Pabrikan elektronik Jepang, Panasonic, menggemparkan CES tahun ini dengan mengungkapkan perubahan baru pada kacamata UHD VR misteriusnya serta tampilan head-up augmented reality baru sebagai solusi tingkatkan keselamatan berkendara yang dirancang khusus untuk kendaraan otomotif.

Display head-up futuristik ini menggunakan kombinasi visual AR dan teknologi AI untuk menyampaikan informasi penting secara real-time tanpa mengganggu pengemudi. Fitur tersebut termasuk deteksi tabrakan yang canggih, panduan rute bertenaga AI, pelacakan mata, konten medan dekat dan jauh untuk informasi kendaraan dasar seperti kecepatan berkendara, dan berbagai fungsi bermanfaat lainnya yang dirancang untuk membuat pengemudi tetap sadar tentang apa yang terjadi di jalan.

Menurut Panasonic, AR HUD dibangun menggunakan proses pengembangan eksklusif yang disebut PRIZM (Penempatan yang tepat, Refleksi, Intuitif, Zonal, Kontrol Misi) untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengemudi. Berikut adalah perincian singkat dari fitur-fitur utama, yang disediakan oleh Panasonic:

Baca juga: Strategi Pemasaran Saat Covid, Butuh Teknologi AR dan VR

  • Optik tingkat lanjut – Teknik desain optik tingkat lanjut memberikan bidang pandang yang diperluas (melebihi 10 x 4 derajat) untuk jarak gambar virtual 10m atau lebih; mendeteksi pejalan kaki dan objek melalui tampilan cahaya redup dan malam hari yang disempurnakan; bidang gambar virtual yang dimiringkan menyesuaikan visibilitas objek di bidang pandang pengemudi; sistem kamera tertanam memungkinkan pemantauan diskrit untuk lokasi mata pengemudi.
  • Akurasi navigasi AI – Teknologi navigasi AR yang digerakkan oleh AI mendeteksi dan menyediakan grafik navigasi 3D multi-warna yang menyesuaikan dengan lingkungan kendaraan yang bergerak, menampilkan informasi seperti penanda jalur dan panah GPS ketika belokan akan terjadi dan perubahan mendadak seperti tabrakan atau pengendara sepeda di jalur berkendara.
  • Kontrol getaran – Algoritma stabilitas gambar kamera milik Panasonic memungkinkan ikon AR untuk mengunci lingkungan mengemudi terlepas dari kondisi jalanan yang bergelombang.
  • Kesadaran situasional waktu nyata – Pembaruan lingkungan mengemudi terjadi secara waktu nyata; Informasi lingkungan ADAS, AI, AR diperbarui dalam waktu kurang dari 300 milidetik.
  • Radar pencitraan 3D – Sensor menangkap penglihatan 180 derajat penuh hingga 90 meter ke depan dan melintasi sekitar tiga jalur lalu lintas.
  • Ukuran compact – Kemasan compact yang efisien agar sesuai dengan konfigurasi kendaraan apa pun
  • Resolusi 4K – Resolusi 4K yang tajam dan cerah menggunakan teknologi laser dan holografi canggih, dengan informasi cluster bidang dekat statis dan bidang gambar medan jauh untuk hamparan grafik AR.

Augmented Reality untuk tingkatkan keselamatan berkendara ini mencakup lebih banyak jalan, dengan konten klaster tradisional seperti kecepatan dan bahan bakar di medan dekat serta hamparan 3D di medan jauh, menunjukkan navigasi dan pemetaan data pengemudi penting lainnya secara spasial ke jalan di depan. Dan di masa depan dengan lebih banyak kendaraan tanpa pengemudi, AR HUD dapat memberikan tingkat kenyamanan dan jaminan tambahan yang penting bagi penumpang AV juga.


AR dan VR menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami