Metaverse menjadi suatu babak baru dalam perkembangan dunia teknologi. Banyak bisnis baik dalam negeri maupun luar negeri yang kini telah merambah teknologi ini. Arti metaverse di dunia digital sendiri sebenarnya dapat diartikan sebagai suatu ruang virtual yang menghubungkan dengan dunia nyata.  

Ruang virtual tersebut telah membawa manusia untuk bisa melakukan berbagai interaksi digital. Perannya sendiri sudah bisa dinikmati pada berbagai sektor, mulai dari industri bisnis, hiburan, kesehatan, dan sebagainya.

Lebih detailnya, informasi berikut ini akan membahas berbagai hal terkait dengan arti metaverse dan hal-hal lain yang ada di dalamnya.

Mengenal Arti Metaverse

Apa itu metaverse? Metaverse didefinisikan sebagai tempat virtual versi digital yang berfungsi sebagai tempat bagi semua kepentingan dan terintegrasi dengan dunia nyata. Baik untuk sekadar melakukan interaksi dengan sesama manusia ataupun dalam ranah ekonomi.

Secara sederhana metaverse adalah sebuah ruangan yang berupa dunia virtual dan memiliki tampilan yang hampir sama dengan di dunia nyata. Pasalnya, di dalam metaverse juga terdapat tanah, bangunan, avatar manusia, dan lain sebagainya. Termasuk di dalam metaverse ini, pengguna dapat melakukan transaksi perdagangan.

Untuk bertransaksi jual beli di metaverse, pengguna harus mengenal dan memiliki mata uang terlebih dahulu yang dinamakan mata uang kripto. Sebab, transaksi jual beli di metaverse, masih menggunakan mata uang kripto.

Sedangkan secara bahasa, metaverse adalah kata yang asalnya dari meta (melampaui), dan verse yang artinya alam semesta. Sehingga, kata metaverse diartikan sebagai suatu ruang yang di dalamnya berisi materi untuk melampaui semua hal yang ada di dunia nyata.

Metaverse memiliki peranan yang cukup penting dalam perkembangan ekonomi global di masyarakat pada umumnya. Istilah metaverse semakin populer semenjak dikenalkan oleh perusahaan teknologi besar, Facebook Inc.

Beberapa waktu lalu, menjelang akhir tahun 2021 Facebook Inc ingin menjadi yang paling terdepan dalam upaya pembentukan metaverse. Itulah yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook Inc.

Pihaknya melakukan investasi besar-besaran untuk proyek metaverse. Bukan hanya itu, Facebook Inc juga sampai mengganti namanya menjadi Meta, karena proyek tersebut.

Nantinya metaverse akan memperluas dan mengintegrasikan ruang seperti media sosial dengan teknologi 3D. Apabila berhasil, mungkin suatu hari nanti teknologi ini mirip dengan oasis fiksi dari novel karya Ernest Cline, yang kemudian difilmkan oleh Steven Spielberg berjudul “Ready Player One”.

Cara Kerja Metaverse

Terkait dengan cara kerja metaverse, sebenarnya mirip dengan apa yang ada di dunia nyata ini. Itulah kenapa metaverse disebut sebagai replika dari dunia nyata. Di mana di dalamnya terdapat interaksi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya, layaknya dalam kenyataan.

Nantinya pengguna harus masuk terlebih dahulu ke dalam dunia virtual tersebut untuk dapat memanfaatkan teknologi metaverse. Beberapa perangkat pendukung yang dapat dimanfaatkan seperti kacamata Augmented Reality (AR), headset VR, dan sebagainya.

Perangkat tersebut akan membuat tampilan dunia virtual menjadi semakin nyata, dan mampu membawa pengguna masuk ke dalamnya.

Keuntungan Menggunakan Metaverse

Penggunaan metaverse kini telah meluas di berbagai bidang. Bukan hanya untuk hiburan saja, melainkan juga bidang lain seperti bisnis, sosialisasi, pekerjaan, dan banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Apa Itu NFT? Kenapa NFT Bisa Bikin Ghozali Mendadak Jadi Sultan?

Apabila proyek metaverse berhasil, maka dapat dipastikan jika ke depannya banyak sektor yang akan masuk ke dalam dunia metaverse memanfaatkan peluang yang ada. 

Tidak perlu anti dengan perkembangan yang ada, berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan teknologi metaverse.

1. Sebagai Tempat Bekerja Secara Virtual

Pada saat pandemi melanda, masyarakat dibatasi oleh Pemerintah untuk berinteraksi satu sama lain secara langsung. Oleh karena itu, mau tidak mau masyarakat pun menjadi terbiasa untuk berinteraksi secara online menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Dengan adanya metaverse, membawa dampak besar terhadap adaptasi baru manusia. Metaverse dapat digunakan sebagai media untuk berinteraksi dan bersosialisasi termasuk di dalamnya untuk keperluan beraktivitas seperti, bekerja, rekreasi dan lain sebagainya.

Adapun aktivitas bekerja, dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia, akan mengakibatkan karyawan tidak dapat melakukan kewajibannya. Tak hanya di Indonesia, dalam ranah internasional pun banyak Pemerintah negara-negara yang terdampak pandemi telah menginstruksikan warganya untuk bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) saja.

Tentu dengan metaverse, batasan tersebut akan sirna. Hal ini disebabkan, karyawan akan tetap dapat bekerja maupun berinteraksi dengan karyawan lainnya secara virtual di dalam platform metaverse milik perusahaan di mana mereka bekerja. Dengan kata lain, metaverse menjadi solusi baru bersosialisasi dan berkomunikasi dan menjadi solusi baru bagi industri.

2. Membuka Peluang Baru dalam Marketing

Bagi bidang marketing atau pemasaran, arti metaverse memberi peluang baru atau jalan baru untuk membranding dan mempromosikan serta menjual sebuah produk. Branding dan promosi produk menggunakan metaverse memiliki keunikan tersendiri, ketimbang menggunakan cara konvensional.

Mengapa demikian? Karena interaksi yang begitu mudah ketika masyarakat masuk ke dalam dunia metaverse, maka fitur-fitur di dalam metaverse seperti fashion show, konser musik, game interaktif, ataupun fitur entertainment lainnya dapat diselipkan dengan brand yang akan dipromosikan.  

Atau dapat juga sebuah fitur seperti fashion show, game interaktif atau konser musik telah didesain sedemikian rupa mewakili dari brand yang akan dipromosikan tersebut. Di samping itu, untuk proses transaksi yang menyertainya seperti pembelian tiket, jual beli produk akan lebih mudah, karena market yang dijadikan target telah terukur dan tepat sasaran. Sehingga, secara hitung-hitungan bisnis, brand akan diuntungkan jika melakukan branding atau penjualan di dalam metaverse.

3. Memberikan Pengalaman Baru

Contohnya adalah tour virtual ke berbagai negara di dunia dengan mengunjungi tempat-tempat indah wisata yang ada, termasuk mengeksplor keindahan budaya seperti pakaian, makanan, pernak-pernik, dan lain sebagainya.

Semua mudah dilakukan dengan metaverse tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar seperti saat melakukan perjalanan keliling dunia dengan akomodasi yang menguras kantong Anda. metaverse dapat mengikis biaya-biaya yang tidak sepatutnya dikeluarkan, dan mampu menghemat serta memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Menggunakan metaverse, dapat memberikan pengalaman baru bagi pengguna yang tidak didapatkan dengan teknologi 2D. 

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa arti metaverse adalah dunia virtual yang dapat mempertemukan siapa saja tanpa terhalang gangguan fisik. Contohnya jika Anda ingin bertemu dengan orang lain yang berada jauh di luar kota atau negeri, maka hal itu dapat dilakukan dengan mudah di dunia virtual metaverse. Metaverse sendiri terbilang baru dan memang belum banyak yang menggunakannya. Akan tetapi, metaverse telah digadang-gadang akan menjadi sebuah dunia digital utama di masa depan.

Begitu banyak manfaat dan potensi dari teknologi metaverse yang dapat Anda manfaatkan. MonsterAR merupakan perusahaan teknologi yang berpengalaman dalam mengambangkan teknologi AR/VR, NFT, Metaverse dan lain sebagainya di Indonesia. Ambil peluang Anda sekarang juga dengan bermitra bersama kami untuk membangun ekosistem IT pilihan di bisnis Anda. Tim kami siap untuk membantu Anda mewujudkan produk AR dan VR paling imajinatif dan kompleks demi kebutuhan pemasaran digital Anda. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.


Metaverse & NFT, industri senilai jutaan dollar dengan keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami