Di dunia ini, siapa yang mampu mengabaikan kecanggihan teknologi hologram? Di masa depan, hologram akan menjadi teknologi yang tidak akan bisa terpisahkan dari kehidupan manusia. Dan jika layanan teknologi hologram ini diterapkan untuk pemasaran dan branding bisnis Anda, tentu semua mata akan tertuju pada brand atau produk Anda.

Selain sebagai media hiburan, teknologi hologram juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis dengan memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik dalam event-event dan pameran. Salah satu contohnya adalah dalam bidang property, dengan menampilkan model rumah tinggal dalam tampilan hologram sehingga pengunjung dapat melihat bentuk rumah secara keseluruhan dari semua sudut secara realtime, dengan berbagai animasi yang tentunya bisa menambah ketertarikan pengunjung untuk melihat, dan secara otomatis menambah value dari sisi marketing dan branding bisnis Anda.

Secara garis besar, terdapat 3 jenis layanan teknologi hologram dengan fungsi dan keunggulannya masing-masing.

1. 3D Holobox

Teknologi hologram box, 3D box hologram atau holobox memungkinkan Anda dan rekan berinteraksi layaknya bertatap muka walau dari jarak jauh seperti dalam film fiksi ilmiah. Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengontrol gambar dengan ponsel pintar yang terhubung melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Komputer tablet atau laptop yang terpasang ke kotak menjalankan aplikasi untuk memasukkan gambar ke proyektor, kemudian akan menyesuaikan apa yang dilihat berdasarkan input dari pengontrol.

Tidak hanya dengan manusia sungguhan saja, teknologi holobox memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan sosok virtual dan menjadikannya hidup, dan kita juga bisa memberikan perintah untuk melakukan hal tertentu dari jarak jauh seperti pada video dibawah ini.

3D Box Hologram bekerja dengan cara memproyeksikan gambar di dalam prisma plexiglass berlapis, yang memungkinkan kita untuk melihat karakter virtual dan konten dari sudut pandang yang berbeda. 3D holobox menggabungkan elemen proyeksi 3D dengan trik optikal yang disebut “Pepper’s Ghost,” di mana objek didalamnya tercermin pada panel kaca. Sebuah proyektor di dalam box memancarkan empat gambar dari objek yang sama ke dinding prisma, membentuk satu gambar sehingga tampak seolah berupa obyek tiga dimensi.

Selain untuk hiburan, hologram box dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan inovasi dalam pemasaran. Pemakaian hologram box, misalnya, dapat Anda pilih untuk membentuk branding perusahaan, terutama yang bergerak di bidang properti.

Bayangkan jika pengunjung dapat bermain-main dengan model rumah yang sudah Anda siapkan, dan sudah kami kemas melalui media hologram box, bukankah itu akan sangat menarik? Orang di sekitar akan melirik dan berkumpul memperhatikan, yang menjadikan hologram box ini memiliki keunggulan untuk menarik kerumunan dan meningkatkan engagement audiens. Tentunya mereka akan memperoleh pengalaman yang spesial. Berkat hologram box, model rumah dapat berwujud 3 dimensi dengan isi yang lengkap dari berbagai sudut. Belum lagi, Anda dapat menambahkan animasi untuk menjadikan model rumah tersebut lebih menarik lagi.

2. 3D Holostage

Teknologi  3D Holostage merupakan cara yang benar-benar baru dan inovatif dalam menghadirkan produk dengan cara mengesankan kepada pelanggan secara tiga dimensi. Tidak seperti bentuk presentasi konvensional, pelanggan mendapatkan kesan yang jauh lebih realistis dalam detail produk yang ditampilkan. Selain itu, hologram tidak hanya berfungsi untuk menampilkan produk tiga dimensi, tetapi juga dapat mewujudkan efek visual seperti api, hujan, kabut, atau asap, yang tidak dapat dibuat oleh bentuk presentasi lain.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Teknologi AR Kini Semakin di Lirik Oleh Berbagai Bisnis

Kasus penggunaan holostage lainnya adalah sirkus Roncalli yang berasal dari Jerman, menjadi grup sirkus pertama di dunia yang menampilkan hewan dengan teknologi proyeksi hologram 3D dalam pertunjukan aksinya. Alih – alih menggunakan hewan asli, sirkus ini berhasil menciptakan sesuatu yang berbeda di dunia hiburan.

Sirkus Roncalli menjadi penggebrak dunia pertunjukan sirkus pertama yang mampu menyajikan pertunjukan luar biasa dengan menampilkan hewan – hewan dalam proyeksi hologram 3D. Inovasi ini nyatanya mampu meningkatkan antusias penonton meskipun tidak menggunakan hewan asli dalam pertunjukannya.

Pada pertunjukan tersebut, ada beberapa hewan yang beraksi mempertontonkan kebolehannya, mulai dari kuda hologram yang muncul dan beraksi mengelilingi panggung sirkus, serta gajah dan bahkan juga ikan.

Langkah untuk tidak menggunakan hewan dalam sirkus disambut positif oleh banyak aktivis hak-hak hewan karena selama ini banyak hewan yang tidak diperlakukan dengan baik di sirkus. Umumnya para hewan yang biasa tampil dalam sirkus mengalami penyiksaan yang berat selama latihan. Inilah yang menjadi dasar sirkus Roncalli mulai menghentikan pertunjukan hewan asli dan menggantinya dengan proyeksi hologram 3D.

3. 3D Holofan

Teknologi hologram bisa sangat menguntungkan dari sisi pemasaran, karena masyarakat Indonesia suka dengan hal baru dan pengalaman yang berbeda. Audiens akan merasakan bahwa mereka dapat langsung tertarik secara emosional pada tampilan produk yang disajikan melalui media holofan.

Contoh bisnis lainnya adalah dalam bidang periklanan. Dengan menggunakan layanan teknologi hologram melalui media holofan, Anda dapat membuat iklan produk atau jasa Anda lebih inovatif dan segar. Dari sini saja, siapapun yang melihat akan mendapatkan citra brand Anda sebagai perusahaan yang mengedepankan teknologi tanpa mengesampingkan manfaat produk atau jasa yang ditawarkan.

Teknologi holofan menjadi cara ideal untuk menyajikan materi kompleks dengan cara yang ilustratif dan langsung. Menyajikan sebuah produk tidak hanya cukup dengan menggunakan sketsa, gambar, foto, video, atau presentasi PowerPoint. Dengan teknologi hologram,  membuka opsi yang sama sekali baru untuk menjelaskan informasi yang rumit kepada pelanggan potensial dengan cara yang lebih sederhana dan mudah. Pada akhirnya, ini tidak hanya menguntungkan bagi pelanggan potensial tetapi juga merupakan keunggulan kompetitif yang tidak ternilai bagi para pelaku usaha.

Baca juga: 7 Manfaat Hologram ini Membantu Kehidupan Manusia Jadi Lebih Baik

Melalui layanan teknologi hologram, Anda dapat mengeksploitasi elemen kejutan yang tidak mungkin disajikan dalam media pemasaran konvensional, dan menjaring engagement atau keterlibatan audiens yang tiada duanya dan mengesankan pelanggan Anda dalam jangka panjang.

Manfaat Hologram Untuk Kampanye Politik

Ada banyak manfaat positif yang didapatkan dari teknologi hologram. Contohnya adalah pemanfaatan hologram untuk kampanye politik. Luasnya jangkauan wilayah pemilihan pasti menyulitkan para calon kandidat untuk menyapa langsung para pendukung fanatiknya secara langsung dan bersamaan. Ditambah lagi dengan padatnya kesibukan masing – masing calon.

Hologram adalah sebuah ide inovatif untuk mempermudah kampanye politik khususnya di Indonesia. Setiap kandidat dapat melakukan orasi dan menyapa para pendukungnya secara langsung dengan wujud hologram. Masih banyak masyarakat Indonesia yang awam tentang teknologi hologram, sehingga hal ini akan menjadi salah satu cara terbaik dalam menarik minat masyarakat.


Teknologi hologram memiliki manfaat tak terhingga dalam mendukung bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami