Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang terintegrasi dari dunia digital yang diciptakan oleh komputer ke dunia nyata secara real time dan mengikuti lingkungan yang ada di dunia nyata. Hal ini menjadi nilai tambah bagi AR dan diminati oleh banyak orang. Selain itu AR sangat bermanfaat dalam berbagai bidang dan salah satunya adalah AR sebagai media promosi.

AR sebagai media promosi sangat berguna sekali karena akan menjadi hal yang baru bagi banyak orang. Terbukti sudah ada beberapa perusahaan yang menggunakan kecanggihan teknologi AR dalam membantu mempromosikan produk mereka ke pelanggan seperti contohnya aplikasi AR yang kami buat untuk MU Weber. MU Weber adalah salah satu produsen mortar instant terbesar dengan skala Internasional.

Hal ini juga dilakukan oleh perusahaan makanan cepat saji yaitu Burger King yang menggunakan teknologi AR sebagai kampanye produk mereka. Hal ini menjadikan terobosan baru bagi mereka untuk lebih menampilkan konsep kampanye yang lebih interaktif dan menarik bagi pelanggan mereka.

Untuk kampanye ini, Burger King  bermitra dengan  lembaga Jerman Grabarz & Partners dan mengangkat konsep bertema clown twist AR. Oleh karena itu Burger King bekerja sama dengan sekuel film IT Chapter 2 yang sudah tayang di bioskop Indonesia sejak tanggal 4 September 2019.

ar media promosi

Image Source : 1.bp.blogspot

Dengan judul ‘Escape the Clown,’ kampanye interaktif ini akan menawarkan pengguna kesempatan untuk mendapatkan kupon gratis dari lokasi Burger King terdekat. Namun untuk mendapatkan kupon gratis tersebut, pengguna akan diberikan tantangan dan harus menyelesaikannya sesuai batas waktu yang sudah ditentukan.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Anda Harus Segera Menerapkan Teknologi AR di Kartu Nama Anda

Untuk dapat memainkan kampanye dan memenangkan hadiah kupon gratis ini, pengguna bisa menggunakan smartphone mereka dengan sistem operasi IOS dan Android. Pengguna diharuskan untuk mendownload aplikasi MyBK (My Burger King) yang sudah tersedia di kedua sistem operasi tersebut. Pengguna yang berada di Jerman dapat mengunjungi McDonald’s terdekat untuk menemukan majalah yang di dalamnya sudah di sisipkan iklan khusus dan scan iklan tersebut dengan kamera AR dari aplikasi MyBK untuk merasakan pengalaman Escape the Clown.

ar media promosi

Image Source : 1.bp.blogspot

Setelah majalah itu Anda pindai dengan smartphone, nantinya akan ada iklan AR yang tampil dan memunculkan beberapa balon 3D dengan tulisan “Escape the Clown” yang sudah tertulis di atasnya muncul di majalah. Nantinya akan ada pesan tersembunyi yang muncul di bagian atas iklan, dan mengarahkan pengguna untuk pergi dari McDonald’s dan memberikan petunjuk ke lokasi Burger King terdekat. Jika pengguna dapat sampai ke tujuan dalam waktu tertentu, aplikasi yang menerapkan sistem geotag ini akan memberi mereka kupon untuk mendapatkan burger gratis.


Augmented Reality tingkatkan brand image dan berikan pengalaman interaktif kepada audience 

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Hal ini mendapatkan respons yang sangat baik dari para pelanggan yang ingin segera untuk  mencoba menggunakan aplikasi dengan teknologi AR yang sangat menarik ini. AR sebagai media promosi memang sudah jelas dapat membantu mempromosikan produk kepada pelanggan. Dengan kelebihan dan kecanggihan yang dimiliki oleh AR ini akan membuat pengguna merasakan sesuatu hal yang baru dan tentunya sulit untuk dilupakan. AR sebagai media promosi produk akan memiliki potensi yang sangat besar dan semakin berkembang dimasa depan.