Seiring dengan berkembangnya teknologi VR atau realitas virtual, batasan antara dunia nyata dengan dunia virtual semakin menipis, menjadikan pengalaman menakjubkan seperti yang biasa kita temui dalam imajinasi dan cerita fiksi ilmiah kian menjadi nyata bisa kita rasakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi VR telah menjadi hype sebagai solusi pemasaran dan pelatihan yang lebih aman dan efisien, di samping fungsi umumnya yang mampu menghasilkan gambar, suara, dan sensasi realistis lain dengan menyajikan dunia fantasi yang spektakuler.

Sejarah dan Potensi Realitas Virtual

Jika mengingat sejarah, kemunculan awal realitas virtual yang populer dimulai dari mainan peer-through populer di tahun 1950-an dan simulator penerbangan yang diluncurkan di tahun 1960. Banyak orang tidak tahu, bahwa ide VR telah ada jauh sebelum itu.

Di tahun 1930-an, seorang penulis fiksi ilmiah sekaligus investor dan peneliti memimpikan adanya suatu lingkungan tempat dimana kita dapat meninggalkan kenyataan untuk sementara melalui seni dan komputer. Kini, mimpi tersebut akhirnya menjadi kenyataan dengan hadirnya teknologi VR, dengan potensi bisnisnya yang besar hingga para peneliti pasar memprediksikan pertumbuhannya yang pesat di masa depan.

Keunggulan dan manfaat virtual reality dibanding teknologi lainnya sangatlah beragam mulai dari hiburan, pemasaran, pendidikan, perawatan kesehatan hingga pelatihan.

  • Pendidikan: Pendidikan jarak jauh, pelatihan bedah dan anatomi tubuh, pelajaran praktek dan science.
  • Pemasaran: Pemasaran real estate melalui VR, mempromosikan pariwisata dan pemasaran produk lainnya.
  • Film VR: Film juga dapat disajikan dalam realitas virtual untuk meningkatkan pengalaman dan keterlibatan penonton.
  • VR Exploration: Perjalanan virtual ke museum seni hingga ke dunia virtual manapun yang bisa dilakukan dari rumah.
  • Game: Kini sudah tersedia lebih dari seribu game VR yang bisa Anda mainkan. Mulai dari game FPS, strategi, hingga RPG.

Baca juga: Harga Augmented Reality Terbaik, Lipat Gandakan ROI Bisnis Anda

Headset VR

Sudah tersedia banyak headset VR dengan berbagai harga dan tingkat performa. Mulai dari yang paling terjangkau yaitu Google Cardboard yang menggunakan ponsel pengguna sebagai layar. Yang terbaru dan paling banyak di gunakan adalah Quest 2. Dibilang paling banyak digunakan adalah karena di awal tahun ini saja, keuntungan konten Quest secara keseluruhan mencapai 1 miliar USD. Sungguh angka yang fantastis.

Ada juga headset VR lainnya yaitu HTC Vive, Hololens, hingga brand-brand ternama lainnya ikut menyediakan headset VR versinya masing-masing mulai dari Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan Samsung. Sedikit tips, setiap HMD yang terhubung ke PC akan memiliki persyaratan sistem yang berbeda, jadi jika Anda membeli headset VR baru, pastikan untuk memeriksa dengan vendor HMD yang pasti dan persyaratan sistem minimalnya.

Tips Memilih Komputer Untuk VR

Jika Anda tertarik untuk menggunakan VR melalui komputer, pastikan spesifikasi komputer Anda mampu menangani beban berat. Komponen paling penting yang harus diperhatikan adalah CPU, GPU, dan memori.

Tanpa komponen berkinerja tingga yang bekerja bersamaan, pengalaman VR yang Anda harapkan mungkin akan kurang optimal dan menyebabkan mabuk. Perangkat komputer yang memenuhi spesifikasi sangat dibutuhkan untuk memastikan Anda bisa menikmati dan bersenang-senang sepenuhnya dalam realitas virtual.

Lebih disarankan untuk menggunakan unit grafis (GPU) terpisah, khususnya dalam kasus Oculus Rift, HTC Vive dan Windows Mixed Reality Ultra, peranan GPU sangatlah penting untuk menjamin performa terbaik. Karena GPU berperan penting merender gambar imersif beresolusi tinggi yang diperlukan untuk tampilan VR terbaik.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami