Kiosk adalah sebuah perangkat atau mesin yang menggabungkan antara hardware dan software yang digunakan sebagai media penyampaian informasi, promosi, transaksi ticketing dan lain-lain. Bentuk dari kiosk ini umumnya seperti ATM. Sekarang kiosk sudah banyak diterapkan di berbagai tempat untuk berbagai macam keperluan.

Seperti halnya di dunia perbankan kiosk digunakan sebagai salah satu cara untuk mempermudah proses transaksi. Beberapa Bank sudah menggunakan mesin kiosk namun tidak hanya untuk mesin pencetak nomor antrian. Kini sudah dikembangkan beberapa kiosk dengan fitur yang lebih canggih lagi untuk membantu pelayanan transaksi perbankan dimanapun.

Ada hal yang sangat mencengangkan bahwa beberapa bank mengalami peningkatan jumlah pembukaan rekening baru dengan menggunakan kiosk. Seperti PT. Bank Commonwealth, tercatat pada kuartal 1 di tahun 2019 pertumbuhan jumlah rekening baru meningkat 41% dibandingkan tahun 2018, hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan nominal dana tabungan hingga 7%.

kiosk adalah solusi transaksi digital

Menurut pihak Bank Commonwealth itu sendiri bahwa kenaikan jumlah pembukaan rekening baru lebih dari 95% nya memang didukung oleh kemudahan pembukaan rekening melalui Commbank e-Kiosk. Biasanya proses pembukaan rekening baru memakan waktu 40 menit hingga 1 jam, mulai dari pendaftaran, pengisian formulir, pembuatan buku tabungan sampai pengaktifan kartu ATM dan internet maupun mobile banking. Dengan adanya Commbank e-Kiosk nasabah hanya memerlukan waktu 10 menit saja. Nasabah juga memiliki keuntungan dengan mengaktifkan langsung semua fasilitas seperti kartu ATM, layanan internet banking dan mobile banking.


Kiosk meningkatkan jumlah transaksi dan meningkatkan omzet bisnis Anda?

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Baca juga: 5 Manfaat Digital Signage Bagi Bisnis Anda, Mulai Dari Branding Hingga Meningkatkan Omzet Puluhan Kali Lipat

Cara pendaftarannya sangat mudah, nasabah hanya perlu datang ke lokasi yang menyediakan mesin Commbank e-Kiosk. Disana sudah ada petugas yang akan mendampingi nasabah untuk memandu mulai dari scan KTP dan NPWP, pengisian form secara digital kemudian mendapatkan kartu ATM yang dapat digunakan secara langsung. Terdapat lebih dari 150 titik kiosk di Indonesia, mulai dari beberapa kantor cabang, dan tempat- tempat umum seperti beberapa department store yang lokasinya  mudah dijangkau oleh nasabah.

Penggunaan kiosk menjadi strategi yang sangat tepat dalam usaha meningkatkan pertumbuhan dana pihak ketiga pada dunia perbankan. Kiosk adalah media yang tepat dan diharapkan menjadi tren yang positif agar beberapa lembaga perbankan lainnya mampu mengikuti jejak kesuksesan dari Commonwealth.