Pandemi COVID-19 membuat semua orang jadi stress dan frustasi. Mulai dari kehidupan sosial yang direnggut, hingga bisnis jadi bangkrut, hingga terjadi PHK besar-besaran. Termasuk mereka yang mengandalkan penghasilan dari gaji harian satu demi satu mulai kehilangan mata pencahariannya. Walau tidak bisa memperbaiki keadaan, namun memainkan game VR untuk relaksasi dan meditasi bisa menjadi pelarian dari semua masalah yang dihadapi. Dibanding pelarian dengan mabuk-mabukan apalagi sampai mengkonsumsi obat terlarang, tentu ini merupakan pilihan yang jauh lebih baik.

Dalam upaya membantu masyarakat untuk terlepas sejenak dari segala permasalahan yang menimpa hidup, MonsterAR telah mengumpulkan beberapa daftar game VR terbaik untuk relaksasi dan meditasi, demi jiwa yang lebih tentram dan sehat.

1. Guided Tai Chi

Guided Tai Chi akan memandu Anda melalui lebih dari 100 latihan “Tai Chi yang terinspirasi” mulai dari 3 menit hingga 60 menit. Dengan 20 lingkungan alam yang dirancang untuk membantu Anda bersantai. Aplikasi ini menggunakan pengontrol gerakan Quest untuk menginstruksikan Anda dalam gerakan lambat dan bijaksana yang dapat membantu Anda bersantai.

2. theBlu

theBlu akan membawa Anda menyelam ke bawah air untuk melihat beberapa pemandangan air yang indah dan berkreasi secara lebih dekat dan personal. Versi demo game ini meliputi perjumpaan dengan ikan paus ikonik, yang mungkin sudah familiar bagi sebagian orang yang pernah memainkannya. Namun, versi lengkapnya memiliki dua adegan tambahan yang lebih memukau, termasuk fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengambil gambar. Aplikasi ini juga memiliki ‘Mode Standby’ khusus yang memungkinkan Anda duduk, tanpa gangguan, dalam warna biru laut yang menenangkan jiwa.

3. Real VR Fishing

Dari judulnya saja mungkin Anda sudah bisa menebak game apakah ini sebenarnya. Ya, pada dasarnya ini merupakan game memancing. Namun Anda akan dikejutkan dengan lingkungan indah yang disajikannya bahkan pada versi Quest sekalipun. Tidak hanya itu saja, update terbaru Real VR Fishing mendukung mode multi-pemain, dimana Anda dapat menikmati momen memancing yang menenangkan bersama teman atau keluarga Anda, dan berkomunikasi antar pemain melalui suara. Ini juga menjadi angin segar di masa pandemi COVID-19 saat ini, karena kita bisa tetap terhubung dan menikmati waktu bersama di dalam dunia VR walau terpisah jarak dalam kehidupan nyata.

Baca juga: 7 Jenis Cafe VR, Dengan Peluang Bisnis Senilai 45 Miliar Dolar di Tahun 2025

4. Fujii

Fujii adalah perjalanan yang damai dan eksploratif melalui dunia unik yang dipenuhi tanaman dan makhluk lucu. Meskipun ini benar-benar cocok dengan genre ‘permainan’, ini adalah permainan yang murni untuk relaksasi — tidak ada musuh atau bar kesehatan atau tekanan — hanya sebuah dunia yang mengundang dengan teka-teki ringan dan rahasia untuk ditemukan sesuai keinginan Anda. Anda akan sering kembali ke taman tempat Anda bisa menanam dan merawat flora dan fauna yang Anda kumpulkan sepanjang perjalanan. Meskipun gim ini tidak dirancang khusus seputar meditasi, antara taman Anda dan bagian lain dunia, ada banyak tempat indah untuk menghabiskan beberapa menit untuk duduk dan mencium aroma mawar.

5. Vrkshop

Vrkshop mendeskripsikan dirinya sebagai “permainan pertukangan VR” dan bertujuan untuk menciptakan toko kayu praktis tempat Anda dapat mengukur, menandai, memotong, memaku, dan banyak lagi. Dengan sistem pemotongan kayu yang realistis, aplikasi ini menantang Anda untuk menggunakan alat yang Anda inginkan untuk membuat furnitur dan objek lain tanpa instruksi eksplisit. Selain sebagai game VR untuk relaksasi dan meditasi, game ini juga dapat menjadi solusi dalam menjaga lingkungan karena para tukang kayu pemula tidak lagi membutuhkan kayu sungguhan untuk berlatih.

6. Elektronaut

Lectronaut seperti stasiun DJ VR dengan roda latihan. Meskipun Anda dapat melepas roda latihan jika Anda sangat berbakat, roda latihan sebenarnya adalah bagian dari daya tarik; Electronauts melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam membiarkan Anda mengekspresikan kreativitas musik batin Anda bahkan jika Anda tidak memiliki bakat instrumental. Gim ini menyajikan sekitar 80 trek, masing-masing berfungsi sebagai kit suara khusus dengan instrumen unik, trek latar, dan banyak lagi. Dan sebagai bonus besar, versi Rift dan Steam dari gim ini adalah multipemain, yang berarti Anda dapat bermain dengan teman (sayangnya versi PC dan SteamVR Oculus bukan multipemain lintas platform jadi pastikan teman Anda membeli di platform yang sama ). Daftar lagu di sini di dominasi EDM.

7. Gadgeteer

Pernahkah Anda berharap memiliki seluruh ruangan dan kotak yang penuh dengan trek, bola, dan kartu domino untuk membuat mesin Rube Goldberg terbaik? Anda beruntung. Gadgeteer kini telah hadir untuk mewujudkan impian masa kecil Anda dan mengisi seluruh ruangan dengan mesin reaksi-berantai yang gila tanpa kucing yang menjatuhkan semuanya. Selain dapat membuat apa pun yang Anda inginkan dalam ‘Sandbox Mode’, Gadgeteer adalah gim teka-teki lengkap dengan 60 teka-teki untuk diselesaikan dan trek suara yang memanjakan telingan Anda.

8. Particulate

Particulate menggunakan mesin khusus untuk membuat jutaan partikel dan memungkinkan Anda bermain dengannya. Anda akan memiliki beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk muncul dan berinteraksi dengan galaksi partikel, termasuk kemampuan untuk mengaktifkan ‘Reaktivitas Audio’ yang akan membuat mereka menari mengikuti musik yang Anda mainkan. Anda dapat membuat dan menyimpan adegan Anda sendiri atau melihat ‘Adegan Unggulan’ untuk hanya duduk, bersantai, dan menonton percampuran warna-warni yang memanjakan mata.

Baca juga: 5 Teknologi Pelatihan Keselamatan Kerja AR/VR, Aman dan Hemat Biaya

9. Surge

Merupakan game VR klasik yang dapat dimainkan secara gratis. Pengalaman VR singkat dengan musik reaktif yang sudah hadir sejak tahun 2016 ini masih patut untuk dicoba karena visualisasi kreatif dan komposisi musiknya yang minimalis. Dengan waktu bermain yang singkat (hanya satu lagu) sehingga Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakannya sebagai hidangan pembuka atau pencuci mulut untuk melengkapi sesi VR yang lebih lama. Jika Anda menyukai ini, pertimbangkan pengalaman tindak lanjut, Apex, yang dirilis pada 2017.

10. Sheaf – Together EP

Sheaf – Together EP perupakan pilihan game VR yang tepat untuk relaksasi dan meditasi melalui alunan musik dan pemandangan yang menenangkan. Dalam game ini, Anda akan menyusuri jalan raya tak berujung, melihat pepohonan dan bangunan ditemani alunan musik. Pengalaman VR ini dirancang dengan tangan sehingga pas dengan tiga lagu synthwave yang menenangkan jiwa. Dan terakhir dan tidak kalah penting, game ini dapat dimainkan dengan gratis.

11. Drops: Rhythm Garden

Drops adalah pengalaman yang berfokus pada musik di mana bentuk yang Anda tempatkan membuat suara berbeda saat tertimpa oleh bola yang terjatuh. Dengan aliran bola yang tak ada habisnya, Anda dapat membangun hiruk-pikuk suara dengan cepat, menambahkan bentuk baru dan membuat jalur baru untuk menambah variasi suara. Anggap saja seperti mesin Rube Goldberg, tetapi untuk membuat musik meditatif yang minimal.

12. Guided Meditation VR

Mungkinkah ada game meditasi VR dengan nama yang lebih jelas? Guided Meditation VR memiliki 27 lingkungan yang dipenuhi alam dengan sekitar 500 tempat meditasi individu di sekitarnya. Anda dapat memilih dari daftar lingkungan, musik, dan narasi yang akan memandu Anda melalui berbagai teknik meditasi untuk membantu Anda rileks, melepas lelah, dan melupakan dunia untuk sesaat. Anda juga dapat memilih untuk bermain tanpa narasi untuk sekadar bersantai dan menikmati pemandangan dan suara (atau bahkan mencampur musik Anda sendiri).

13. Where Thoughts Go

Game ini memberikan pengalaman sosial yang benar-benar unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain di dalam atau di luar VR. Dalam pengalaman reflektif ini, Anda akan menemukan diri Anda berada di lingkungan damai yang dipenuhi bola mengambang. Ambil sebuah bola dan Anda akan mendengar seseorang berbicara. Rekaman yang Anda dengar berasal dari pengguna nyata dan anonim lainnya yang berbagi mimpi, ketakutan, dan rahasia mereka, seperti yang diminta oleh pertanyaan di setiap tahap pengalaman. Anda dapat mendengarkan untuk mendapatkan perspektif dari orang lain dan membiarkan rekaman audio Anda sendiri melayang di dunia maya menunggu untuk didengarkan oleh seseorang, di suatu tempat di luar sana.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami