Selama pandemi, masyarakat jadi terbiasa bekerja dari laptop di rumah dan menghadiri meeting melalui Zoom. Tetapi bagi mereka yang bekerja di lapangan dan sering kali menjalankan tugas-tugas penting tidak bisa mendapatkan keleluasaan ruang kerja tersebut. Digitalisasi bisnis melalui AR/VR bisa menjadi solusi bagi bisnis supaya bisa tetap produktif dan optimal selama pandemi.

Hingga saat ini, AR dan VR masih bersifat khusus dan eksperimental. Game Pokémon GO dan VR telah memberi kita gambaran tentang apa yang dapat dilakukan oleh teknologi. Namun dalam kasus penggunaannya, jaringan yang lebih lambat dengan latensi tinggi bisa menjadi hambatan. 5G dan jaringan optik akan memainkan peran penting dalam penerapannya, menjadi solusi penerapan digitalisasi bisnis AR/VR dengan koneksi cepat dan tanpa hambatan.

Trend Digitalisasi Bisnis AR/VR saat ini

Keunggulan AR dan VR sebagai teknologi perkantoran adalah keleluasaan yang diberikannya kepada karyawan untuk terlibat, bereksperimen dan membuat kasus penggunaannya masing-masing. Contoh yang relevan dengan kasus penggunaannya saat ini adalah penerapan teknologi VR untuk membantu proses desain set film. Selain VR, AR juga banyak di manfaatkan untuk kebutuhan promosi, mulai dari Watchmen, Venom, Game of Thrones, dan banyak lagi film lainnya telah mengandalkan teknologi AR sebagai strategi promosi film.

Headset AR dapat membantu dalam menginstruksikan mitra tentang desain produk dan jaminan kualitas di beberapa lokasi produksi. Dengan melengkapi karyawan menggunakan headset, pelanggan jadi memiliki opsi untuk melihat proses produksi dan apa saja yang dilakukan karyawan melalui komputer mereka di rumah, sehingga meningkatkan trust akan kualitas produk. AR juga dapat digunakan untuk memberikan demo virtual dan interaktif kepada pelanggan dari lab dan melengkapi tim IT guna mendukung kerja dari rumah, sehingga tidak perlu membuang waktu melakukan perjalanan fisik ke kantor.

Baca juga: Mainan Augmented Reality Untuk Memaksimalkan Potensi Belajar Anak

Dari sudut pandang penggunaan, cara ini masuk akal untuk dilakukan jika kita melihat Zoom selama setahun terakhir. Setahun yang lalu, banyak orang yang skeptis tentang penggunaan Zoom untuk mengadakan pertemuan yang mendalam, inklusif, dan kolaboratif dalam pekerjaan jarak jauh. Akhirnya, kita menyadari bahwa teknologi telah memungkinkan kita untuk bekerja dari rumah, mengurangi kebutuhan perjalanan, dan menikmati lebih banyak waktu bersama keluarga. Hal yang sama sangat mungkin terjadi dengan AR dan VR atau istilah lebih singkatnya adalah Extended Reality (XR).

Penerapan AR dan VR dalam Pendidikan

XR juga dapat meningkatkan pengalaman belajar jadi lebih imersif dan menarik. Ketika berada di lingkungan virtual, perhatian siswa akan terlepas dari lingkungan sekitar dan fokus untuk terlibat sepenuhnya dengan materi pelajaran di dalam lingkungan virtual. Setiap headset memiliki biaya yang kira-kira setara dengan sebuah laptop. Mempertimbangkan bahwa perangkat keras adalah biaya satu kali, maka itu adalah investasi yang layak karena karena jadi tidak perlu menghadirkan ahli materi pelajaran secara fisik.

Dari sisi kualitas pendidikan juga jadi meningkat karena siswa bisa mempelajari materi dasar melalui AR/VR, sehingga tenaga pengajar bisa lebih fokus memberikan materi pembelajaran yang lebih advance. Investasi penting pada tahap ini adalah dalam hal pengalaman pengguna.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah memastikan fungsionalitas yang lancar, baik untuk kontinuitas dan kenyamanan pengguna. Terlepas dari segala fungsionalitas dan manfaatnya, saat ini hanya ada segelintir vendor Augmented Reality dan Virtual Reality di Indonesia. Dengan tim yang berpengalaman dan kompeten dalam pengembangan teknologi terkini, kami MonsterAR berkomitmen untuk membawa bisnis Anda ke level selanjutnya melalui digitalisasi bisnis AR/VR.

Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi teknologi selengkapnya.


AR dan VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami