Kita telah mendengar dan melihat banyak hal tentang augmented reality akhir-akhir ini, namun tahukah Anda apa arti augmented reality yang sesungguhnya? Jika di gunakan dengan tepat, teknologi AR dapat bermanfaat bagi bisnis di berbagai industri. Gaia Dempsey, direktur pelaksana DAQRI yang membuat smart hard hat berkemampuan AR, menerangkan kenapa augmented reality lebih dari sekadar hype. Dempsey menjelaskan bagaimana AR secara mendasar dapat mengubah cara kita belajar dan mengalami dunia. Misalnya, mengetahui bagaimana mekanisme jam bekerja dalam teks atau video, itu adalah pengalaman yang sama sekali berbeda untuk dapat memanipulasi satu set roda gigi jam yang bergerak dalam tiga dimensi.

Dempsey juga membuat pengamatan yang cerdik: Jutaan anak sudah membangun struktur tiga dimensi di Minecraft, yang memberi mereka landasan untuk bekerja di AR. Itulah salah satu alasan utama kenapa Microsoft akhirnya bermitra dengan Mojang pencipta Minecraft, karena ini adalah game yang melengkapi HoloLens dengan sempurna.

Dia juga berpikir AR dan virtual reality memiliki banyak ruang untuk hidup berdampingan. “VR benar-benar membenamkan pengguna dan menempatkan mereka ke dalam dunia virtual, yang sangat bagus untuk bermain game, dan juga skenario pelatihan,” kata Dempsey. “Jika Anda ingin mengontrol seluruh tampilan, VR adalah yang terbaik. Di sisi lain, AR menempatkan informasi digital ke dalam lingkungan nyata sehingga Anda dapat melihatnya dalam konteks dunia di sekitar Anda.”

“Di masa depan, augmented reality akan ada di mana-mana di sekitar kita,” tutup Dempsey dalam video tersebut. “Hakikatnya, arti augmented reality adalah sesuatu yang dalam beberapa tahun kita tidak akan bisa membayangkan hidup kita tanpanya.”

Penerapan AR dalam Kehidupan

Teknologi virtual reality kini telah digunakan dalam segala hal mulai dari permainan komputer hingga arkeologi dan penelitian medis. Dan sekarang VR bergabung dengan teknologi terkait yang dikenal sebagai augmented reality (AR), yang memungkinkan pengguna melihat dunia nyata yang dilapisi dengan citra dan informasi yang dihasilkan komputer.

Banyak orang pertama kali melihat teknologi ini melalui aplikasi smartphone. Street View di Google Maps, misalnya, memungkinkan pengguna menjelajahi daerah terpencil dengan menggerakkan ponsel mereka. AR juga digunakan dalam instalasi museum melalui penerapan museum digital, seperti pameran Kulit dan Tulang di Smithsonian di Washington, D.C. Ini memungkinkan pengunjung menggunakan aplikasi smartphone untuk memvisualisasikan kulit di atas kerangka hewan yang dipamerkan.

Arti dari augmented reality di masa depan adalah kacamata AR ringan yang menggabungkan kamera dan tampilan tembus pandang. Ini lebih terlihat seperti kacamata biasa daripada headset VR yang menghalangi pandangan dunia nyata.

“Keunggulan utama kacamata AR dibandingkan dengan ponsel adalah kemampuannya untuk memberikan informasi yang relevan secara kontekstual dengan otomatis kepada pengguna, dan terintegrasi ke dalam persepsi mereka tentang dunia fisik,” kata Dr. Franziska Roesner, profesor ilmu komputer dan teknik di Universitas Washington di Seattle.

Kelebihan augmented reality juga dapat membuat antarmuka komputer 3D interaktif menjadi nyata, seperti yang terlihat di banyak film fiksi ilmiah, kata spesialis efek visual Hollywood dan desainer AR Raffael Dickreuter, yang menciptakan efek semacam itu untuk “Iron Man” dan film lainnya.

Berikut adalah 4 cara AR merevolusi kehidupan kita.

Saat Bermain

Salah satu game mobile terpopuler tahun 2016 adalah game augmented reality Pokemon Go, yang dimainkan oleh puluhan ribu penggemar yang mengejar satwa liar virtual yang muncul di smartphone di lokasi dunia nyata tertentu.

“Sama seperti Pokémon Go, aplikasi yang paling penting adalah aplikasi yang akan membuat orang mengadopsi teknologi AR dan mendorong kemajuannya,” kata Dr. Hao Li, ilmuwan komputer University of Southern California dan CEO Pinscreen start-up AR seluler.

Baca juga: Teknologi Augmented Reality dan 5 Contoh Penerapannya yang Inovatif

Teknologi AR juga akan segera mengubah pengalaman penggemar olahraga dunia nyata, termasuk bersepeda dan golf. Raksasa pakaian olahraga Nike telah mengajukan paten AS untuk kacamata golf augmented reality, layar yang dapat dikenakan yang terhubung secara nirkabel ke bola golf digital yang dikemas dengan sensor untuk mengukur kecepatan, lintasan, dan kecepatan putarannya serta jarak yang ditempuhnya.

Dalam Pekerjaan

AR berpotensi untuk membuat semua jenis pekerjaan lebih cepat dan lebih aman. Dengan memberikan informasi penting kepada pekerja saat mereka membutuhkannya, tanpa perlu menjangkau komputer atau ponsel cerdas.

Di pabrik manufaktur GE Aviation di Cincinnati, mekanik menggunakan kacamata AR dan software AR industri saat mereka membuat mesin jet. Sistem AR ini memberi tahu mekanik ketika mereka memiliki kecocokan yang sempurna pada banyak mur B penting yang menutup saluran cairan dan selang mesin.

“Kedokteran juga akan dengan cepat mengadopsi teknologi AR”, kata Dr. Amitabh Varshney, direktur Institut Studi Komputer Tingkat Lanjut Universitas Maryland di dekat Washington, DC “Beberapa pekerjaan yang kami lakukan dalam perawatan medis dan pelatihan medis akan menggunakan teknologi AR dalam lima tahun ke depan,” katanya, menambahkan “bahwa dokter dan perawat mungkin mulai memakai headset AR yang menampilkan data medis penting selama prosedur. Anggap saja sebagai tampilan head-up F-16 canggih untuk dokter,” katanya.

Di Balik Kemudi

Banyak mobil kini dilengkapi dengan tampilan “head-up“, yang memproyeksikan kecepatan mobil, rute GPS, dan informasi lain di kaca depan di depan pengemudi. Kacamata AR akan membawa ide itu lebih jauh, dengan memproyeksikan informasi melalui tampilan mengemudi Anda. Tidak hanya di depan mobil tetapi ke segala arah yang Anda lihat.

Kacamata AR dan head-up-display (HUD) dapat melapisi suar navigasi virtual pada tampilan, sambil tetap waspada terhadap pejalan kaki dan kendaraan lain.

Sistem AR juga dapat berkomunikasi dengan elektronik dan sensor mobil Anda sehingga dapat mengetahui berapa banyak bahan bakar yang tersisa, kecepatan, dan jarak pengereman Anda. Itu juga bisa menandai tempat-tempat menarik seperti pompa bensin dengan penanda 3D, memantau cuaca lokal dan laporan lalu lintas melalui internet nirkabel, mengontrol pemutar musik Anda, dan bahkan mungkin membantu Anda melihat dalam gelap.

Di Toko

Katalog belanja akan memasuki dimensi baru dengan alat seperti Ikea Place. Aplikasi AR ini memungkinkan pengguna memindai ruang dunia nyata dan kemudian menunjukkan seperti apa tampilannya dengan gambar furnitur yang realistis.

AR juga dapat mengubah pengalaman supermarket: “Dalam waktu dekat, saya pikir Anda akan melihat kacamata augmented reality yang digunakan untuk perjalanan belanja, seperti ke toko bahan makanan,” kata Varshney. “Kacamata ringan ini dapat menampilkan harga, informasi nutrisi, dan bahkan mengingatkan Anda tentang jadwal yang akan datang seperti mengantar anak Anda ke latihan sepak bola dalam 45 menit.”

Itulah arti augmented reality menurut para ahli dari berbagai industri, dan penerapannya yang akan merubah kehidupan manusia. MonsterAR berkomitmen untuk membawa manfaat teknologi AR dan menyajikannya untuk bisnis-bisnis di Indonesia, termasuk dengan bisnis Anda. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Augmented Reality Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami