Apa itu NFT (Non Fungible Token) yang merupakan bagian dari metaverse? Baru-baru ini NFT mendadak populer di Indonesia berkat kisah salah satu penggunanya. Ghozali Everyday, salah satu pengguna NFT yang berhasil meraup keuntungan lebih dari 1 miliar dari aset investasi Non Fungible Token.

Ghozali mengusung konsep selfie dirinya sendiri dengan ekspresi dasar namun ia konsisten. Sehingga karya Ghozali menjadi cukup ikonik pada NFT. Harga foto selfienya mencapai puluhan juta dan laku di pasaran marketplace NFT yaitu OpenSea.

Lantas sebenarnya, apa itu NFT atau Non Fungible Token? Kenapa bisa bikin foto Ghozali yang biasa saja laku sampai puluhan juta rupiah? Pastinya semua bertanya-tanya akan hal ini.

Ulasan berikut ini akan membahas beberapa hal terkait dengan apa itu NFT? Serta bagaimana pengguna bisa mendapatkan keuntungan di dalamnya.

Mengenal Apa Itu NFT

Non Fungible Token (NFT) merupakan salah satu aset digital yang sebagian besar menggunakan blockchain ethereum untuk merekam transaksi di dalamnya. NFT akan mewakili suatu barang berharga dan unik untuk nilai tukar yang tidak dapat diganti.

Secara detailnya, NFT merupakan sertifikat keaslian di dalam blockchain yang biasanya dikeluarkan oleh pencipta aset. NFT ini merupakan metadata unik yang terlampir pada suatu token.

Seringkali token tersebut orang gunakan untuk koleksi digital, tata kelola, permainan, dan lainnya. NFT ini nantinya dapat diperdagangkan dengan menggunakan bitcoin agar bisa mendapatkan nilai tukar yang sama persis.

NFT ini merupakan sesuatu yang tidak berwujud, pasalnya berbentuk aset digital. Penggunaan NFT tidak bisa populer di luar ekosistemnya, yaitu blockchain. Cara kerjanya ialah sebagai sistem penyimpanan data digital.

Memungkinkan para pengguna dapat saling transfer data secara terenskripsi kriptografi atau rahasia. Sehingga pengguna lainnya tidak dapat melacak apa yang dimiliki oleh orang lain karena tidak punya data tersebut.

Perbedaan NFT dengan Jenis Kripto Lainnya

Berbicara tentang NFT erat kaitannya dengan cryptocurrency. Pasalnya cryptocurrency memiliki bagian di dalamnya, seperti NFT itu sendiri. Namun ada yang membedakan antara NFT dan jenis kripto lainnya.

Perbedaannya terletak pada tujuan, cara penggunaan, bentuk, dan lainnya dalam memakai teknologi blockchain, bitcoin.

Aset kripto seperti bitcoin ini mirip seperti nilai tukar uang fisik dalam dunia perdagangan. Misalnya uang senilai Rp20.000 maka akan selalu ditukar dengan Rp20.000 juga.

Begitu juga dengan bitcoin yang penukarannya sama seperti itu. 1 bitcoin juga memiliki nilai tukar 1 bitcoin. Lantas bagaimana dengan NFT? Aset digital NFT ini tidak memiliki kesamaan nilai tukar.

Pasalnya pada masing-masing NFT punya tanda tangan digital yang mana tidak memungkinkan tentang adanya pertukaran. Itu artinya dalam satu klip NFT tidak sama nilainya dengan 1 klip NFT lainnya.

Pada masing-masing aset hanya dibuat untuk satu kali serta tidak bisa ditukar maupun diperdagangkan dengan yang lain. Kepemilikan NFT bersifat mutlak, setiap pemilik punya hak secara penuh di dalamnya.

Cara Menjual Karya Melalui NFT untuk Menghasilkan Cuan

Anda mungkin akan berpikir tentang bagaimana cara menjual karya lewat NFT? Pasalnya di dalam NFT ada tempat dimana karya bisa dijual sampai dengan miliaran rupiah.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah marketplace NFT. Pastikan sudah memilikinya ketika memutuskan untuk menjual NFT. Selain itu perlu juga memiliki aset kripto yang sesuai dengan platform marketplacenya.

Setiap marketplace NFT mempunyai aturan dalam bertransaksi yang tidak sama setiap masing-masingnya. Misalnya CryptoPunks dan Rarible hanya menerima transaksi memakai ETH dan dollar saja.

Baca juga: Manfaat Metaverse Bagi Bisnis dan Kasus Penggunaannya

Lebih jelasnya mari simak beberapa langkah berikut ini.

1. Pilih Marketplace NFT dan Lakukan Pembuatan Akun

Hal pertama ialah memilih platform NFT yang tepat dan menawarkan spesialisasi jenis aset digital. Salah satu marketplace terbesar NFT di dunia adalah OpenSea. Marketplace ini juga yang menjembatani Ghozali bisa maraup keuntungan.

Namun tetap saja, memilih marketplace lain yang sesuai adalah pilihan tepat. Pastikan bisa nyaman ketika menggunakannya. Setelah memutuskan memilih platform mana untuk menjual NFT, kemudian buat akun.

Nantinya akun akan dikaitkan dengan dompet cryptocurrency untuk mendukung proses transaksi. Contohnya marketplace OpenSea menggunakan dompet kripto MetaMask.

Pengguna juga dapat menetapkan royalti pada proses pencetakan untuk melakukan monetisasi pekerjaan secara pasif seiring berkembangnya waktu.

2. Unggah Aset NFT yang Akan Dijual

Semua sudah beres, dan waktunya untuk mendaftarkan aset NFT Anda kemudian segera lakukan penjualan ke pasar. Pengguna bisa memberikan opsi transfer dan jual NFT di pasar lainnya, namun mungkin akan terkena biaya tambahan.

Pastikan memilih karya yang tepat untuk mejualnya. Klik tombol jual, lalu ikuti langkah selanjutnya sesuai ketentuan marketplace masing-masing. Pastikan memberikan informasi secara detail terkait dengan nama aset, harga, batas waktu, dan sebagainya.

Daftar Marketplace NFT Rekomended

Setelah mengetahui apa itu NFT, ulasan selanjutnya akan kami rekomendasikan beberapa marketplace terbaik yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi.

1. Open Sea

Seperti yang Anda ketahui, Open Sea merupakan platform NFT terbesar di dunia yang mendukung penggunaan token ERC-1155 dan ERC-721. Tidak ada salahnya mencoba platform tersebut, siapa tahu menjadi seperti Ghozali.

2. Rarible

Marketplace selanjutnya adalah Rarible yang menampilkan beragam karya seni dengan berbentuk aset digital yang collectible item. Memakai jenis dompet kripto MyEtherWallet, Coinbase Wallet, dan MetaMask.

3. Axie Infinity

Jenis platform game yang berbasis blockchain dan NFT. Axie Infinity memiliki total volume trading mencapai 2,1 miliar USD dan berhasil menarik 15 ribu lebih pengguna aktif setiap bulannya dari seluruh dunia.

Nah, apakah penjelasan terkait dengan apa itu NFT menarik minat Anda bergabung membuka kesempatan seperti Ghozali? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mencoba NFT.

Jika masih ragu karena terkendala teknis pengerjaan, Anda bisa menghubungi MonsterAR untuk konsultasi dan solusi selengkapnya. Kami memiliki team ahli dan berpengalaman dalam industri NFT dan metaverse.


Metaverse & NFT, industri senilai jutaan dollar dengan keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami