Banyak hal yang dikategorikan sebagai “hologram“, namun hal itu tidaklah sepenuhnya benar-benar merupakan hologram. Masing-masing teknologi hologram projection yang menciptakan gambar 3D atau ilusi gambar 3D, dihasilkan melalui berbagai metode yang berbeda, serta dalam media dan tujuannya yang berbeda pula. Mulai dari konser dan periklanan, hingga instalasi komunikasi dan seni, teknologi hologram projection telah menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa contoh hologram menakjubkan yang memiliki lebih dari sekedar visual yang memukau.

1. Hatsune Miku: Menyamarkan Garis Pembatas Antara Anime dan Realita

Mungkin Vocaloid yang paling terkenal hingga saat ini adalah Hatsune Miku, seorang superstar anime berambut panjang yang menghibur penonton manusia di seluruh dunia.

Sama seperti aksi Tupac milik Coachella, Miku dihidupkan melalui grafik komputer dan panel kaca yang ditempatkan dengan hati-hati. Dengan teknologi hologram projection, Miku tidak hanya dapat berkeliling dunia tanpa benar-benar bepergian tetapi juga mengaburkan batas antara anime dan kenyataan. Meskipun teknologi di balik penampilannya sudah kuno, tren Vocaloid telah membuka pintu bagi masa depan yang menarik bagi para artis yang tidak perlu menjadi manusia atau bahkan hadir secara fisik untuk menghibur kita.

2. Fairy Lights: Hologram yang Bisa Anda Sentuh

13 Hologram Projections Around the World That Are More Than Just a Pretty Display

2015 terbukti menjadi tahun yang penting bagi teknologi hologram, dimana ini merupakan tahun lahirnya hologram yang bisa Anda sentuh.

Pixie Dust Technologies, sebuah perusahaan teknologi dari Jepang menciptakan Fairy Lights dalam Femtoseconds – hologram nyata yang diciptakan oleh laser ultra-cepat.

Laser meledak pada seperempat miliar detik, dan membuat gambar tiga dimensi dengan mengionisasi udara. Rupanya, penampakan-penampakan kecil itu terasa tidak berbeda dengan amplas. Penerapan teknologi hologram semacam ini dapat membawa kita lebih dekat ke hologram realistis yang terasa nyata di masa depan.

Baca juga: 5 Teknologi Perkantoran Canggih yg Dapat Tingkatkan Omset Hingga Berkali-kali Lipat

3. Holographic Whisper Pixie Dust Tech: Hologram Audible

13 Hologram Projections Around the World That Are More Than Just a Pretty Display

Sebagai inovator, Pixie Dust Technologies menarik lebih banyak perhatian di tahun 2016 dengan Holographic Whispernya, yaitu perangkat yang memusatkan suara menjadi bentuk 3D yang terlihat. Teknologi luar biasa ini menggunakan ultrasonik untuk menunda gelombang suara di udara yang tipis.

Gelombang suara ini dikonsentrasikan ke dalam satu titik fokus tunggal, yang memungkinkannya beroperasi mirip dengan speaker tanpa perangkat keras apa pun. Dengan teknologi seperti ini, mungkin suatu hari nanti konser dan acara dimana suara holografik digunakan sebagai pengganti speaker bisa menjadi kenyataan.

4. Meja Hologram Multi-Pengguna

13 Hologram Projections Around the World That Are More Than Just a Pretty Display

Meja ini memungkinkan beberapa pengguna untuk berinteraksi dengan data secara visual. Pengguna harus mengenakan kacamata khusus untuk berinteraksi dengan meja hologram ini. Cara kerja dari meja hologram ini adalah dengan memisahkan frekuensi cahaya dan mengatur gambar sebagaimana seharusnya terlihat. Meja hologram ini dapat dimanfaatkan mulai dari untuk kebutuhan strategi militer hingga desain arsitektur.

5. Hypervsn: Mengubah Cara Beriklan

Dari semua teknologi hologram yang terdapat di daftar ini, Hypervsn mungkin terlihat seperti sesuatu yang terinspirasi dari film fiksi ilmiah. Tampilan yang mengesankan dapat digunakan untuk mengiklankan hampir semua produk, seperti yang bisa di lihat pada video di atas.

Hypervsn menciptakan tampilan hologram dari hasil LED yang berputar dengan cepat untuk menciptakan ilusi objek tiga dimensi. Menarik bukan? Dengan metode promosi yang menarik, tentunya akan lebih meningkatkan minat konsumen.

6. Hologram Interaktif THÉORIZ: Tempat Dimana Seni dan Sains Bertemu

Organisasi seni Prancis, THÉORIZ, membuat teknologi hologram projection yang menakjubkan. Mereka menginstalasi seluruh ruangan yang diproyeksikan dengan gambar yang merespons pergerakan waktu nyata.

Organisasi ini terdiri dari seniman dan insinyur yang membuat segalanya mulai dari peristiwa pemetaan proyeksi skala besar hingga instalasi interaktif. Mereka menggunakan kombinasi proyeksi, teknologi pelacak gerak, dan teknik augmented reality.

Baca juga: Pesona Industri Game Virtual Reality Jakarta dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

7. Menonton TV Dalam Tampilan Hologram

Anda bisa menonton hologram dengan nyaman di rumah Anda sendiri layaknya menonton TV. Perangkat ini berupa kotak kaca, dan memungkinkan pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan gambar hologram tanpa bantuan kacamata atau headset. Teknologi ini menjanjikan sejumlah aplikasi yang memungkinkan untuk teknologi hologram, termasuk memberikan ibu hamil kesempatan untuk melihat pindaian bayi mereka yang belum lahir dalam tampilan 360 derajat sepenuhnya.

8. Berkomunikasi Jarak Jauh Dalam Wujud Hologram Kini Menjadi Nyata

Siapa yang butuh Skype jika sebenarnya Anda bisa mengobrol langsung dengan orang tercinta dalam tampilan hologram seukuran manusia? Awal tahun 2018 silam, peneliti dari Queen’s University Kanada meluncurkan TeleHuman 2, yaitu sebuah platform holografik untuk mengobrol secara real-time dengan tampilan 3D 360 derajat sepenuhnya .

Tiga kamera merekam gambar orang yang sedang berinteraksi, di mana kemudian ditransmisikan dan ditampilkan dalam silinder kaca. Kaca reflektif, dipasangkan dengan lingkaran 40 proyektor, dan menampilkan objek 3D melalui teknologi hologram projection. Bukankah teknologi semacam ini sebelumnya hanya ada di film? Seiring majunya teknologi apapun menjadi mungkin untuk dikembangkan. Jarak bukan lagi hambatan bagi mereka yang ingin tetap berkomunikasi secara real-time dengan orang – orang terdekat.

9. Tupac Hologram: Awal Dari Tren Teknologi Hologram Projection di Atas Panggung

Tupac sendiri dengan hati-hati ditampilkan melalui CGI yang canggih oleh Digital Domain, efek 3D dirinya secara keseluruhan tampil di panggung dan diciptakan melalui cara yang lebih analog.

Panggung itu dilengkapi dengan panel kaca, di belakangnya adalah proyektor yang memainkan animasi Tupac. Gambar memantul dan terproyeksi dari kaca, memberikan ilusi sosok tiga dimensi.

10. Aerial Burton: Hologram Laser Plasma 3D

Pixie Dust Technologies bukan satu-satunya yang memanfaatkan semburan laser femtosecond untuk membuat hologram yang menakjubkan. Perusahaan Jepang, Aerial Burton, juga telah menciptakan hologram touch-sensitive menggunakan teknologi serupa.

Hologram mereka telah menarik perhatian pers pada tahun 2015 silam karena merupakan satu dari beberapa hologram pertama yang tidak memerlukan layar untuk memproyeksikannya.

Prototipe Aerial Burton pertama mengionisasi udara menjadi plasma sedemikian panas sehingga bisa membakar kulit. Dengan mempercepat kecepatan dan frekuensi semburan lasernya, mereka mampu membuat hologram yang aman untuk disentuh.

11. Melayani Pelanggan Dengan Teknologi Hologram Projection

Dalam waktu dekat, hologram dapat membantu Anda menemukan barang yang tepat di toko. Itu semua berkat VNTANA dan mitra mereka, Satisfi Labs, yang telah menciptakan AI holografik yang dapat menyapa dan melayani tamu manusia.

Sementara Satisfi Labs menangani masalah AI, VNTANA menyediakan teknologi hologram. Proyeksi merespons secara real-time kepada pengguna manusia dan memanfaatkan teknologi cloud untuk belajar dan beradaptasi sesuai perannya. Hologram tersebut bahkan dapat memesan stok barang untuk pelanggan, jika mereka memintanya.


Teknologi Hologram membuat segalanya yang tidak mungkin menjadi mungkin

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kecanggihan teknologi saat ini membuktikan bahwa hal yang sangat mungkin menjadikan semua yang biasanya hanya fiktif dalam sebuah film, menjadi suatu hal yang nyata dan benar – benar ada dan dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan pribadi hingga untuk bisnis Anda.