Teknologi telah merevolusi cara pemasaran dalam proyek real estate dan property. Dari berbagai aspek pemasaran, kepuasan pelanggan adalah salah satu prioritas utama bagi hampir setiap perusahaan. Virtual tour bisa menjadi solusi untuk memastikan kepuasan pelanggan dan meningkatkan keputusan untuk membeli, berkat manfaat virtual tour yang mampu memberikan visualisasi secara real-time dari unit property yang akan mereka beli tanpa perlu mendatangi unit property secara fisik.

Developer terkemuka telah menyadari bahwa virtual tour adalah solusi untuk meraup lebih banyak keuntungan ketika ditambahkan bersama dengan visual dan animasi yang menarik. Selain itu, satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan untuk memasarkan proyek real estat adalah dengan membagikan virtual tour melalui internet. Ini dapat sangat membantu dalam memperkuat keseluruhan strategi penjualan dengan menyampaikan pesan pemasaran secara gamblang kepada pembeli.

Apa itu Virtual Tour?

Tur virtual dapat didefinisikan sebagai simulasi lokasi tertentu yang terdiri dari urutan gambar diam atau video. Selain itu, elemen multimedia lainnya seperti teks, musik, efek suara, narasi, dan lain-lain dapat dimasukkan ke dalamnya. Virtual tour yang paling modern saat ini adalah tur virtual melalui teknologi Virtual Reality (VR). Selain untuk tur virtual, teknologi VR juga dapat di manfaatkan untuk kebutuhan lain mulai hiburan hingga media pendidikan dan pelatihan kerja, contohnya penggunaan VR untuk media pendidikan yang imersif, dan pelatihan kerja hemat biaya dan tanpa risiko cidera (pelatihan militer, pemadam kebakaran, pekerjaan di pabrik, dan lainnya).

Sederhananya, virtual tour dapat menawarkan sekilas produk dan layanan Anda kepada pelanggan. Teknologi ini banyak digunakan oleh industri real estat atau perhotelan, tetapi juga dapat bermanfaat bagi industri lainnya. Selain itu, aksesibilitas dan kualitas tur virtual telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir. Contoh kasus penerapan virtual tour 360 dalam bisnis antara lain:

  1. Property dan Real Estate
  2. Digitalisasi Museum
  3. Pariwisata
  4. Perhotelan
  5. Kampus dan Sekolah
  6. Showroom

Selengkapnya: 6 Contoh Penerapan Virtual Tour 360 dalam Bisnis

Oke, tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita bahas 10 manfaat virtual tour yang dapat menguntung bisnis Anda, inilah dia:

1. Hemat Waktu dan Biaya

Virtual Tour bersifat dinamis, interaktif, dan mampu mempertahankan perhatian pembeli dalam hitungan detik. Ini dapat membantu Anda menghilangkan waktu yang dibutuhkan untuk membuat proses yang rumit seperti mengembangkan cetak biru untuk proyek atau produk Anda.

Selain itu, para ahli dapat mengembangkan serta mengedit virtual tour dengan sangat cepat dan dengan harga yang kompetitif, sehingga memberikan solusi hemat biaya bagi perusahaan dalam mempersiapkan presentasi. Hasil akhirnya akan memungkinkan Anda untuk mempresentasikan rencana yang Anda usulkan kepada calon pembeli dengan cara yang paling mulus.

2. Jangkauan Lebih Besar

manfaat virtual tour tingkatkan jangkauan

Menggunakan tur virtual mandiri untuk memasarkan produk atau proyek Anda dapat membantu dalam mendapatkan jangkauan yang lebih baik di antara pelanggan. Visual ini menarik dan jauh lebih detail daripada sketsa properti. Itulah sebabnya pengembang tur virtual terkenal mengintegrasikannya untuk menambahkan detail yang lebih mulus ke dalam presentasi agar lebih berdampak.

Tentu calon pembeli berharap untuk menemukan informasi sebanyak mungkin sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih tepat dengan mudah. Jadi, dengan menggunakan virtual tour, Anda dapat secara efektif meningkatkan potensi penjualan dan secara signifikan meningkatkan jangkauan.

3. Menargetkan Pelanggan Potensial

Setiap arsitek harus mengintegrasikan fitur yang disesuaikan ke dalam proyek seperti yang diminta oleh pembeli rumah jika mereka ingin memenangkan lebih banyak klien. Dengan menggunakan virtual tour, Anda dapat menargetkan segmen pelanggan tertentu yang benar-benar tertarik untuk membeli properti. Selain itu, pendekatan yang disesuaikan dalam mengembangkan tur virtual ini juga meningkatkan peluang penjualan.

Anda juga dapat menghadirkan virtual tour panorama 360 kepada calon pembeli rumah, yang dapat memberikan mereka konsep yang komprehensif tentang keseluruhan tampilan area tersebut. Konsep yang dipersonalisasi membuat pelanggan merasa dihargai, dan mereka mungkin juga mempertimbangkan untuk bekerja dengan Anda.

4. Lebih Menarik Perhatian

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif ini, sulit untuk mempertahankan perhatian audiens dalam waktu yang lama. Namun, dengan membuat tur virtual yang menawan, Anda dapat meningkatkan peluang untuk menarik lebih banyak pelanggan dan membuat mereka tetap terlibat dengan produk Anda untuk durasi yang lebih lama.

Selain itu, setiap pelanggan ingin melihat tampilan akhir produk, yang hanya dapat mereka alami setelah konstruksi selesai. Jadi, menyediakan tur virtual properti bahkan sebelum pembangunannya akan memberi Anda keuntungan dalam menyelesaikan kesepakatan dengan klien. Transparansi dalam menyajikan detail ini juga dapat meningkatkan citra merek Anda.

5. Menciptakan Fokus pada Area Utama

Manfaat virtual tour yang menarik adalah memungkinkan Anda untuk menyoroti aspek-aspek tertentu dari produk yang ditawarkan. Namun, ini bisa sedikit lebih sulit bagi pemula. Itulah sebabnya Anda lebih baik mengandalkan seorang profesional dalam pembuatannya. Jadi, cukup sampaikan ide Anda ke penyedia jasa Virtual Reality terpercaya, dan para ahli akan mengintegrasikan fitur yang diperlukan ke dalam proyek Anda.

Kami akan menggunakan software virtual tour terbaru untuk mengembangkan presentasi, yang akan membuatnya lebih meyakinkan dan dapat dipasarkan. Selain itu, Anda dapat dengan mudah membagikannya kepada pembeli rumah melalui internet. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengedit desain sesuai rekomendasi klien dan mengintegrasikan fitur yang dapat disesuaikan.

6. ROI yang Lebih Besar

Virtual tour telah menjadi senjata pemasaran yang ampuh bagi perusahaan khususnya di bidang real estate karena visual ini meningkatkan peluang penjualan property. Anda dapat dengan mudah menyampaikan nilai jual utama proyek dengan menyesuaikan fitur sesuai dengan kebutuhan pengguna. Presentasi ini membawa ROI yang lebih besar bagi para pengembang.

Baca juga: Virtual Tour Museum, Solusi Terbaik Bagi Museum di Saat Pandemi

Pelanggan menginginkan informasi lengkap tentang proyek mendatang, dan Anda dapat menyajikan setiap detail kecil melalui fotografi dan tur 360 derajat ini.

7. Informasi Visual

Saat Anda menggunakan virtual tour, Anda dapat menyajikan semua jenis informasi yang terkait dengan proyek. Presentasi ini membawa daya tarik visual yang tinggi dan menyampaikan gagasan lengkap tentang produk atau proyek Anda.

Selain itu, dengan menggunakan visualisasi 3D ini calon pembeli rumah biasanya ingin tahu tentang fasilitas, fitur, warna dinding, desain denah lantai, dan semua aspek lain dari sebuah proyek. Jadi, dengan menawarkan informasi visual terperinci dalam tur virtual, Anda dapat memperoleh lebih banyak klien dan pelanggan.

8. Kustomisasi

kustomisasi dan manfaat virtual tour

Audiens umumnya fokus pada detail yang paling penting bagi mereka. Misalnya, mereka dapat memperbesar area tertentu dari proyek, memeriksa detailnya, dan memberikan saran spesifik mereka.

Pendekatan yang dipersonalisasi untuk pembeli rumah ini adalah salah satu manfaat utama dari virtual tour. Selain itu, Anda dapat membuat perubahan yang diperlukan dalam tur virtual seperti yang direkomendasikan oleh pembeli rumah. Anda juga dapat membuat scene siang dan malam dari proyek untuk meningkatkan daya tariknya.

9. Membantu dalam SEO

Pelanggan mengharapkan pengembang real estat untuk memberi mereka informasi yang akurat tentang atribut desain suatu proyek. Jadi, ketika Anda menyajikan tur virtual ini kepada pelanggan, rencana yang diusulkan menjadi lebih dapat dipercaya.

Selain itu, ada kemungkinan besar jika orang menyukainya, kemudian mereka akan membagikannya di media sosial. Itu akan berdampak pada peringkat pencarian di search engine seperti google untuk situs web Anda. Akhirnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic pengunjung dan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

10. Minimalkan Bounce Rate

Peningkatan bounce rate jelas merupakan masalah bagi setiap agen real estat karena akan memengaruhi visibilitas situs mereka dengan menurunkan peringkat mesin pencari. Bounce rate menunjukkan jumlah pengunjung yang mengunjungi situs web Anda dalam waktu yang sangat singkat kemudian keluar meninggalkan web.

Untuk memastikan mereka tetap membuka halaman web, Anda perlu membuat mereka tetap terlibat dengan memposting konten berkualitas di situs Anda, yang dapat dicapai melalui tur virtual. Karena durasi tur virtual setidaknya satu menit, kemungkinan besar orang akan melihatnya dan menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, sehingga menurunkan bounce rate dari web Anda.

Kesimpulan

Dengan persaingan yang meningkat pesat di sektor real estat, perlu untuk mencari dukungan profesional dari penyedia jasa virtual tour yang berpengalaman, untuk menjamin kualitas dari hasil akhir yang akan Anda sajikan kepada pembeli.

Manfaat virtual tour juga dapat memperkuat strategi pemasaran property dan promosi Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, teknologi VR dapat bermanfaat bagi berbagai bisnis, tidak hanya dalam industri property. Tertarik menerapkannya ke dalam bisnis Anda? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami