Virtual tour 360 atau biasa kita kenal tur virtual adalah rangkaian gambar panoramik yang digabung dan disusun sedemikian rupa untuk menciptakan pengalaman virtual di lokasi mana pun. Kemudian pengguna dapat merasakan bagaimana berada di suatu tempat tertentu tanpa harus mendatangi tempat tersebut secara langsung. Pengalaman virtual 360 ini dapat dilihat melalui komputer atau perangkat seperti smartphone. Untuk pengalaman lebih imersif dan realistis, bisa menggunakan perangkat Virtual Reality (VR). Beberapa virtual tour Indonesia juga menyajikan efek suara seperti narasi atau musik yang menjelaskan produk atau tempat menarik.

Virtual Tour dan Video 360

Walau sepintas mirip, video 360 memiliki beberapa perbedaan dengan tur virtual. Video 360 memungkinkan pengguna melihat suatu sudut pandang pada waktu tertentu, dan bisa berpindah ke sudut pandang yang berbeda dalam satu video yang sama. Berarti, video 360 mempunyai sudut pandang 360 derajat tanpa batas sehingga pengguna dapat berganti sudut pandang kapanpun sesuai kemauan. Melalui video 360, pengguna bisa menyaksikan seluruh pemandangan panoramik atau zoom in untuk melihat lebih dekat area tertentu.

Manfaat Virtual Tour 360 untuk Bisnis

Hampir semua industri dapat menggunakan virtual tour dan video 360 untuk bisnis. Berikut adalah penerapannya di berbagai industri yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

1. Industri Pariwisata

virtual tour 360 pariwisata

Wisatawan pastinya ingin mengetahui suatu tempat sebelum menghabiskan jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk memesan liburan di sana. Virtual tour 360 mewujudkannya dengan memberikan pandangan yang jelas kepada wisatawan tentang bermacam tempat wisata terkenal, hotel lokal, dan restoran. Beberapa dari banyak lokasi yang dapat dilihat secara online dengan mudah termasuk Tanah Suci, tempat wisata di Thailand, Washington, D.C. dan Machu Picchu di Peru. Galeri dan Museum digital juga menawarkan tur virtual di lengkapi narasi yang menjelaskan berbagai artefak dan pameran secara detail.

2. Showroom dan Toko

Tur virtual dapat memungkinkan perusahaan dengan ruang pamer untuk memamerkan produknya 7×24 jam. Tampilan panorama ruang pamer jauh lebih baik dibanding serangkaian foto berkualitas tinggi karena memungkinkan calon pelanggan mengamati produk tertentu yang menarik minat mereka.

3. Virtual Tour 360 Membantu Institusi Pendidikan

virtual tour universitas

Universitas dan sekolah swasta saling berkompetisi untuk dapatkan siswa terbaik, sehingga tidak mengherankan jika banyak yang menggunakan tur virtual untuk memamerkan kampus, ruang kelas, dan fasilitas lainnya. Sementara calon siswa kaya dapat dengan mudah mengunjungi universitas atau sekolah mana pun, mereka biasanya adalah orang-orang yang sangat sibuk yang biasanya lebih suka memeriksa sekolah atau universitas secara online daripada mengunjungi kampus secara langsung, sehingga virtual tour 360 menjadi solusi terbaik yang bisa ditawarkan. Institusi-institusi pendidikan bergengsi yang menawarkan virtual tour antara lain Harvard, Stanford, dan UC Santa Barbara.

4. Agen Real Estate

Agen property atau real estate telah menemukan bahwa tur virtual dapat membantu calon pembeli mengenal rumah secara rinci sebelum berkunjung secara langsung. Dengan virtual tour, pembeli dapat melihat apakah rumah yg di pilih cocok untuknya dan keluarga, ini menghemat waktu dan tenaga agen untuk menawarkan tur rumah secara langsung kepada orang yang tidak berniat melakukan pembelian. Perusahaan property yang membangun rumah secara custom juga telah memanfaatkan virtual tour 360 dengan menawarkan pandangan 360° kepada calon pelanggan dari berbagai denah rumah, sehingga pembeli rumah dapat melihat plus dan minus dari denah rumah yang disajikan, yang secara otomatis menjadikannya sebagai salah satu strategi marketing property terbaik.

5. Meningkatkan Traffic dan Penjualan

Ada beragam cara bagi tur virtual untuk meningkatkan traffic dan penjualan online bagi hampir semua perusahaan yang menawarkan produk atau layanan visual.

Baca juga: Apa itu Extended Reality? Berikut Manfaat dan Contoh Penerapannya

6. Meningkatkan SEO Lokal

Pertama-tama, tur virtual meningkatkan lalu lintas SEO lokal. Hal ini sangat penting bagi bisnis yang ingin meningkatkan bisnis lokal di area tertentu. Biasanya, pelanggan sudah tahu bahwa mereka ingin lakukan pembelian dan sedang mencari toko atau perusahaan yang tepat. Tur virtual sangat bermanfaat dalam pencarian melalui ponsel pintar karena mereka biasanya menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi terdekat lalu klik tempat dengan virtual tour 360 untuk memutuskan tempat mana yang akan dikunjungi.

7. Virtual Tour 360 Meningkatkan Kehadiran di Media Sosial

Terakhir, tur virtual dapat memudahkan pelanggan untuk memberi tahu orang-orang tentang bisnis Anda. Tur virtual yang di posting ke YouTube secara otomatis akan terdaftar di halaman pertama hasil mesin pencari jika Anda menggunakan kata kunci yang tepat di video tersebut. Tur virtual juga menjadikan konten sosial media lebih menarik yang bisa disukai dan dibagikan dengan mudah, sehingga memberikan iklan gratis namun tak ternilai bagi perusahaan. Anda bahkan dapat menawarkan lebih dari satu tur virtual jika Anda memiliki toko besar, memiliki lebih dari satu ruang pamer atau baru saja membuka cabang baru bisnis Anda.

Kesimpulan

Virtual tour 360 adalah alat yang ampuh untuk kebutuhan bisnis apa pun yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung dan penjualan produk melalui situs web. Investasi satu kali untuk mendapatkan fotografer profesional yang mengadakan tur virtual hampir pasti akan terbayar dalam jangka panjang karena tur tersebut menarik aliran pengunjung dan pelanggan situs web yang stabil. Sementara beberapa industri secara alami menggunakan tur virtual lebih dari yang lain, kenyataan bahwa hampir semua perusahaan dapat mengambil manfaat dari tur virtual dan semua yang ditawarkannya tidak terbantahkan.

Virtual Reality tingkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?