Arti metaverse di dunia digital sebenarnya bisa diartikan sebagai suatu ruang virtual yang menghubungkan dengan dunia nyata. Metaverse menjadi suatu babak baru dalam perkembangan dunia teknologi.

Ruang virtual tersebut telah membawa manusia untuk bisa melakukan berbagai interaksi digital. Perannya sendiri sudah bisa dinikmati pada berbagai sektor, mulai dari industri bisnis, hiburan, kesehatan, dan sebagainya.

Lebih detailnya, informasi berikut ini akan membahas berbagai hal terkait dengan arti metaverse dan hal-hal lain yang ada di dalamnya.

Mengenal Arti Metaverse

Apa itu metaverse? Metaverse merupakan tempat virtual versi digital yang berfungsi untuk banyak kepentingan dan terintegrasi di dunia nyata. Baik untuk sekadar melakukan interaksi dengan sesama manusia ataupun dalam ranah ekonomi.

Secara sederhana metaverse merupakan ruangan berupa dunia virtual dan bisa dikatakan mirip seperti pada kenyataan. Pasalnya di dalam metaverse juga terdapat tanah, bangunan, avatar, dan semua itu bisa diperjualberikan.

Namun untuk transaksi di dalam dunia metaverse, pengguna perlu mengenal yang namanya mata uang kripto. Karena saat ini transaksi di dalamnya hanya bisa dilakukan menggunakan layanan kripto tersebut.

Secara bahasa, metaverse ialah kata yang asalnya dari meta (melampaui). Sementara verse artinya adalah alam semesta. Sehingga kata metaverse bisa diartikan sebagai suatu ruang yang di dalamnya berisi materi untuk melampaui semua hal yang ada di dunia nyata.

Metaverse memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembagan ekonomi global di masyarakat pada umumnya. Istilah metaverse semakin populer semenjak dikenalkan oleh perusahaan teknologi besar, Facebook Inc.

Beberapa waktu lalu, menjelang akhir tahun 2021 Facebook Inc ingin menjadi yang paling terdepan dalam upaya pembentukan metaverse. Itulah yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook Inc.

Pihaknya melakukan investasi besar-besaran untuk proyek metaverse. Bukan hanya itu, Facebook Inc juga sampai mengganti namanya menjadi Meta, karena proyek tersebut.

Nantinya metaverse akan memperluas serta mengintegrasikan ruang seperti media sosial dengan teknologi 3D. Dan jika berhasil, mungkin suatu hari nanti teknologi ini mirip dengan oasis fiksi dari Ernest Cline, “Ready Player One”.

Cara Kerja Metaverse

Terkait dengan cara kerja metaverse sebenarnya mirip dengan apa yang ada di dunia nyata ini. Itulah kenapa metaverse disebut sebagai replika dari dunia nyata. Yang mana di dalamnya ada interaksi antara pengguna satu dengan yang lainnya layaknya kenyataan.

Nantinya pengguna harus masuk terlebih dahulu ke dalam dunia virtual tersebut untuk bisa memanfaatkan teknologi metaverse. Beberapa perangkat pendukung yang bisa dimanfaatkan seperti kacamata augmented reality (AR), headset VR, dan sebagainya.

Perangkat tersebut akan membuat tampilan dunia virtual semakin nyata, dan bisa membawa pengguna masuk di dalamnya.

Keuntungan Adanya Metaverse

Penggunaan metaverse sudah meluas di berbagai bidang. Bukan hanya untuk hiburan saja, melainkan juga bidang lain seperti bisnis, sosialisasi, pekerjaan, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Apa Itu NFT? Kenapa NFT Bisa Bikin Ghozali Mendadak Jadi Sultan?

Jika proyek metaverse berhasil, maka kemungkinan besar ke depannya banyak sektor yang memanfaatkannya. Serta masyarakat mau tidak mau harus turut beradaptasi.

Tidak perlu anti dengan perkembangan yang ada, berikut ini adalah beberapa keuntungan adanya teknologi metaverse.

1. Sebagai Tempat Bekerja Virtual

Pandemi membawa dampak yang besar terhadap adaptasi teknologi. Masyarakat mulai terbiasa untuk menggunakan teknologi sebagai salah satu penunjang aktivitasnya.

Bukan hanya untuk berbelanja, namun juga digunakan sebagai sarana bekerja, sekolah, sosialisasi, dan sebagainya. Nah, saat ini juga banyak sekali perusahaan yang membolehkan para karyawannya melakukan pekerjaan jarak jauh walaupun pandemi sudah berangsur pulih.

Di masa depan nantinya, bukan tidak mungkin jika seluruh pekerjaan dapat dilakukan secara remote atau jarak jauh. Apalagi dengan adanya metaverse, sangat membantu sekali untuk melakukan interaksi dari mana saja.

2. Membuka Peluang Baru dalam Marketing

Metaverse juga bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis, karena di dalamnya terdapat peluang untuk melakukan promosi digital dengan cara yang berbeda.

Misalnya membuat papan reklame virtual di dalam dunia metaverse atau bisa juga mencoba mempromosikan merek fashion dengan menggunakannya pada avatar game dan hiburan lainnya.

Bahkan sistem tersebut dapat diintegrasikan agar target pasar bisa langsung membelinya dengan lebih praktis dan mudah.

3. Memberikan Pengalaman Baru

Saat ini mungkin belum ada layanan baru yang bisa membawa penggunanya ikut terjun dan berinteraksi dalam dunia vitual seperti metaverse. Oleh karenanya, metaverse akan memberikan banyak hal baru dan pengalaman yang bisa pengguna rasakan.

Misalnya seperti melakukan tour virtual ke berbagai negara atau tempat yang indah, mencoba pakaian seperti di dunia nyata sebelum melakukan transaksi, dan banyak lagi yang lainnya.

Nah, itulah beberapa informasi seputar arti metaverse dan hal-hal terkait di dalamnya. Metaverse sendiri terbilang baru dan belum banyak yang menggunakannya. Akan tetapi, jika nantinya berhasil pasti akan membuat semua perlu beradaptasi ikut menggunakannya.


Metaverse & NFT, industri senilai jutaan dollar dengan keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami