Apa itu Augmented Reality (AR)? Augmented Reality adalah teknologi yang menawarkan pengalaman interaktif antara dunia nyata dan informasi yang terintegrasi di dalamnya. Sebagai teknologi perkantoran, AR dapat di integrasikan sebagai manual dengan elemen visualisasi komputer sehingga informasi yang diberikan mudah dipahami. Teknologi ini memungkinkan untuk menempatkan gambar, grafik, atau model 3D yang dihasilkan komputer pada permukaan produk nyata, memberikan bantuan kepada pelanggan yang memungkinkan mereka untuk lebih memahami detail produk serta instruksi yang diberikannya.

Fungsi lainnya dari penerapan AR untuk bisnis adalah peningkatan bantuan jarak jauh hingga pelatihan tenaga kerja, di samping fungsinya yang kali ini akan kita bahas yaitu mampu memberikan informasi secara rinci tentang pengoperasian dan pemeliharaan produk tertentu. Berikut ulasannya.

Perkenalan Produk Lebih Baik

Penyajian produk serta layanan yang tepat dan mengesankan yang ditawarkan bisnis sangat penting karena merupakan momen yang menciptakan hubungan antara pembeli dan bisnis. Presentasi ini harus jelas dan memberikan ringkasan fungsi dan fitur yang dimiliki suatu produk. Teknologi AR sudah digunakan sebagai taktik untuk memperkenalkan suatu produk secara visual yang memberikan pembeli gambaran rinci tentang produk yang ingin mereka beli. Berkat manual yang diberdayakan oleh teknologi AR ini, calon pembeli dapat menjelajahi produk secara virtual dari dekat dan mengetahui setiap detailnya.

Melalui presentasi yang ditawarkannya, memungkinkan untuk menawarkan pengalaman baru dan inovatif kepada calon pembeli. Semua ini mengarah pada peningkatan daya tarik terhadap suatu produk dan mendorong pembeli potensial ini ke arah keputusan pembelian. Ini menghasilkan perkembangan bisnis dengan biaya yang lebih rendah dibanding pameran besar, meningkatkan jumlah pelanggan, dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Proses Instalasi Produk

Hubungan antara bisnis dan pelanggan tidak berakhir dengan penjualan produk atau penyediaan layanan. Setelah melakukan pembelian, proses pemasangan dan perakitan produk yang dibeli dimulai. Dalam kebanyakan kasus, manual tradisional berisi informasi langkah demi langkah untuk proses ini, tetapi instruksi ini tidak dapat dipahami karena banyaknya informasi dan kurangnya sisi visual. Manual berbasis AR adalah kunci dalam proses pemasangan produk berkat instruksi yang dilapiskan pada produk fisik yang akan dirakit.

Baca juga: Geliat VR di Indonesia, Bantu Bisnis Tumbuh Lebih Cepat

Melalui AR, pelanggan dapat memahami instruksi lebih cepat dan lebih efektif sehingga perakitan dan pemasangan produk yang dibeli lebih cepat dan berhasil. Perakitan mandiri oleh pelanggan melalui manual AR ini pada saat yang sama menghilangkan kebutuhan untuk membawa teknisi ke lokasi pelanggan, yang berarti mengurangi waktu, tenaga, dan biaya yang harus dikeluarkan oleh penyedia produk atau jasa.

Membantu dalam Proses Troubleshooting

Apa itu Augmented Reality

Banyaknya masalah yang mungkin dihadapi pelanggan setelah membeli produk adalah salah satu masalah yang paling meresahkan bagi banyak bisnis. Hal ini dikarenakan pengiriman teknisi customer service ke lokasi pelanggan membutuhkan waktu dan biaya ekstra. Kini proses pemecahan masalah tersebut dapat dimudahkan oleh manual berbasis AR. Bantuan visual dan interaktif memberi klien instruksi yang jelas dan diperkaya dengan elemen visual berkat teknologi AR.

Solusi efektif untuk troubleshooting yang dimungkinkan oleh AR ini secara signifikan meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka memahami informasi dengan mudah tanpa perlu melakukan panggilan dengan agen layanan pelanggan. Keberhasilan yang terjadi berkat manual AR ini sangat penting dalam membangun hubungan antara bisnis dan pelanggan.

Itulah penjelasan tentang apa itu augmented reality dan manfaatnya bagi bisnis. Dari hari ke hari, AR menunjukkan peran yang sangat bermanfaat bagi pelanggan, mulai dari presentasi suatu produk, pemasangannya setelah pembelian dan petunjuk rinci untuk masalah yang mungkin muncul selama pekerjaan adalah beberapa bukti nyata bahwa peran AR sangat penting bagi keberlangsungan suatu bisnis, termasuk dengan bisnis Anda.

AR memberikan banyak manfaat mulai dari memberdayakan pelanggan untuk merakit dan memperbaiki produk secara mandiri, meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya operasional, hingga tingkatkan jumlah pelanggan yang mengarah pada peningkatan ROI bisnis Anda. Tertarik mengadipsi teknologi AR ke dalam proses bisnis Anda? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami