi.

Apabila Google Cardboard terdengar asing, seharusnya tidak demikian dengan YouTube. Carilah jenis smartphone yang sudah mengandung YouTube secara bawaan lalu unduh konten video 360 dari YouTube untuk memulai mengakses konten VR.

4. Perhatikan ketentuan tambahannya

Dalam rangkaian cara menggunakan VR, ada baiknya Anda memahami betul sifat khas menikmati VR melalui smartphone. Pengalaman menikmati VR melalui desktop dan smartphone tetaplah berbeda. Jika memakai smartphone, perhatikan suhu ponsel dan masa pakai baterai pada ponsel dan headset VR. Karenanya, hindari menikmati konten VR via ponsel dalam waktu lama. Selain lebih cepat menggerus masa hidup baterai dan membuat ponsel panas, radiasi berlebih bisa membuat mata tegang, bahkan hingga rusak.

Perangkat VR untuk Android

1. Google Cardboard

Tidak berlebihan rasanya menyebut Google Cardboard sebagai kotak kardus ajaib. Dengan ukuran relatif kecil, Google Cardboard mempunyai lensa fokus 45 mm dan bisa dipasang di kepala. Ia sudah cocok dengan perangkat Android dan menyertakan tag NFC. Pengguna bisa melakukan pembayaran dengan tag NFC ini tanpa kontak.

Konten VR dalam Google Cardboard dapat Anda nikmati dalam 360 derajat. Saat sedang asyik menikmatinya, Anda bisa melakukan tangkapan layar agar bisa melihatnya di kemudian hari. Anda bisa merakit Google Cardboard sendiri dengan memakai komponen berharga murah dengan mengikuti petunjuk dari Google. Jika tidak ingin terlalu repot, cukup beli paket manufacturer kit dengan komponen komplit, seperti lensa, kardus bawaan, hingga  garis die-cut.

2. Oculus Quest 2

Oculus Quest 2 menawarkan sistem intuitif dengan sinematik 3 dimensi sebagai fitur sound system­ di dalamnya. Headset Oculus Quest 2 sama bagusnya untuk mengakomodir penggunanya dalam bermain game atau streaming konten dengan pengalaman optimal. Oculus Quest 2 memang tidak dirancang khusus bagi smartphone Android. Namun, Anda tetap bisa menikmatinya dengan menyambungkannya dengan smartphone Android.

3. Samsung Gear VR

Samsung sendiri merupakan pabrikan smartphone dan produk elektronik yang sudah populer secara global. Produsen asal Korea Selatan ini turut mengembangkan Samsung Gear VR untuk meramaikan pasar headset VR. Keunggulannya adalah bobotnya yang ringan dan nyaman digunakan, termasuk bagi pengguna kacamata. Cukup sematkan Samsung Gear VR ke ponsel untuk mulai menikmati konten VR di dalamnya.

4. Merge AR/VR headset

Yang ini sudah bisa dipakai oleh anak kecil berumur minimal 10 tahun. Orang tua bisa memanfaatkan headset ini untuk menyampaikan bahan pendidikan, seperti luar angkasa dan makhluk hidup, ke si kecil dengan cara menyenangkan. Merge AR/VR headset kompatibel minimal dengan smartphone Android dengan sistem operasi mulai dari Android 8. Jenis smartphone yang kompatibel mulai dari Android Galaxy S8 dan setelahnya.

Baca juga: Panduan Lengkap dalam Memilih Virtual Reality Game Jakarta Terpercaya

5. VR Box 2

Murah tapi bukan murahan. VR Box 2 mempunyai mutu yang bagus meski berharga lebih terjangkau. Anda bisa mengandalkan VR Box 2 untuk menonton film dan bermain game. Dengan sistem sliding di dalamnya, Anda bisa lebih mudah meletakkan ponsel dalam slide tray. Tetapi, mendapatkan headset ini agak susah sebab produksinya sudah dihentikan.

Contoh Aplikasi VR di Android

Terdapat banyak sekali aplikasi VR yang bisa dijajal. Berikut pilihannya:

1. Google Daydream

Jelajahi koleksi video dan games dalam versi VR di dalam Google Daydream. Selain seru, konten selalu diperbaharui agar Anda tidak merasa bosan.

2. Titans of Space

Titans of Space merupakan aplikasi penjelajahan dalam format VR untuk menikmati petualangan tidak terlupakan di berbagai planet dan benda luar angkasa lainnya. Anda bisa memadukannya dengan perangkat Google Cardboard.

3. InCell VR

Satu lagi pilihan aplikasi yang ramah bagi anak kecil. InCell VR sangat cocok bagi si buah hati yang ingin mengetahui lebih tentang tubuh manusia. Mereka akan seperti diajak menyelami badan sendiri untuk mengetahui kinerja tubuh, komponen badan hingga aspek biologis di dalamnya. Mereka akan banyak belajar tentang anatomi tubuh dengan cara yang mengasyikkan.

4. Minos Starfighter VR

Inilah pilihan yang pas bagi gamers, khususnya yang ingin berpetualang di luar angkasa. Di dalam aplikasi ini, Anda akan mengambil peran sebagai seorang pilot yang bertarung untuk mengalahkan alien di luar Bumi dengan pandangan realistis.

5. Netflix VR

Platform online streaming Netflix VR bukan hanya menawarkan film dan serial. Kini, Netflix menyediakan Netflix VR dengan fitur agar konten bisa bergerak mengikuti gerakan mata Anda. Untuk mengaktifkannya, sambungkan dengan headset VR, seperti Oculus, Daydream, dan Google Cardboard.

6. Altspace VR

Kaum pekerja bisa memanfaatkan Alspace VR untuk menghadiri rapat virtual, acara virtual, hingga live streaming. Tentunya, Anda tetap membutuhkan headset VR, seperti Vive, Oculus, atau Gear VR.

Altspace VR mulai terkenal akibat pandemi COVID-19 yang membuat orang terpaksa bekerja dari rumah agar terhindar dari paparan virus ini. Agar tetap terhubung dengan rekan kerja, Anda bisa menggunakan Altspace VR untuk rapat virtual, makan bareng, hingga menonton film secara real-time. Jangan lupa ya untuk menggunakan headset.

7. VR Cinema

Pengalaman menonton film akan jauh lebih seru dengan aplikasi VR Cinema di smartphone Android. Caranya, unggah file film berkualitas HD dalam format MP4. Lalu, aplikasi ini akan mengajak Anda menonton dengan tampilan video 360 derajat sehingga film terlihat sangat realistis.

8. Plex VR

Plex VR pas bagi Anda yang mempunyai smartphone Androd yang cocok dengan headset Daydream. Plex VR efektif untuk mengakomodir keseruan menikmati konten multimedia, seperti video, musik, dan foto. Dari yang awalnya terbatas pada ponsel biasa dan smart TV, Plex VR kini sudah terhubung dengan VR dan bisa dinikmati bersama teman dan seluruh anggota keluarga.

Itulah cara menggunakan VR, aplikasi VR di Android, hingga perangkat VR di sistem operasional Android. Semoga bermanfaat!

Dapatkan aplikasi VR yang di rancang khusus sesuai kebutuhan bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?